Comscore Tracker

9 Wisata Alam Jeneponto yang Tak Kalah dari Luar Negeri 

Jeneponto menyimpan potensi wisata alam yang indah

Sulsel, IDN Times - Objek wisata menarik dan kece tidak melulu berada di kota. Sejumlah kabupaten pun menyimpan potensi wisata yang menarik turis, baik lokal maupun mancanegara. 

Di Sulawesi Selatan, kamu bisa "berburu" wisata alam yang keren di Kabupaten Jeneponto. Di sini, ada beberapa tujuan wisata alam yang menawarkan pemandangan menakjubkan.

Apalagi objek wisata air terjunnya, dijamin deh kamu bakal takjub saat melihatnya. Gak percaya? Cuss kita lihat ulasannya di bawah ini.

1. Batu Siping

9 Wisata Alam Jeneponto yang Tak Kalah dari Luar Negeri @zaenalpiin via Instagram/pesona_sulsel

Bagi kamu pencinta fotografer, objek wisata ini wajib kamu datangi. Di sini, kamu akan menemukan sejumlah spot keren dan unik untuk menjadi objek foto.

Batu Siping, begitu tempat ini dikenal. Namanya diambil dari bahasa Makassar yang artinya "sempit."

Objek wisata ini terletak di Desa Garasikan, Kabupaten Jeneponto. Di sini, kamu bisa menemukan hamparan bebatuan dengan bentuk unik. Bebatuan itu mengalami proses alami, yaitu abrasi laut di sekelilingnya.

So, tempat ini rekomen buat kamu yang berniat liburan ke Sulawesi Selatan.

Baca Juga: 8 Objek Wisata Ini Wajib Kamu Kunjungi di Kota Palopo

2. Danau Bulu Jaya

9 Wisata Alam Jeneponto yang Tak Kalah dari Luar Negeri Instagram.com/bang_piton44

Danau Bulu Jaya berada di Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Air di danau ini tampak bersih dan bening. Ditambah dengan keasrian di sekitar danau, pemandangan menyejukkan mata siap menyapa siapa saja yang berkunjung.

Danau Bulu Jaya juga tetap keren untuk dijadikan background selfie kamu. 

Baca Juga: Hari Hutan Sedunia: Menilik Kondisi Terkini Hutan di Sulawesi Selatan

3. Air Terjun Tuang Loe

9 Wisata Alam Jeneponto yang Tak Kalah dari Luar Negeri instagram.com/Ha_1106

Air terjun yang satu ini, gak kalah keren deh dengan air terjun lainnya di Indonesia. Namanya air terjun Tuang Loe.

Objek wisata alam ini juga menawarkan view yang kece badai. Gak cuma itu, air terjun ini juga sangat jernih dan asri. Kalau kamu mau ke sini lokasinya berada di Desa Datara, Kecamatan Bontoramba.

Satu yang perlu kamu ingat, hati-hati saat berjalan di bebatuan sebab batuan cadas di air terjun ini agak curam.

4. Lembah Hijau Rumbia

9 Wisata Alam Jeneponto yang Tak Kalah dari Luar Negeri instagram.com/AcoTenri

Kalau objek wisata yang satu ini, merupakan kolam pemandian buatan penduduk setempat. Tapi, tempat ini gak kalah menarik untuk kamu kunjungi. Objek wsiata ini bernama Lembah Hijau Rumbia yang terletak di Tompobulu, Rumbia. Jaraknya sekitar 27 km dari Bontosunggu, ibukota Jeneponto.

Objek wisata ini memiliki nuansa yang sejuk dan menawarkan mandi dengan cara yang cozy. Lokasinya berada di atas ketinggian lebih dari 1000 mdpl. Dan yang harus kamu tahu guys, tempat wisata ini pernah mendapatkan penghargaan dari Satu Indonesia Award sebagai pemenang kategori wisata berbasis lingkungan. So, tempat ini rekomen deh.

