Comscore Tracker

WhatsApp Akhirnya Merilis Fitur Dark Mode, Ini Cara Mengaktifkannya!

Hanya berlaku untuk perangkat Android dan iOS tertentu

WhatsApp baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan fitur mode gelap atau dark mode. Pengguna WhatsApp di Indonesia sudah bisa merasakan fitur itu lewat pembaruan aplikasi versi terbaru.

Dark mode banyak diminta oleh pengguna WhatsApp, karena sejumlah platform media sosial telah lebih dulu menerapkannya. Dark mode disukai banyak orang karena mengurangi kesilauan atau kecerahan layar smartphone, serta dipercaya bisa mengirit konsumsi baterai.

Setelah hampir satu tahun percobaan, WhatsApp pun menghadirkan dark mode. Kamu bisa mencobanya di perangkatmu, tapi baca dulu penjelasan di bawah ini karena tidak sembarang orang bisa menerapkannya.

1. Dark mode hanya untuk perangkat Android 9 dan iOS 12 ke atas

WhatsApp Akhirnya Merilis Fitur Dark Mode, Ini Cara Mengaktifkannya!youtube.com

Berdasarkan pantauan, Kamis (5/3), WhatsApp terbaru versi 2.20.47 sudah tersedia di Play Store. Versi ini telah menghadirkan fitur dark mode buat pengguna.

Dikutip dari BusinessInsider, fitur dark mode di WhatsApp hanya bisa dirasakan oleh para pengguna perangkat dengan sistem operasi terbaru, yakni iOS 13 dan Android 10. Tapi, buat kamu yang masih menggunakan iOS 12 dan Android 9, kamu juga tetap bisa merasakan fitur terbaru ini.

Jika kamu ingin merasakan fitur dark mode di WhatsApp, segera update sistem operasi kamu ke versi terbaru.

Baca Juga: Belum Mampu Beli iPhone 11? Ini 7 HP Android yang Kualitasnya Setara

2. Fitur ini belum tersedia di WhatsApp Web

WhatsApp Akhirnya Merilis Fitur Dark Mode, Ini Cara Mengaktifkannya!gadgets.ndtv.com

Jika kamu sering menghubungkan WhatsApp dari perangkat HP ke laptop atau komputer, bersabarlah. Sebab fitur dark mode belum bisa kamu rasakan di WhatsApp Web. Dilansir News18,  WhatsApp Web tidak mendapatkan perlakuan yang sama seperti WhatsApp di aplikasi hp atau tablet.

Kalau kamu berharap, WhatsApp Web dengan versi dark mode, sepertinya kamu harus menunggu lama.

3. Begini cara mengaktifkan dark mode di iPhone

WhatsApp Akhirnya Merilis Fitur Dark Mode, Ini Cara Mengaktifkannya!geekdashboard.com

Cek dulu apakah perangkat iPhone-mu sudah didukung dengan iOS terbaru. Jika iya, kamu bisa langsung mencoba fitur mode gelap terbaru dari WhatsApp. Berikut langkah-langkahnya.

Update versi terbaru aplikasi WhatsApp di App Store. Setelah itu, buka 'setting' di iPhone' kamu, lalu masuk ke menu 'display & brightness'. 

Di bawah pilihan 'appereance', kamu bakal menemukan tombol 'dark' yang memungkinkan tampilan tema iPhone menjadi gelap. Aplikasi WhatsApp dan lainnya yang mendukung bakal ikut menjadi dark mode.

Baca Juga: Pertimbangkan, Ini 7 Keunggulan Telegram dibandingkan WhatsApp

4. Cara mengaktifkan dark mode di Android

WhatsApp Akhirnya Merilis Fitur Dark Mode, Ini Cara Mengaktifkannya!telecomtalk.info

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara mengaktifkan fitur dark mode di iPhone, sekarang giliran mengaktifkan mode gelap di Android. Mengutip Android Central, berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan: 

  • Download versi WhatsApp terbaru 
  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Pencet tombol menu (gambar titik tiga vertikal)
  • Tekan 'setting'
  • Pilih 'chat'
  • Kemudian, pencet 'themes'
  • Di situ, kamu akan menemukan 'dark'

5. Masih dilakukan secara bertahap

WhatsApp Akhirnya Merilis Fitur Dark Mode, Ini Cara Mengaktifkannya!everyevery.ng

Meski demikian, fitur dark mode yang diluncurkan oleh WhatsApp ini juga masih bertahap. Ini merupakan hal yang wajar mengingat WhatsApp menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak, lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia. Bayangkan saja kamu harus menghadirkan fitur dark mode ini ke semua pengguna sekaligus.

Oleh karena itu, jalan terbaik dari peluncuran fitur mode gelap ini harus dilakukan secara bertahap. Jangan kaget ya kalau sekarang kamu belum bisa mendownload versi terbaru dari WhatsApp. Nanti ada waktunya kok untuk kamu ikut-ikutan mengaktifkan fitur dark mode.

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu tahu seputar fitur teranyar dari WhatsApp. Dengan hadirnya dark mode, layar kamu jadi tidak terlalu cerah deh, tidak gampang merusak mata.

Baca Juga: Baru Aja Rilis, WhatsApp Dark Mode Sudah Dikritik Duluan!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya