Comscore Tracker

Kesal Nonton YouTube Diganggu Iklan? Ini 5 Cara Menghilangkannya

Caranya mudah dan tidak makan waktu lama

YouTube merupakan salah satu platform berbagi video gratis yang paling banyak diakses. Mereka meraih pendapatan dari iklan yang disematkan ke video-video yang ditonton oleh pengguna.

Sayangnya, sebagian orang tidak suka jika iklan menyela tayangan video. Apalagi jika muncul pas orang lagi asyik nonton. Untungnya, ada sejumlah cara atau trik yang bisa kamu terapkan agar bebas nonton tanpa iklan di YouTube.

Kalau kamu penasaran, langsung saja simak ulasannya!

1. Menambah (dot) di URL video

Kesal Nonton YouTube Diganggu Iklan? Ini 5 Cara Menghilangkannyaknowtechie.com

Seorang pengguna di forum Reddit memberikan trik menarik sekaligus mudah untuk menghilangkan iklan dari video YouTube. Cranya, cukup menambahkan "titik" atau (dot) setelah .com di alamat laman atau URL yang sedang ditonton. 

Misalnya, kamu bisa mengganti alamat youtube.com/urlvideo menjadi menjadi youtube.com./urlvideo. pada kolom alamat di broswer.

Cara ini diyakini efektif menghilangkan iklan-iklan, termasuk yang sering diputar di awal video. Kamu bisa memakai trik ini di hampir semua browser seperti Chrome, Edge dan Safari, kecuali Firefox yang akan melempar kembali ke halaman utama YouTube ketika metode ini diterapkan.

2. Melalui situs bernama ViewPure

Kesal Nonton YouTube Diganggu Iklan? Ini 5 Cara Menghilangkannyaviewpure.com

Kamu juga bisa mencoba cara lain agar bisa nonton YouTube tanpa iklan. Cara satu ini tidak kalah mudah.

Kamu cukup membuka situs View Pure, lalu salin dan tempel URL video yang ingin ditonton di kolom yang sudah disediakan. Kemudian klik Purify dan tunggu sampai dialihkan ke halaman baru.

Prosesnya tidak butuh waktu lama. Setelah itu, kamu bisa langsung menonton video yang diinginkan tanpa terganggu iklan.

Baca Juga: 12 Konten YouTube Paling Disukai, Cari Viewer Lebih Mudah

3. Pasang ekstensi Adblock Plus

Kesal Nonton YouTube Diganggu Iklan? Ini 5 Cara Menghilangkannyamarketingland.com

Apabila dua cara sebelumnya mengharuskan kamu untuk melakukan langkah manual satu per satu, terdapat cara yang lebih sederhana dan sekaligus. Namun, cara ini hanya bisa digunakan di browser dengan dukungan ekstensi yang mana itu hanya ada di platform PC saja.

Caranya (untuk Google Chrome dan Microsoft Edge), pergi ke Chrome Web Store lalu cari Adblock Plus. Akan muncul halaman utama untuk Adblock Plus, kemudian klik Tambahkan ke Chrome dan Add Extension di bagian atas. Tunggu sebentar dan Adblock Plus akan otomatis terpasang.

4. Pakai browser bebas iklan

Kesal Nonton YouTube Diganggu Iklan? Ini 5 Cara Menghilangkannyamobilesyrup.com

Google Play Store merupakan rumah bagi banyak browser seperti Bromite, Brave Browser, Ghostery Privacy Browser dan AVG Browser. Semuanya bisa diunduh secara gratis dan menawarkan fitur luar biasa seperti VPN bawaan, pemblokir iklan, pemblokir tracker, mode browsing privat dan banyak lagi.

Dengan begitu, browser-browser tersebut dapat digunakan untuk mengakses YouTube dan menonton video yang ada di dalamnya tanpa iklan. Ini jadi cara alternatif untuk platform mobile mengingat cara sebelumnya hanya bisa diterapkan di platform PC.

5. Berlangganan YouTube Premium

Kesal Nonton YouTube Diganggu Iklan? Ini 5 Cara Menghilangkannyamashable.com

Tidak ada cara lebih mudah dan baik untuk menghindari iklan YouTube selain berlangganan YouTube Premium. YouTube Premium merupakan layanan berbayar resmi dari YouTube yang hadir dengan sejumlah keunggulan yang mana salah satunya adalah tidak adanya iklan.

Selain itu, mereka yang berlangganan YouTube Premium juga bisa mendapat akses penuh ke YouTube Music Premium di samping dukungan putar video di latar belakang dan unduh video untuk diputar secara offline. Bagi yang tertarik bisa mencoba versi uji coba selama satu bulan sebelum berlangganan Rp59 ribu per bulan.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa cara untuk menghilangkan iklan di YouTube dengan mudah. Meski ada banyak cara yang mudah dan gratis, ada baiknya untuk tetap menggunakan cara legal yaitu berlangganan YouTube Premium dan mendukung penuh para kreator YouTube itu sendiri.

Baca Juga: 7 Hal Ini Perlu Dipahami Sebelum Langganan YouTube Premium

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya