Comscore Tracker

9 Tempat Wisata di Toraja yang Dirindukan selama Pandemik

Toraja selalu bikin rindu untuk kembali ke sana

Ditulis oleh Syarifah Vivi Alayda Djindan

Sulawesi Selatan kaya akan keindahan alam yang jadi daya tarik wisatawan. Sebagian di antaranya terletak di dua wilayah Toraja, yakni Tana toraja dan Tana Toraja.

Di Toraja, kamu bisa mengunjungi berbagai destinasi alam yang memanjakan mata sekaligus menelusuri kekayaan budaya dan sejarah masyarakat setempat.

Berikut ini sembilan tempat wisata di Toraja yang selalu bikin orang rindu untuk berkunjung kembali.

Baca Juga: 9 Fakta Unik Ollon, Bukit Teletubbies ala Toraja yang Fotogenik Abis

1. Agrowisata Pango-pango

9 Tempat Wisata di Toraja yang Dirindukan selama PandemikIndonesia-tourism.com

Agrowisata pango-pango merupakan kawasan wisata kebun kopi yang berada di dataran tinggi, yang biasa dikenal dengan sebutan negeri di atas awan. Lokasinya di area Gunung Pango-pango, di Kelurahan Pasang, Kecamtan Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja.

Tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam nonstop, tetapi tidak disarankan untuk datang saat matahari sudah terbenam karena tempat ini masih kurang pencahayaannya. Harga tiket masuknya Rp10 ribu per orang  dan Rp15 ribu per orang jika kamu ingin camping.

Fasilitas yang kamu dapatkan adalah gazebo, toilet untuk pengunjung, area untuk camping, terdapat kantin yang menjual makanan dan minuman. Kamu bisa menikmati keindahan negeri di atas awan sambil melihat gumpalan awan dari atas. Tempat ini sangat cocok untuk melihat sunset dan sunrise.

Setelah puas melihat panorama alam, kamu bisa menjelajahi hutan pinus, perkebunan kopi serta sayuran dan outbound.

2. Kete Kesu

9 Tempat Wisata di Toraja yang Dirindukan selama PandemikDesa Kete Kesu via indonesiaheritagesociety

Kete Kesu berlokasi di Kampung Bunoran, Klurahan Panta’rukan Lolo, Kecamatan Kesu, Toraja Utara. Kete Kesu merupakan desa wisata yang indah dan unik sehingga objek wisata ini paling banyak dikunjungi oleh wisatawan karena berada di kawanan perbukitan dan persawahan. Harga tiket masuknya Rp10 ribu per orang, buka selama 24 jam dari hari senin sampai minggu.

Disini kamu bisa menelusuri rumah adat Tongkonan di mana setiap sudut yang dimiliki dari rumah adat ini memiliki sejarah yang berbeda-beda. Desa ini dikelilingi oleh sawah. Selain itu kamu bisa mengunjungi situs pemakaman kuno sebagai peninggalann purbakala yang  berusia ratusan tahun.

3. Patung Yesus Memberkati

9 Tempat Wisata di Toraja yang Dirindukan selama PandemikInstagram.com/kapoyos_roland

Kamu bisa melihat patung setinggi 40 meter di atas Bukit Bantu Burake, yang kira-kira sebesar patung Kristus Penebus di Brazil. Patung ini bernama Patung Yesus Memberkati yang dibangun pada bulan Mei 2015.

Patung Yesus Memberkati berlokasi di Buntu Burake, Makale, Tana Toraja. Harga tiket masuk Rp10 ribu per orang, buka dari jam 07.00 sampai 21.00.

Walaupun patung ini merupakan simbol bagi Agama Nasrani, tetapi banyak juga orang dari berbagai latar belakang yang berkunjung ke sana.

4. Museum Ne’Gandeng

9 Tempat Wisata di Toraja yang Dirindukan selama PandemikInstagram.com/museumnegandeng

Museum Ne’Gandeng berlokasi di Desa Pelang, Sa’dan Balusu, Toraja Utara. Dulu tempat ini merupakan tempat melaksanakan prosessi penguburan salah satu tetua masyarakat Toraja, yaitu Ne’Gandeng.

Museum ini juga menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Para wisatawan mancanegara biasanya memasukkan tempat ini sebagai destinasi yang wajib dikunjungi. Di tempat yang sama juga banyak terdapat rumah adat khas Toraja yang bisa kamu masuki atau menginap di sana.

Baca Juga: 5 Fakta Unik tentang Suku Toraja yang Mendunia

5. Tongkonan Pallawa

9 Tempat Wisata di Toraja yang Dirindukan selama Pandemikvisittoraja.com

Buat kamu yang suka mempelajari sejarah dan budaya, tempat ini bisa kamu jadikan referensi. Tempat ini berlokasi di Desa Pallawa, Sesean, Toraja Utara. Ini merupakan desa adat tua yang memiliki bangunan yang sangat megah. 

Aktivitas yang bisa kamu lakukan disini adalah mempelajari sejarah dan budaya bahkan kamu bisa menanyakan mengenai sejarah tersebut dengan penduduk desa setempat. 

Di sekitarnya terdapat hutan dengan banyak pepohonan, serta situs pemakaman langka yang berada di dekat pemukiman. Lokasinya di Desa Pallawa, Sesean, Kabupaten Toraja Utara.

6. Londa

9 Tempat Wisata di Toraja yang Dirindukan selama Pandemikinstagram.com/ngucay

Londa berlokasi di Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara. Londa adalah goa yang terbentuk oleh alam yang biasa digunakan untuk penyimpanan jenazah para leluhur.

Harga tiket masuknya Rp10 ribu. Jika kamu ingin menyewa pemandu maka kamu cukup bayar Rp30 ribu untuk kelompok maupun per orang, sedangkan untuk menyewa peralatan seharga Rp50 ribu. Wisata Londa beroperasi dari jam 08.00 sampai dengan 17.00.

7. Danau Limbong

9 Tempat Wisata di Toraja yang Dirindukan selama Pandemikkabartoraja.com

Aliran dari air sungai berwarna hijau dan danau dikelilingi oleh pegunungan memberikan kesan yang sangat alami. Tempat ini berlokasi di Lembang Limbong, Mentirotiku, Kec. Rantepao, Kabupaten Toraja Utara.

Harga tiket masuknya Rp10 ribu untuk domestik dan Rp20 ribu untuk wisatawan mancanegara. Buka setiap hari dari jam 07.00 sampai dengan 18.00. Fasilitas yang didapat mulai dari toilet, tempat berteduh, area parkir, bebagai macam spot foto serta pemandangan yang jarang kamu temui di tempat wisata lainnya.

8. Kompleks Megalit Kalimbuang Bori

9 Tempat Wisata di Toraja yang Dirindukan selama Pandemikinstagram.com/karunia_paranna77

Berlokasi di Bori, Sesean, Kabupaten Toraja Utara, di tempat ini kamu bisa melihat batu menhir atau batu berdiri yang sangat banyak sebagai bukti keberadaan leluhur ratusan tahun lalu.

Cukup mengeluarkan Rp10 ribu kamu udah bisa mengelilingi kawasan wisata ini sambil  berfoto. Buka dari jam 08.00 sampai dengan 18.00.

9. Gumuk Pasir Sumalu

9 Tempat Wisata di Toraja yang Dirindukan selama Pandemikinstagram.com/lesmanpasaribu

Untuk masuk ke Gumuk Pasir Sumalu ini tidak akan dikenakan biaya apa pun. Berlokasi di Rantebua Sumalu, Kecamatan rantebua, Kabupaten Toraja Utara, buka setiap hari selama 24 jam. 

Kamu bisa melihat matahari hari terbit dan terbenam di tempat ini. Bagi kamu yang ingin camping tempat ini bisa kamu pilih, tapi harus membawa tenda sendiri ya.

Itu dia sembilan tempat wisata di Toraja yang selalu bikin rindu. Ada tempat yang ingin kamu datangi setelah pandemik berakhir?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Alam di Tana Toraja, Bak Liburan di Swiss!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya