Comscore Tracker

Wisata Edukasi di Makassar, 4 Tempat Rekomendasi untuk Dikunjungi

Wisata edukasi bermanfaat untuk menambah wawasan kita

Wisata edukasi di Makassar, Sulawesi Selatan, sangat bermanfaat untuk dikunjungi agar menambah wawasan tentang berbagai hal. Mulai dari sejarah perkotaan, kisah pahlawan, hingga seni dan kebudayaan.

Di Kota Makassar terdapat sejumlah wisata edukasi yang cocok untuk didatangi bersama anak-anak maupun siswa sekolah. Berikut ini daftar beberapa wisata edukasi di Makassar yang kami rekomendasikan.

1. Museum Kota Makassar

Wisata Edukasi di Makassar, 4 Tempat Rekomendasi untuk DikunjungiMuseum Kota Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Museum Kota Makassar terletak di Jalan Balai Kota. Museum ini memajang lukisan yang bercerita tentang jejak sejarah Makassar. Nuansa wisata edukasi Makassar dapat terlihat pada koleksi pakaian adat Suku Bugis Makassar serta senjata dan keramik berjajar rapi di dalam lemari kaca.

Foto-foto tokoh pahlawan berdarah Bugis-Makassar yang memperjuangkan kemerdekaan, dipajang berdampingan dengan foto Ratu Kerajaan Belanda, Wilhelmina. 

Tak ketinggalan juga terpampang foto para pemimpin Makassar sejak masa pemerintahan Jepang hingga masa NKRI.

2. Perpustakaan Kota Makassar

Wisata Edukasi di Makassar, 4 Tempat Rekomendasi untuk DikunjungiBuku-buku koleksi di Perpustakaan Kota Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Perpustakaan Kota Makassar terletak di Jalan Lamaddukelleng No 3. Perpustakaan Kota Makassar merupakan salah satu tempat wisata edukasi di Makassar.

Bangunan ini terdiri dari tiga lantai. Lantai satu digunakan sebagai gedung pertemuan, lantai dua untuk perpustakaan dan lantai tiga sebagai tempat penyimpanan buku-buku sejarah Makassar.

Suasana di Perpustakaan Kota Makassar sebenarnya cukup nyaman, tenang dan adem. Hanya saja, koleksi buku perlu diperbarui. Walau begitu, sejumlah siswa maupun mahasiswa kerap datang untuk mencari referensi literatur untuk tugas sekolah maupun kuliah.

3. Benteng Fort Rotterdam

Wisata Edukasi di Makassar, 4 Tempat Rekomendasi untuk DikunjungiPemandangan bagian luar Benteng Fort Rotterdam di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, yang pernah digunakan sebagai basis militer penting oleh Kerajaan Gowa-Tallo, VOC dan pemerintah kolonial Hindia-Belanda. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Benteng Fort Rotterdam terletak di Jalan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Benteng ini merupakan saksi sejarah sekaligus peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo yang pernah berkuasa di wilayah Makassar.

Benteng Fort Rotterdam, yang dikenal dengan nama lain Benteng Ujung Pandang atau Benteng Panynyua, didirikan sekitar abad ke-16 dan berdiri kokoh hingga sekarang. Letaknya tak jauh dari Pantai Losari, menghadap ke Selat Makassar.

Di area Bentang Fort Rotterdam kamu juga bisa menemui museum La Galigo yang di dalamnya terdapat banyak referensi mengenai sejarah kebesaran Makassar (Gowa-Tallo) dan daerah-daerah lainnya yang ada di Sulawesi Selatan. Sebagian besar gedung benteng ini masih utuh dan menjadi salah satu objek wisata edukasi di Kota Makassar.

Baca Juga: 10 Tarian Tradisional asal Sulawesi Selatan yang Populer

4. Museum Balla Lompoa

Wisata Edukasi di Makassar, 4 Tempat Rekomendasi untuk DikunjungiANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Wisata edukasi di Makassar selanjutnya yaitu Museum Balla Lompoa. Letaknya tak jauh dari Kota Makassar, tepatnya di Sungguminasa, Kabupaten Gowa. Museum ini didirikan pada masa pemerintahan Raja Gowa ke-31, Mangngi-Mangngi Daeng Matutu dan difungsikan sebagai Istana Kerajaan. Kemudian pada tahun 1978-1980, direstorasi dan diresmikan sebagai sebuah museum oleh Prof. Dr. Haryati Subadio yang menjabat Dirjen Kebudayaan pada masa itu. 

Adapun benda bersejarah yang dikoleksi di sini ialah benda-benda peninggalan Kerajaan Gowa. Terpajang silsilah keluarga Kerajaan Gowa dan beberapa alat perang, seperti meriam kuno dan tombak. Di sini kamu bakal melihat foto Sultan Hasanuddin, Raja Gowa paling tersohor yang diberi julukan "Ayam Jantan dari Timur". 

Itu dia daftar tempat wisata edukasi di Makassar, Sulawesi Selatan. Yuk, sempatkan berwisata sambil belajar.

Baca Juga: Mengenal Kapal Pinisi, Warisan Budaya dari Sulawesi Selatan 

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya