Tak Jauh dari Pusat Kota, Ini 5 Spot Snorkeling Favorit di Makassar

Pasir putih dan terumbu karangnya juara

Masyarakat Indonesia kebanyakan mungkin hanya mengenal Pantai losari dan Benteng Fort Rotterdam sebagai ikon wisata termasyhur Kota Makassar. Meski sesungguhnya, ada banyak spot wisata di sekitar Kota Anging Mammiri ini yang belum banyak terjamah pelancong nusantara. Misalnya yaitu keindahan pulau-pulau mungil yang bisa dijangkau dari pusat kota.

Terdapat lebih kurang 130 pulau yang bisa kamu jangkau dalam jarak tempuh tidak begitu lama dari pelabuhan-pelabuhan yang berada di pesisir Kota Makassar. Ratusan pulau itu termasuk ke dalam gugusan pulau Spermonde atau disebut juga Kepulauan Pabbiring dengan keindahan khas terumbu karang (coral reefs) yang menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan di sepanjang barat daya Sulawesi Selatan. 

Tak ayal, banyak wisatawan dan penyelam dari luar Kota Makassar yang rela datang dari jauh untuk merasakan sensasi menyelam, bertemu aneka macam jenis ikan dan menikmati keindahan terumbu karang yang tumbuh sehat di bawah laut kepulauan Spermonde.

Berikut daftar beberapa pulau di dekat Kota Makassar yang memiliki biota bawah laut yang bisa memanjakan mata para pecinta snorkeling dan menjadi spot favorit para penyelam.

1. Pulau Kapoposang

Tak Jauh dari Pusat Kota, Ini 5 Spot Snorkeling Favorit di Makassarinstagram @explorersarchipelago

Baca Juga: 5 Spot Cantik di Pulau Selayar yang Wajib Kamu Datangi

Pulau Kapoposang merupakan satu dari ratusan pulau kecil di jajaran Kepulauan Spermonde, Selat Makassar. Pulau yang terletak di kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan, berjarak sekitar 68 km dari kota Makassar ini disebut-sebut sebagai kepingan surga bahari oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Vegetasi terumbu karangnya yang masih bisa dibilang "perawan" sangat memanjakan mata para pecinta snorkeling. 

Ada beberapa titik andalan bagi para penyelam yang ingin menikmati pesona alam bawah air yang disajikan oleh Pulau Kapoposang ini diantaranya Titik Penyelaman Gua (Cave Point), Titik Hiu (Shark Point), Titik Penyelaman Penyu (Turtle Point), Titik Tanjung (Tanjung Point), dan Titik Akuarium (Aquarium Point). 

Masing-masing titik penyelaman memiliki keunikannya tersendiri. Contohnya saja di Shark Point dan Tanjung Point, disini para penyelam bisa menyelam dengan diiringi oleh berbagai jenis ikan. Berbeda halnya dengan Aquarium Point, para penyelam bisa merasakan sensasi menyelam bersama dengan wasse (ikan laut kecil) dan bermain diantara koral - koral lunak dan karang.

Pantas jika Pulau Kapoposang dikenal sebagai kepingan surga bahari, karena selain lautnya yang masih sangat bersih, terumbu karangnya yang sehat dan indah, banyak spot - spot menawan yang bisa dijadikan destinasi menyelam bagi para pecinta snorkeling.

2. Pulau Samalona

Tak Jauh dari Pusat Kota, Ini 5 Spot Snorkeling Favorit di Makassari2.wp.com

Pulau Samalona adalah sebuah pulau kecil yang ada di Selat Makassar, tepatnya di sebelah barat daya pantai barat, Sulawesi Selatan. Pulau ini berjarak sekitar 2 km dari pusat Kota Makassar. Dari dermaga Kayu Bangkoa di Kota Makassar, kamu bisa mencapai Pulau Samalona dalam waktu 40 menit dengan menumpang perahu sewaan. Tarif untuk penumpang perahu kecil cukup variatif, tergantung kemampuan kamu tawar menawar dengan si empunya perahu. Biasanya berkisar dari Rp500.000-600.000 pulang pergi. 

Pulau Samalona ini memang sudah terkenal bagi kalangan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Selain menyimpan keindahan bawah laut yang membuat para penyelam berdecak kagum, pulau ini juga menyajikan berbagai macam aneka olahan seafood yang bisa memuaskan lidah para food lovers.

Baca Juga: Menyejukkan, 5 Objek Wisata Ini Wajib Kamu Kunjungi Bila ke Malino

3. Pulau Badi

Tak Jauh dari Pusat Kota, Ini 5 Spot Snorkeling Favorit di Makassarsempugi.org

Pulau Badi merupakan salah satu pulau yang termasuk dalam gugusan Kepulauan Spermonde yang berarti hamparan pulau karang. Sama halnya dengan Pulau Kapoposang, Pulau Badi juga memiliki keindahan ekosistem karang yang masih sangat sehat dan bersih. Bedanya selain terkenal sebagai tempat wisata dengan keindahan biota bawah lautnya, Pulau Badi juga menjadi pusat pengembangan rehabilitasi karang dunia.

Tak heran jika banyak penyelam yang menyempatkan diri untuk menyelam di Pulau Badi ini. Selain bisa menikmati keindahan terumbu karang yang ada, para penyelam juga bisa melihat dan belajar cara mengembangkan karang - karang yang ada sehingga bisa tumbuh sehat dan indah seperti yang mereka lihat di bawah laut sana.

4. Pulau Lanjukang

Tak Jauh dari Pusat Kota, Ini 5 Spot Snorkeling Favorit di Makassaranekawisatanusantara.blogspot.com

Secara geografis, Pulau Lanjukang masih termasuk wilayah Kota Makassar, meski letaknya sekitar 40 km dari pusat kota. Pulau Lanjukang merupakan salah satu di antara gugusan Kepulauan Spermonde yang saat ini tengah menjadi primadona pariwisata di Sulawesi Selatan.

Banyak dari wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Sulawesi Selatan dan menyempatkan singgah di Pulau Lanjukang ini. Meskipun terumbu karangnya tidak terlalu istimewa dibandingkan dengan terumbu karang yang ada di pulau-pulau yang lain, tapi terumbu karang di Pulau Lanjukang cukup baik dan indah. 

Hal ini dikarenakan perairan yang ada di sisi barat dari Pulau Lanjukang yang sangat dangkal yang mana kedalamannya kurang lebih hanya satu meter, sehingga mengakibatkan keanekaragaman karangnya menjadi terbatas dimana hanya didominasi dengan karang staghorn. Tapi jika para penyelam sedikit ke tengah, mereka akan bisa menemukan batu karang yang lebih cantik.

Pulau Lanjukang ini cocok untuk snorkeling pemula, karena di kedalam 1 meter saja mereka sudah bisa melihat terumbu karang staghorn yang juga tak kalah indah.

5. Pulau Lae-Lae

Tak Jauh dari Pusat Kota, Ini 5 Spot Snorkeling Favorit di Makassarlh3.googleusercontent.com

Pulau Lae-Lae merupakan pulau kecil yang berjarak 1.5 km dari kota Makassar dan dapat dilihat dengan jelas dari Pantai Losari. Pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata bawah air paling diminati karena memiliki keindahan bawah air yang bisa dilihat dengan mata telanjang meskipun para wisatawan berada diatas permukaan laut. Kejernihan airnya yang membuat para wisatawan khususnya para pecinta snorkeling enggan untuk beranjak.

Meskipun para penyelam bisa menikmati keindahan biota air hanya dari permukaan laut saja, tapi kurang afdol rasanya jika para penyelam tidak menjelajahinya dengan menyelam. Para penyelam juga bisa bercengkrama dengan ikan - ikan dalam berbagai macam jenis sambil menikmati panorama indah dari terumbu karang yang tumbuh sehat dibawah laut Pulau Lae - Lae.

Itulah 5 spot wisata snorkeling tak jauh dari Kota Makassar di Sulawesi Selatan yang bisa bikin kecanduan dan dijamin nggak bakalan mau pulang deh. Jadi gimana, udah kepikiran mau nyoba snorkeling di pulau mana? Tapi ingat ya, disini kalian menyelam dalam artian 'berenang' bukan 'menginjak' terumbu karang ya, dan juga tolong dijaga kebersihan dan keindahan pulau yang akan menjadi destinasi liburan kalian.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Wiwiek Es di IDN Times Community dengan judul Bikin Betah Nyemplung! Ini 5 Spot Snorkeling Keren di Sulawesi Selatan

Baca Juga: Jalan-jalan Seru di Kota Kalong Watansoppeng

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You