TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Brand Lokal atau Internasional? Ternyata Ini Pilihan Millennial

Brand lama dan baru bersaing merebut perhatian masyarakat

Indonesia Millennial Report 2022 by IDN Times

Makassar, IDN Times - Survei Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022 menunjukkan setidaknya 78 persen millennial menggunakan e-commerce. Mereka membeli, atau setidaknya mencari barang kebutuhan melalui toko online.

Saat hampir semua produk tersedia secara online, konsumen memiliki banyak pilihan dalam membelanjakan uangnya. Di sisi lain, para brand, baik yang sudah lama maupun baru, harus bersaing lebih ketat memperebutkan perhatian. 

Survei IMR 2022 mengungkap top of mind  berbagai kategori brand di Indonesia. Responden dari kalangan millennial ditanyai soal merek yang mereka tahu di berbagai sektor.  Simak grafis dan uraiannya berikut ini.

Baca Juga: IMR 2022: Wawancara Gibran Bicara Transformasi Digital Hingga Keluarga

1. Merek lokal masih dikepung brand multinasional ternama

IMR 2022 by IDN Times

Menurut hasil survei IM 2022, sebagian besar merek multinasional yang telah mengakar masih lebih unggul. Namun, dalam mode, beberapa merek lokal bisa bersaing dengan raksasa mode internasional. Sedangkan merek fashion seperti seperti Zara, H&M, UNIQLO, dan Pull & Bear serta merek mewah Louis Vuitton masih mendominasi lima besar.

Millennial Indonesia juga memberi perhatian kepada merek lokal seperti Erigo, Green Light, dan Screamous, yang masuk ke daftar 10 besar. Di bidang alas kaki, karya anak bangsa Ventella mendapat perhatian, meski peminatnya masih jauh dari Nike dan Adidas.

2. Brand lokal bisa belajar dari Wardah dan Janji Jiwa

www.instagram.com/kopijanjijiwa.gskgresmall

Brand Tanah Air sepertinya bisa belajar dari kesuksesan Wardah, yang menempati top of mind produk kecantikan pilihan millennial di Indonesia. Merek yang dibuat dan dimiliki secara lokal itu bersaing ketat dengan Pond's buatan Unilever. Posisi itu wajar, mengingat Wardah memantapkan dirinya sebagai pelopor produk kosmetik halal di Indonesia.

Ada juga Janji Jiwa, yang menempel Starbucks sebagai merek paling terkenal di kategori kopi. Meski masih kalah populer, saat ini Janji Jiwa memiliki lebih dari seribu gerai di Indonesia, jauh di atas Starbucks yang mendirikan 478 gerai. Salah satu daya tarik Janji Jiwa adalah menawarkan kopi dan minuman lainnya dengan harga jauh lebih terjangkau.

IMR 2022 by IDN Times
IMR 2022 by IDN Times

Baca Juga: 59 Persen Investor Saham adalah Millennial, Kuasai Pasar Modal!

Berita Terkini Lainnya