Baca Juga: Lupakan Tanjung Bira, 7 Wisata di Bulukumba Ini Tak Kalah Keren!

5. Pantai Tamarunang

9 Wisata Alam Jeneponto yang Tak Kalah dari Luar Negeri instagram.com/aswaranas41

Gak kalah dengan Pantai Losari yang ada di Makassar, Pantai Tamarunang yang ada di Jeneponto ini juga mesti kamu sambangi. Lokasi Pantai Tamarunang berjarak 7-8 km dari kota Bontosunggu, pusat kota Jeneponto atau kira-kira sekitar 120-140 km dari Kota Makassar.

6. Pulau Libukang

9 Wisata Alam Jeneponto yang Tak Kalah dari Luar Negeri Instagram.com/rinjani_01

Gak cuma di Sinjai aja nih yang punya pulau kece. Jeneponto juga pulau yang bisa kamu kunjungi untuk berlibur, yakni  Pulau Libukang.

Di sini, kamu bisa menikmati panorama indah khas pantai, seperti pasir putih dengan air laut kebiruan, serta suara gemericik ombak yang menenangkan.

Selain itu, di pulau ini ada makam leluhur warga Pulau Libukang yang sering disebut Puang Hawang. Saat bulan puasa tiba, masyarakat setempat juga melakukan tradisi temurun-temurun yaitu nyekar. So, kalau ke sini jangan lupa ziarah ya guys.

7. Air Terjun Tama’lulua

9 Wisata Alam Jeneponto yang Tak Kalah dari Luar Negeri instagram.com/embafals

Nah ini dia air terjun yang keren banget. Dari foto di atas saja kamu sudah bisa membayangkan view yang ditawarkan.

Air terjun cantik ini terletak di Desa Ramba, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Hanya dengan membayar untuk parkir kendaraan sebesar dua ribu rupiah untuk kendaraan roda dua dan lima ribu rupiah untuk mobil, kamu sudah bisa menikamati keindahan air terjun ini.

Untuk bisa ke sini, akses jalan yang kamu lalui tidak mudah. Butuh tenaga ekstra, karena jalanan yang kamu lalui terjal dan bebatuan. Tapi, setelah itu capekmu akan hilang dengan merasakan sejuk dan indahnya air terjun ini.

8. Pantai Biringkassi

9 Wisata Alam Jeneponto yang Tak Kalah dari Luar Negeri instagram.com/arie_beknows

Pantai bernama Biringkassi ini berada di jalan HV Worang, Kecamatan Binamu. Pantai yang satu ini juga cocok untuk kamu datangi bersama keluarga untuk berlibur.

Kamu bisa menikmati keindahan pantai ini, dari jembatan panjang yang ada di sana. Semilir angin yang sepoi-sepoi bakal membuat kamu senang berada di sini. Lupakan sejenak penat yuk.

9. Pantai Garassikang

9 Wisata Alam Jeneponto yang Tak Kalah dari Luar Negeri instagram.com/yuliangreni18

Terakhir, objek wisata di Janeponto yang gak boleh kamu lewatkan adalah Pantai Garassikang. Pantai ini terletak di Kecamatan Bangkala. Memang, pantai ini kurang terekspos sehingga tampak kurang perawatan.

Tapi, pantai ini menarik untuk dikunjungi, karena gugusan bebatuan yang berdiri kokoh di pantai ini sangatlah eksotis. So, buat kamu yang hobi foto-foto, cocok banget.

Itu dia sembilan objek wisata kece yang ada di Kabupaten Jeneponto. Semoga liburan kalian menyenangkan ya guys.

Baca Juga: Yuk Berkunjung ke Sini, 8 Objek Wisata Hits & Kekinian di Sinjai 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Ocha Lubis di IDN Times Community dengan judul Awesome! Inilah 9 Objek Wisata Kece di Kabupaten Jeneponto, Sulsel

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya