Comscore Tracker

5 Destinasi Wisata Puncak di Sulawesi Selatan, Eksotis dan Menantang

Ada yang mirip Raja Ampat, loh! #LokalIDN

Tempat wisata di Sulawesi Selatan bukan hanya keindahan panorama pantai. Ada sederet spot liburan yang asyik untuk dikunjungi dengan tawaran suasana sejuk dan lebih menantang. Tentunya tanpa membuat kantong kering untuk menikmati keindahnya.

Mulai dari kuliner hingga wisata, Sulawesi Selatan punya banyak pilihan destinasi yang dijamin gak bikin bosen. Bagi kamu yang ingin mencoba liburan seru di atas ketinggian, simak lima wisata puncak ala Sulsel berikut ini, yuk!

1. Malino Highland

5 Destinasi Wisata Puncak di Sulawesi Selatan, Eksotis dan MenantangInstagram.com/rahmatnajamuddin

Bila Jawa Barat punya daerah puncak di Bogor yang sudah terkenal seantero negeri, Sulawesi Selatan juga punya Kebun Teh Malino Highland. Tak kalah indah, wisata populer di Gowa ini cocok banget jadi tempat liburan keluarga.

Kawasan dengan luas kebun mencapai 200 hektar ini menyediakan beragam fasilitas berkelas, seperti Cafe Green Peko, vila berasitektur Jepang, dan permainan outdoor seperti flying fox. Bagi kamu yang hobi berswafoto,  landskap tumbuhan teh yang serba hijau membuat hasil jepretan makin ciamik dan Instagramable.

Dari Kota Makassar, Malino Highland dapat ditempuh dengan jarak 80 km ke arah Selatan atau sekitar 2,5 jam perjalanan.

Lokasi: Kelurahan Pattapang, Kec. Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.

2. Puncak Pua Janggo

5 Destinasi Wisata Puncak di Sulawesi Selatan, Eksotis dan MenantangInstagram.com/azim_zimmer

Baru populer pada 2016 lalu, Pua Janggo kini dijadikan tempat swafoto terfavorit di Bira. Dari puncak ini, pengunjung akan merasakan sensasi berbeda untuk melihat sunset. Kamu bisa melihat keindahan deretan pantai sekitar Bulukumba termasuk Pantai Bira. Bahkan, penampakan Kabupaten Selayar terlihat jelas dari puncak ini, lho.

Meski jalan untuk mencapai puncak cukup terjal, rasa lelah akan terbayar dengan panorama alamnya yang memanjakan mata. Pepohonan hijau, belain angin sepoi-sepoi membuat otak dan tubuh lebih fresh. Jadi, buat kamu yang sedang berlibur ke Pantai Bira, jangan lupa mendaki Puncak Pua Janggo juga, ya!

Lokasi: Desa Bira, Kec. Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba.

Baca Juga: Kamu Seorang Pendaki? 5 Gunung Populer di Sulawesi Utara Ini Menantimu

3. Puncak Baro-baro

5 Destinasi Wisata Puncak di Sulawesi Selatan, Eksotis dan MenantangInstagram.com/a.ardilla.am

Spot wisata yang baru dibuka pada 2018 lalu ini berada tak jauh dari Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Menghadirkan view yang sangat indah saat sunset, dari Puncak Baro-baro ini pengunjung bisa menikmati gugusan bebatuan kart eksotis berlatar belakang Gunung Bulusaraung. 

Digagas oleh pemuda setempat, tempat ini tak pernah sepi pengunjung, bahkan ada yang sampai bermalam. Meski begitu, untuk mencapai puncak ini kamu harus mendaki bebatuan yang terjal dengan kemiringan 45 derajat. Adapun harga tiket masuk yang ditawarkan cukup terjangkau, yakni Rp5 ribu. 

Lokasi: Jl. Stasiun Bumi, Kalibbirang, Bantimurung, Kabupaten Maros. 

4. Bulu Bollangi 

5 Destinasi Wisata Puncak di Sulawesi Selatan, Eksotis dan MenantangInstagram.com/sulsel_eksplor

Bulu' Bollangi merupakan lokasi wisata yang lagi hits di Kabupaten Gowa. Dari Bukit Bollangi ini, kamu akan disuguhkan keindahan Waduk Bili-bili yang menakjubkan. Di tengah waduk terdapat beberapa pulau yang dipenuhi tumbuhan hijau layaknya Telaga Bintang, spot foto terpopuler di Raja Ampat. 

Dari bukit ini, kamu juga dapat menyaksikan sunrise lebih dekat dan tentunya sulit ditemukan di tempat lain. Kawasan dengan ketinggian mencapai 1000-1600 m ini dapat ditempuh 17 km atau sekitar 15 menit dari Kota Sungguminasa. 

Lokasi: Dusun Bollangi, Desa Timbuseng, Kec. Pattalassang, Kab. Gowa.

5. Taman Wisata Puncak Bila Sidrap

5 Destinasi Wisata Puncak di Sulawesi Selatan, Eksotis dan MenantangInstagram.com/youjizz_0

Puncak Bila merupakan objek wisata yang menggabungkan unsur keindahan alam dengan wisata modern. Kawasan yang mulai beroperasi sejak tahun 2011 ini menyediakan beragam wahana menarik. Kamu bisa mencoba waterboom, sirkuit sepeda motor, motor atv, hingga flying fox yang menguji adrenalin. 

Lokasi ini juga punya fasilitas lengkap, di antaranya area memancing, gazebo, stand karaoke, vila, warung makan, dan parkiran yang cukup luas. Karena keindahan dan kebersihannya, taman wisata ini meraih gelar Juara 1 Destinasi Wisata Sehat dan Lingkungan. 

Lokasi: Jl. Poros Bila-Barukku, Desa Bila Riase, Kec. Pitu Riase, Kab. Sidrap.

Itu tadi lima spot wisata puncak di Sulawesi Selatan yang recommended banget buat dikunjungi, terutama buat kamu yang bukan anak pantai. Menurutmu, mana nih yang paling indah? Tulis di kolom komentar ya.

Baca Juga: Tak Hanya Bunaken, Ini 5 Pulau Cantik yang Ada di Sulawesi Utara

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Mbak Endut di IDN Times Community dengan judul Ada Mirip Raja Ampat, 5 Destinasi Wisata Puncak di Sulawesi Selatan

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya