Comscore Tracker

Jakarta Travel Fair: Ajak Warga Makassar Nikmati Sport Tourism di GBK

Sport Tourism Jakarta: Kawasan GBK dan Jakarta Marathon 2022

Makassar, IDN Times - Jakarta Travel Fair 2022 di Trans Mall Makasssar, Sulawesi Selatan (Sulsel), digelar selama tiga hari, 16-18 September 2022. Berbagai paket perjalanan wisata urban Jakarta ditawarkan bagi warga Kota Daeng. Salah satunya yaitu, pengalaman wisata olahraga atau sport tourism di Gelora Bung Karno (GBK).

Retail Sales Force Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno, Girindro Wisnubroto, mengatakan, GBK merupakan salah satu bagian dari sport tourism di Jakarta yang merupakan kawasan olahrga terintegrasi.

"Bukan cuma stadion utamanya saja, [ada juga] mulai dari stadion akuatik buat renang, Istora, parkir timur, stadion softball, sampai stadion utama sendiri," kata Giri di Makassar, Jumat (16/9/2022).

1. Stadion tour dan jogging track di GBK Jakarta

Jakarta Travel Fair: Ajak Warga Makassar Nikmati Sport Tourism di GBKStadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Giri menyebut, ada dua program baru bagi wisatawan sport tourism untuk menikmati pengalaman berkesan di kawasan GBK Jakarta. Pertama yaitu jogging track di mana pengunjung bisa merasakan langsung kualitas lintasan lari berstandar internasional

"Kami sekarang membuka akses melalui jogging track. Lari di track stadion utama GBK, untuk mengasses jogging track bisa mengakses reservasi di reservasi.gbk.id, atau bisa langung. Jadwalnya dari jam 5 pagi sampai jam 6 sore, durasi 2 jam, kontribusi sebesar Rp100 ribu dibayar melaui uang elekronik," kata Giri.

"Jika teman-teman dari Makassar mau berkunjung, bisa telefon kami dulu untuk informasi lebih lanjut," Giri menerangkan.

Sementara program kedua, lanjut Giri, yakni stadion tour. Namun, saat ini untuk mengakses layanan wisata ini, pengunjung harus mendaftar secara manual dengan mengirimkan surat permohonan kunjungan kepada pengelola GBK Jakarta.

"Ketentuannya minimal 30 orang tiap grup, kontribusinya Rp1.500.00," ucap Giri.

Apa saja yang bisa dinikmati oleh penikmat sport tourism di Stadion GBK? Kata Giri, pihak pengelola akan mengajak pengunjung melihat langsung dan merasakan sensasi fasilitas pesepakbola profesional. Antara lain, wisatawan diajak mencoba duduk di kursi VIP yang kerap digunakan Presiden RI dan pejabat negara ketika hadir di GBK.

"Kemudian, pengunjung juga bisa masuk langsung ke ruang ganti, tempat yang tidak bisa diakses secara umum. Kami kasih kesempatan merasakan sensasi menjadi pesepakbola profesional," ucapnya.

2. Jakarta Marathon

Jakarta Travel Fair: Ajak Warga Makassar Nikmati Sport Tourism di GBKStadion GBK di malam hari (instagram.com/tiphorangga)

Selain berkujung ke kawasan Stadion GBK, wisatawan sport tourism di Jakarta juga berkesempatan mengikuti Jakarta Marathon 2022. Event ini diagendakan digelar pada 16 Oktober mendatang.

Direktur Inspiro Mega Conveksindo, Irwan Kurnia Wisnu selaku penyelenggara Jakarta Marathon 2022 mengatakan, agenda JakMar merupakan event akbar para pelari. Tahun ini penyelenggara menargetkan peserta berjumlah 10 ribu orang.

"500 orang dari luar negeri yang berasal dari 30 negara. Tentu saja akan jadi daya tarik sebagai sport tourism apalagi didukung oleh Disparekraf Prov DKI Jakarta," kata Irwan.

Menurut Irwan, saat ini registrasi masih dibuka dan menerima pendaftaran peserta Jakarta Marathon 2022 hingga akhir bulan September. "Untuk mengikuti ajang ini pelari-pelari Makassar wajib bergabung karena Jakmar sudah mendapat label qualified untuk mengikuti World Major marathon di 6 negara. Tentu tantangan lebih besar dan persiapan fisik lebih baik," katanya. 

Baca Juga: Jakarta Travel Fair 2022, Digelar 16-18 September di Makassar

3. Jakarta Travel Fair di Makassar

Jakarta Travel Fair: Ajak Warga Makassar Nikmati Sport Tourism di GBKStand Sport Tourism GBK Jakarta di Jakarta Travel Fair 2022 di Makassar, Jumat (16/9/2022. Istimewa

Jakarta Travel Fair merupakan eksibisi yang digagas oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta untuk mendorong pertumbuhan positif wisata Jakarta. Kegiatan ini diadakan rutin setiap tahun, di mana Jakarta Travel Fair 2022 mengikutsertakan banyak pelaku wisata dari berbagai kategori.

Pihak yang terlibat antara lain seperti maskapai, perhotelan, perbankan, tempat hiburan, atraksi wisata, lokasi wisata keluarga serta mempromosikan berbagai perkembangan Jakarta seperti ruang ketiga dan transportasi publik yang terus tumbuh di Jakarta. Jakarta Travel Fair akan hadir di 3 kota besar Indonesia yakni Medan, Makassar dan
Balikpapan sepanjang tahun 2022.

Di Makassar, ada ratusan seller pariwisata yang berpartisipasi, di antaranya yaitu, Taman Impian Jaya Ancol, Coconut Vacantions, KidZania Jakarta, Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno, dan Tripwe.

Sementara pada bidang perhotelan antara lain, Ambhara Hotel, Ashley Hotel Jakarta, Century Park Jakarta, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Jakarta Travel Fair di Makassar, Ada Kejutan Diskon Paket Wisata

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya