Comscore Tracker

Ke Sulsel, Ini 8 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Borong dan Bawa Pulang

Cendera mata unik dan tinggi seni

Sulsel, IDN Times - Setelah lelah jalan-jalan saat liburan, kini giliran membeli cendera mata atau oleh-oleh. Sulawesi Selatan memiliki sejumlah tempat wisata yang kaya akan warisan budaya leluhur. 

Peninggalan budaya yang tinggi itu juga bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Ya, beberapa tempat wisata menawarkan sejumlah cendera mata unik dengan nilai seni tinggi.

Selain makanan khas, ini 8 cendera mata yang bisa kamu borong untuk orang-orang terkasih. 

1. Perhiasan dari manik-manik

Ke Sulsel, Ini 8 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Borong dan Bawa Pulangungatongeng.com

Perhiasan manik-manik sekilas memang tampak sederhana. Namun, perhiasan manik-manik khas Sulsel memiliki karakter beda dan unik.

Motifnya yang khas bisa mendongkrak penampilanmu agar tetap kece. Selain sebagai perhiasan, manik-manik bisa dirangkai menjadi aksesoris lain seperti tas atau disebut sepu Toraja.

2. Ukiran khas Toraja

Ke Sulsel, Ini 8 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Borong dan Bawa PulangInstagram/ soba_palloan

Budaya warisan di Toraja sudah diakui hingga ke mancanegara. Turis-turis asing berlomba-lomba mendapatkan ornamen-ornamen khas dari sana.

Nah, salah satu yang banyak digemari adalah ukiran kayu. Ukiran-ukiran khas ini biasanya ditemukan sebagai hiasan di rumah adat hingga peti mati. 

Para seniman mengabadikan kehidupan sehari-hari, adat, dan budaya masyarakat setempat yang sudah turun temurun melalui ukiran-ukiran ini. 

3. Miniatur khas Sulawesi Selatan

Ke Sulsel, Ini 8 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Borong dan Bawa PulangInstagram/toko_toraja

Berbagai miniatur khas Sulawesi Selatan bisa kamu jadikan cendera mata, juga lho. Miniatur tau-tau, tongkonan khas Toraja, dan kapal pinishi khas Suku Bugis bisa menjadi pilihan. Cendera mata tersebut bukan hanya memiliki nilai filosofi tapi juga nilai estetika, sehingga bisa kamu gunakan sebagai hiasan ruang untuk menunjukkan kesan etnik.

4. Kerajinan tangan dari Kayu Pakis

Ke Sulsel, Ini 8 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Borong dan Bawa Pulangberita.baca.co.id

Satu lagi kerajinan tangan dari kayu yang bisa kamu jadikan cendera mata setelah berkunjung ke Sulawesi Selatan, yakni kayu pakis. Kayu ini memiliki motif alami yang unik. Sekilas, seperti batik ya. 

Nah, motif kayu itu kian mempercantik kerajinan yang dihasilkan. Tanpa harus mengukir maupun melukisnya.

Ada banyak benda dari kayu pakis dengan aneka motifnya yang bisa dibuat seperti asbak, tempat tisu, nampan, dan kotak pensil. Kerajinan tangan dari kayu pakis ini banyak ditemui di Kabupaten Sinjai.

Baca Juga: 7 Spot Camping di Sulawesi Selatan, Makin Seru Kemah Bareng Teman!

5. Sarung khas Bugis

Ke Sulsel, Ini 8 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Borong dan Bawa Pulangmamikos.com

Kain nusantara yang bisa kamu jadikan cendera mata selain batik dan kain tenun adalah kain sarung. Jika kamu berkunjung ke Sulawesi Selatan, maka akan kamu temui sarung khas Bugis. 

Sarung tersebut biasanya memiliki motif garis vertikal dan horisontal dengan warna cerah. Bagi orang Bugis, sarung memiliki filosofi tertentu dan dapat dijadikan pertanda bagi pemakainya.

6. Batik Toraja

Ke Sulsel, Ini 8 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Borong dan Bawa Pulangblog.negerisendiri.com

Ya, batik tidak hanya ada di Pulau Jawa saja. Setiap daerah memiliki motif masing-masing yang disesuaikan dengan adat dan budaya setempat, seperti Sulsel. 

Motif lain batik di Sulawesi Selatan, antara lain Pa'teddong atau kepala kerbau dan Tongkonan. Kedua hal tersebut memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Sulawesi Selatan, terutama masyarakat Toraja. 

Bukan hanya untuk pakaian, sebagian suku memakai kain dengan motif tertentu untuk acara adat.

7. Songkok Bone

Ke Sulsel, Ini 8 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Borong dan Bawa Pulanginstagram.com/songkok_bone

Songkok khas Kabupaten Bone yang juga disebut songkok Recca ini berbeda dari songkok pada umumnya. Songkok Recca tersebut dibuat dari serat pelepah pohon lontar dan proses pembuatannya pun masih tradisional. 

Dahulu, penggunaan songkok ini disesuaikan dengan strata sosial masyarakat. Namun, saat ini siapa pun bisa mengenakannya. Pusat pembuatan songkok Recca berada di Desa Paccing, Awangpone, Kabupaten Bone.

8. Kain tenun

Ke Sulsel, Ini 8 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Borong dan Bawa Pulanghttps://www.google.co.id/amp/s/kerajinanindonesia.id

Satu lagi kain Nusantara yang bisa kamu temui di Sulawesi Selatan adalah kain tenun. Kain ini pembuatannya masih tradisional dan beberapa diantaranya merupakakan kain sutra. 

Kain tenun yang cukup terkenal di Sulawesi Selatan adalah tenun Sengkang dan tenun Toraja. Masing-masing kain tenun tersebut memiliki ciri khasnya dan bisa kamu aplikasikan untuk memenuhi selera fashionmu.

Bukan hanya makanan khas, berbagai cendera mata yang unik dan berfilosofi bisa menjadi oleh-oleh dari Sulawesi Selatan. Kerajinan tangan dari manik-manik sampai kayu bisa menambah nilai estetika ketika dipajang dalam ruangan maupun dikenakan. Sementara kain tenun bisa kamu kenakan sebagai item fashion.

Selamat berburu cendera mata di atas!

Baca Juga: Surga Bahari, Ini 5 Destinasi Terkece Pulau Selayar Sulawesi Selatan

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Fatma Roisatin Nadhiroh di IDN Times Community dengan judul Kaya Seni, 8 Cendera Mata asal Sulawesi Selatan Ini Wajib Diborong

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You