Comscore Tracker

Sop Konro Karebosi, Kuliner Makassar Rekomendasi Jokowi

Menu makan iga sapi berkuah yang legendaris dari Makassar

Presiden Joko Widodo belum lama ini mengunggah video rekomendasi kuliner melalui instagram pribadinya, @jokowi. Video seri #JKWKULINER itu mengangkat kuliner khas Makassar pada episode pertama.

Salah satu yang ditampilkan pada video itu adalah konro, salah satu ikon kuliner Makassar. Video antara lain mengulas rumah makan Sop Konro Karebosi, salah satu destinasi kuliner legendaris yang jadi favorit wisatawatan.

Konro memang jadi salah satu menu makanan yang lekat dengan Kota Makassar. Tak terhitung rumah makan yang menyajikan menu itu, tapi yang paling terkenal adalah Sop Konro Karebosi di Jalan Gunung Lompobattang Makassar.

Baca Juga: Spot Kuliner Khas Makassar Favorit Jokowi, Cocok Bagi Pencinta Daging!

1. Sudah berdiri sejak tahun 1968

Sop Konro Karebosi, Kuliner Makassar Rekomendasi JokowiSuasana pintu masuk dan sajian Konro Karebosi, salah satu tempat kuliner khas Sulawesi Selatan di Makassar. (Instagram.com/jajan_medan)

Warung makan Sop Konro Karebosi sudah berdiri melintasi zaman. Mengutip Indonesia.go.id, rumah makan itu dirintis H Hanaping bersama sembilan anaknya pada tahun 1968.

Rumah makan ini berawal dari warung tenda di Lapangan Karebosi, yang dijadikan nama dagangan. Seiring waktu, warung kemudian pindah menempati ruko hingga kini punya puluhan cabang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Jakarta.

Keunggulan rumah makan ini adalah rasa yang dipercaya konsisten dan tak pernah berubah. Makanya pelanggan selalu setia berkunjung. Selain cita rasa khas menggoda, harga makanannya juga tidak menguras kantong. Harga semangkuk atau seporsi sop konro dibandrol  antara Rp30 ribu hingga Rp40 ribu.

2. Kamu tim sop konro atau konro bakar?

Sop Konro Karebosi, Kuliner Makassar Rekomendasi JokowiTripAdvisor / Talamo

Sop konro merupakan makanan dengan sajian utama tulang iga sapi berbalut daging yang kaya rempah. Umumnya sop dikenal sebagai menu berkuah bening, namun pada sop konro kuahnya kecokelatan mirip rawon.

Sop konro disajikan berupa iga dengan daging empuk yang mudah terlepas. Biasanya konro dimakan dengan nasi hangat dan sambal merah kekuningan khas Makassar.

Selain itu juga ada konro bakar. Jika pada sop konro iga dihidangkan dalam kuah, konro bakar dengan penyajian terpisah. Iga lebih dipanggang dengan kecap lalu saat matang dibaluri dengan bumbu kacang.

3. Cara membuat sop konro di rumah

Sop Konro Karebosi, Kuliner Makassar Rekomendasi Jokowiinstagram.com/jktfooddestination

Jika tergiur menikmati sop konro tapi belum sempat ke warung yang menyajikannya, kamu bisa membuat sendiri menu itu di rumah.

Secara umum, tahapannya dimulai dengan memasak iga selama sekitar satu jam hingga dagingnya empuk. Sambil menunggu, kamu bisa menghaluskan bumbu-bumbu dengan cobek atau blender. Bumbunya antara lain kayu manis, kapulaga, bawang merah, cengkeh, daun salam, lengkuas, keluwak, bawang putih, jahe, batang serai, jinten, kunyit, kemiri, biji pala, merica, dan ketumbar.

Selanjutnya bumbu ditumis hingga matang dan harum, lalu masukkan irisan bawang, lengkuas, daun salam. Masukkan ke dalam panci berisi iga empuk dan aduk hingga merata. Setelah itu masukkan sisa bumbu seperti asam Jawa, gula pasir, kayu manis, cengkeh, garam dan kapulaga, biarkan tercampur. Lalu masukkan irisan, aduk hingga matang.

Sop Konro ala rumah pun siap dihidangkan. Kamu bisa menyantapnya bersama keluarga untuk menu makan siang atau makan malam.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Warung Sop Konro di Makassar yang Terkenal Enak

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya