Arti 4 Kode Buah yang Sering Kamu Beli di Supermarket, Sudah Tahu?

Jangan salah makan, ya...

Sering beli buah di supermarket, gak? kalau diperhatikan baik-baik, hampir semua jenis buah yang dijual itu tertera label atau stiker kode Price Look Up (PLU) digital yang berisi informasi tentang buah-buah tersebut.

Nah, biar gak keliru membeli buah di supermarket, coba deh intip arti dari kode-kode yang tertera di stiker digital itu. Cek di bawah ini untuk artinya ya!

1. Stiker kode 4 digit diawali angka 3 atau 4

Arti 4 Kode Buah yang Sering Kamu Beli di Supermarket, Sudah Tahu?snopes.com

Baca Juga: 10 Makanan Ini Gak Baik Dicampur Susu, Bisa Picu Penyakit

Stiker pada buah di supermarket yang menyantumkan 4 digit angkat, itu berarti buah atau sayuran tersebut diproduksi dengan bantuan teknik agronomik, termasuk juga penggunaan pestisida dan pupuk. Tapi jangan panik dulu, ya. Penggunaan pestisida pada buah tersebut sangat rendah jadi tidak mengandung racun.

Namun, yang harus kalian perhatikan yaitu jangan lupa untuk selalu mencuci sampai bersih setiap buah-buahan yang dibeli sebelum dikonsumsi, ya. Supaya residu pestisida dan bakteri pada kulit buah bisa hilang.

2. Stiker kode 5 digit diawali angka 8

Arti 4 Kode Buah yang Sering Kamu Beli di Supermarket, Sudah Tahu?juicing-for-health.com

Yang kedua, yaitu kode digit yang diawali dengan angka 8. Jika kalian melihat stiker ini, itu berarti buah ini telah dimodifikasi genetika dalam proses pertumbuhannya. Jadi buah tersebut termasuk dalam pangan GMO yang sempat menjadi pro dan kontra.

Penelitian menunjukkan bahwa melon, pepaya, dan pisang termasuk buah yang sering dimodifikasi secara genetika. Jika kalian mencari informasi tentang kode PLU, jangan sertakan nomer pertama dari 5 digit angka ini, karena itu hanya sebuah identitas untuk produk GMO.

3. Stiker kode 5 digit diawali angka 9

Arti 4 Kode Buah yang Sering Kamu Beli di Supermarket, Sudah Tahu?energyfanatics.com

Kalau kalian melihat kode 5 digit yang diawali dengan angka 9, artinya buah atau sayuran ini tumbuh sesuai dengan USDA organik standar. Alasannya, Program Organik Nasional USDA memiliki banyak syarat. Buah atau sayuran tersebut diproduksi dengan metode pertanian alami, tanpa menggunakan zat kimia.

4. Ada juga lho buah yang tak ada stiker kode PLU

Baca Juga: 9 Trik Makan Sehat yang Harusnya Dikuasai Kamu yang Super Sibuk

Arti 4 Kode Buah yang Sering Kamu Beli di Supermarket, Sudah Tahu?food.ndtv.com

Mungkin kalian sering membeli buah yang gak ada stiker kodenya, kan? Itu bisa saja berbahaya. Buah yang diimpor seharusnya memiliki label stiker kode pangan. Kalau tidak ada label sama sekali, kemungkinan telah dilepas karena alasan tertentu.

Nah, itulah arti stiker kode yang tertera pada buah atau sayuran. Sebelum membeli, cobalah selalu memperhatikannya ya. Jangan sampai salah makan, maunya sehat, eh tapi malah bahaya.

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You