Comscore Tracker

Filosofi di Balik Es Pisang Ijo, Jajanan Khas Makassar

Warna hijau memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Bugis

Sulsel, IDN Times - Salah satu kudapan asal Makassar yang sudah terkenal hingga ke Tanah Jawa adalah es pisang ijo. Tak perlu heran karena makanan ini memang menyegarkan dan masuk ke lidah siapapun. 

Sesuai namanya, terdapat pisang yang menjadi komponen utama dalam kudapan ini. Selain itu, warna kulit luarnya pun hijau. 

Cita rasanya yang unik, manis, gurih berpadu menjadi satu dan memberikan sensasi tersendiri. Di balik cita rasanya, sudahkah kamu mengetahui fakta menarik seputar es pisang ijo? Simak guys.

Baca Juga: Ini Resep Nasi Goreng Merah Khas Makassar

1. Si kudapan hijau dan filosofi bagi masyarakat Bugis

Filosofi di Balik Es Pisang Ijo, Jajanan Khas Makassargulalives.co

Komponen utama dalam menu ini sudah tentu pisang, namun mungkin bagi beberapa orang yang baru saja mendengar nama kudapan ini akan merasa bingung mengapa pisang berwarna hijau yang dipilih?

Jangan salah ya, makna dari pisang hijau bukan merujuk pada warna kulit buah ini saat masih mentah. 

Warna pada es pisang ijo yang menjadi ikon populer dari Makassar ini juga mengandung filosofi tersendiri bagi masyarakat Bugis, Makassar. Warna hijau melambangkan kesakralan dan suci, selain itu mampu memberikan rasa sejuk dan tentram.

Keanggunan, sopan santun, serta bertutur kata yang baik juga menjadi filosofi tersendiri yang dapat dipetik dari makna es pasang ijo.

2. Warna hijau pada es segar ini berasal dari pewarna alami yakni daun suji atau pandan

Filosofi di Balik Es Pisang Ijo, Jajanan Khas Makassarpergikuliner.com

Kulit luar es pisang ijo yang berwarna hijau itu terbuat dari campuran tepung, air, dan pewarna alami seperti daun suji maupun pandan.

Di bulan Ramadan lalu, es pisang ijo menjadi salah satu takjil populer loh. Pada bulan puasa justru sangat mudah menemukan pedagang yang menjajakan es pisang ijo bahkan di pinggir jalan sehingga kudapan ini sangat terkenal bagi masyarakat untuk kemudian dikonsumsi sebagai takjil berbuka puasa.

Baca Juga: Kebanyakan Makan Santan? 10 Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Segar

3. Sudah banyak varian dengan versi yang lebih modern

Filosofi di Balik Es Pisang Ijo, Jajanan Khas Makassarfrozzaholic.com

Jika bentuk dan komponen orisinil dari es pisang ijo tentu saja dengan menggunakan adonan berwarna hijau untuk membaluri pisang, bubur sumsum, sirup, dan serutan es batu, maka pada saat ini kita dapat menemukan berbagai macam jenis yang serupa dengan versi yang lebih modern.

Beberapa pedagang menjajakan es pisang ijo dengan warna adonan yang berbeda atau dengan tambahan komponen lain seperti keju, kacang, susu kental manis, dan lain sebagainya.

4. Kudapan legit dengan harga terjangkau

Filosofi di Balik Es Pisang Ijo, Jajanan Khas Makassarresepkoki.id

Jika kamu penggemar kudapan khas nusantara, tentu saja tidak boleh melewatkan es pisang ijo sebagai pilihan yang paling utama. Kudapan manis nan legit ini mampu memberikan sensasi tersendiri saat menikmatinya, ditambah lagi dengan harga yang terjangkau dan ramah dikantong sehingga tidak perlu ragu lagi dalam mencobanya.

Nah, lima fakta seputar es pisang ijo di atas dapat menjadi informasi bagi kamu agar semakin mengenal kudapan khas nusantara. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Mengenal Cenning Rara, Tradisi Mantra Pemikat Hati dari Bugis-Makassar

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Tresna Nur Andini di IDN Times Community dengan judul 5 Fakta Menarik Seputar Es Pisang Ijo, Kudapan Khas Makassar

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You