Comscore Tracker

Daftar Siaran TV Digital di Kota Makassar, Cek Cara Beralih!

TV analog tidak lagi beroperasi mulai 30 April 2022

Makassar, IDN Times - Pemerintah akan menggantikan siaran televisi analog di Indonesia dengan siaran televisi digital. Masa peralihan secara bertahap dan selambat-lambatnya pada 2 November 2022.

Setelah masa peralihan, masyarakat tidak bisa lagi menonton siaran televisi analog atau melalui antena biasa. Sebagai gantinya, ada siaran televisi digital yang menghadirkan kualitas gambar yang lebih bersih, suara yang lebih jernih dan canggih.

Saat ini di Kota Makassar sudah ada beberapa siaran televisi yang beralih ke digital. Sedangkan seluruh siaran analog bakal dimatikan secara bertahap, mulai 30 April 2022.

Lalu, apa itu dan bagaimana cara menikmati siaran televisi digital? Simak penjelasannya berikut ini, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Menkominfo: Siaran Televisi Analog Distop Paling Lambat November 2022

1. Kamu tetap bisa menikmati siaran digital secara gratis

Daftar Siaran TV Digital di Kota Makassar, Cek Cara Beralih!Potret perumahan yang menggunakan antena (pexels.com/Polina Chistyakova)

Saat ini mayorits siaran televisi di Indonesia masih menggunakan teknologi analog, yang telah beroperasi sekitar 60 tahun. Sedangkan siaran digital menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi untuk memberikan kualitas siaran terbaik ketika ditonton di pesawat televisi.

Dengan siaran digital, gambar yang muncul di televisi akan jernih karena kualitasnya high definition (HD). Tidak ada siaran yang berbintik-bintik atau kabur. Jika tidak bisa menangkap, maka tidak ada siaran sama sekali yang muncul di layar.

Berbeda dengan siaran analog. Siarannya sangat dipengaruhi jarak menara pemancar dengan pesawat televisi. Makanya, televisi yang jauh dari pemancar biasanya akan memunculkan gambar yang berkualitas buruk.

Kamu tidak perlu khawatir, sebab siaran televisi digital bersifat free to air alias gratis seperti halnya televisi analog. Kamu tidak perlu berlangganan untuk menonton siarannya serta tidak perlu menghubungkan perangkat dengan internet. Sebab siarannya tetap menggunakan frekuensi radio UHF/VHF.

2. Bagaimana cara menonton siaran tv digital?

Daftar Siaran TV Digital di Kota Makassar, Cek Cara Beralih!Ilustrasi menonton televisi/Pixabay.com/StokSnap

Agar bisa menonton televisi digital, hal pertama yang perlu kamu pastikan adalah di daerahmu sudah terdapat siaran televisi digital. Kamu bisa menontonnya dengan bantuan penangkap siaran berupa antena luar rumah maupun dalam rumah yang juga biasa dipakai menangkap siaran analog.

Berikutnya, kamu mesti memastikan televisi di rumahmu sudah dilengkapi penerima siaran televisi digital DVBT2. Jika televisi di rumahmu hanya bisa menerima siaran televisi analog, maka kamu perlu memasang dekoder set top box (STB). STB akan membantu sinyal televisi digital yang ditangkap oleh antena untuk dapat ditampilkan meski televisi dirumahmu adalah televisi untuk siaran analog. STB ini dijual sekitar Rp100 ribuan hingga Rp200 ribuan.

Setelah perangkat televisimu tersambung, pindai ulang program-program siaran televisimu.

3. Cara mengecek sinyal siaran tv digital

Daftar Siaran TV Digital di Kota Makassar, Cek Cara Beralih!Tangkapan layar aplikasi sinyalTVdigital. (Istimewa)

Kamu perlu mengetahui apakah di daerah tempat tinggalmu sudah terjangkau siaran digital. Untuk mengeceknya, kamu bisa mengunduh aplikasi sinyalTVdigital pada perangkat Android atau iOS.

Aplikasi itu akan memunculkan daftar siaran televisi yang sudah beroperasi di wilayah tertentu. Aplikasi juga mencantumkan kekuatan sinyal siaran tv berbasis wilayah.

Di Makassar, menurut aplikasi itu, kini sudah ada beberapa siaran televisi yang beroperasi di saluran digital. Antara lain Channel 28 berisi saluran TVRI Nasional, TVRI Sulawesi Selatan, TVRI World, TVRI Sport HD. Lalu Channel 34 berisi Metro TV dan RTV. Kemudian Channel 40 berisi MNC Group (RCTI, MNCTV, GTV, dan iNews).

Baca Juga: 9 Serial Televisi yang Masih Tayang Sampai Sekarang, Puluhan Tahun!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya