Comscore Tracker

Jangan Buru-buru, Ini 10 Pertimbangan sebelum Kamu Beli PS5

Sudah yakin mau beli atau pre order PlayStation 5?

Konsol teranyar Sony, PlayStation 5, berhasil mencuri perhatian dunia sejak dirilis pada November 2020. Perangkat tersebut diklaim menawarkan pengalaman gaming yang semakin apik.

Bagaimana tidak, PS5 ditunjang solid state drive cepat dan anti-loading, mendukung resolusi setinggi 8K, dan controller DualSense-nya yang interaktif dan imersif. Belum lagi, berbagai game yang ditawarkan pun kelas atas!

Fitur PS5 yang serba next gen bikin banyak orang penasaran dan gak sabar pengin beli. Di Indonesia, PS5 akan hadir pada 22 Januari 2021 dan didahului dengan pemesanan awal atau pre-order (PO).

Pertanyaannya, apakah tepat buru-buru beli PS5? Banyak yang meragukan kinerja konsol di hari pertama perilisannya, dan hal tersebut juga berlaku pada PS5. Memang, Sony pasti akan memperbaikinya. Tetapi, daripada salah beli, inilah 10 pertimbangan yang harus kamu pikirkan sebelum PO atau beli PS5 Januari nanti!

1. Game PS5 berukuran jumbo

Jangan Buru-buru, Ini 10 Pertimbangan sebelum Kamu Beli PS5playstation.com

PS5 ditunjang beragam game kelas AAA. Game itu memerlukan ukuran penyimpanan yang besar, hingga lebih dari 100 GB karena punya gameplay apik dan grafis yang menarik. Hitung saja, kendati pun PS5-mu memiliki penyimpanan 1 terabyte (TB), sebagian dari 1 TB tersebut dialokasikan untuk perangkat lunak dan update yang akan datang. 

Contohnya, game populer (yang kemudian gagal) seperti "Cyberpunk 2077" karya CD Projekt Red sudah membutuhkan penyimpanan lebih dari 100 GB! Kembali lagi ke ukuran 1 TB, kamu bisa menyimpan setidaknya 9 game. Untungnya, ada kemungkinan ukuran game PS5 ke depannya bisa berkurang. Atau... malah bertambah?!

2. Sistem Party Safety yang baru

Jangan Buru-buru, Ini 10 Pertimbangan sebelum Kamu Beli PS5Fitur pembaruan 8.0 pada PS4 menghadirkan Party Safety. screenrant.com

Pada update 8.0 terbaru PS4, Sony menghadirkan fitur Party Safety demi alasan keamanan dan lingkungan kondusif. Fitur itu tersebut memungkinkan pemain PS4 merekam obrolan party yang toxic agar dapat dilaporkan sebagai bukti ke Sony. Sony memastikan Party Safetyjuga hadir di PS5.

Fitur ini bermaksud baik, tapi tidak semua pemain senang dengan opsi PS5 dapat merekam suara obrolan party, dengan alasan privasi. Fitur ini bisa memicu pemain berpindah ke konsol lain. Tetapi, bukan berarti Sony akan menguping pembicaraanmu setiap waktu, kok!

3. TV yang digunakan mempengaruhi PS5

Jangan Buru-buru, Ini 10 Pertimbangan sebelum Kamu Beli PS5pixabay.com/Victoria_Borodinova

Untuk menikmati PS5, kamu perlu TV dengan dukungan resolusi 4K. Apakah TV-mu sudah memenuhi syarat itu? Atau, apakah TV-mu sudah mendukung HDR? Kalau belum, kecil kemungkinannya kamu akan menikmati grafis PS5 di TV-mu sekarang.

Angka kepemilikan TV 4K secara global saja masih sedikit, dan naik sedikit demi sedikit. Dan, kami tidak menjamin kepuasan bermain PS5 di TV dengan resolusi 1080p. Jadi, jika kamu berpikir ingin upgrade ke PS5, kami sarankan untuk mempertimbangkan beli TV baru dulu!

4. Judul game masih minim

Jangan Buru-buru, Ini 10 Pertimbangan sebelum Kamu Beli PS5gamerant.com

Ciri khas dari konsol yang baru dikeluarkan adalah judul game yang masih minim. Meskipun PS5 datang di generasi terdepan, tetap saja judul game dapat dihitung jari. Belum lagi, deretan game ini dapat dimainkan di PS4 dan dihargai ekstra untuk versi PS5! Tentu, lambat laun, Sony tidak akan lagi memproduksi game untuk PS4.

Memang, jumlah game di PS5 akan semakin banyak seiring waktu berjalan. Akan tetapi, selama kamu masih mengumpulkan dana untuk PS5, judul-judul di PS5 seperti Spider-Man: Miles MoralesCyberpunk 2077FIFA 21Call of Duty Black Ops: Cold War, hingga Assassin's Creed Valhalla pun dapat dimainkan di PS4.

5. Risiko jadi pembeli pertama

Jangan Buru-buru, Ini 10 Pertimbangan sebelum Kamu Beli PS5Para pembeli PS 5 di Inggris kecewa tidak mendapatkan produk terbaru dari Sony tersebut. Ilustrasi (instagram.com/playingstation5)

Jadi yang pertama membeli konsol datang dengan risiko. Sebagai contoh, saat membeli PS4 pertama, ternyata sistemnya masih dalam keadaan brick. Selain itu, saat membeli XBOX 360 pada 2005 lalu, ternyata masalah konsol tersebut adalah overheating. PS5 pun tidak lepas dari masalah pembelian pertama.

Dikabarkan, galat-galat utama di PS5 adalah:

  • Error saat data transfer dari PS4 ke PS5;
  • Overheating;
  • PlayStation Camera tidak dapat tersambung;
  • DualSense tidak dapat mengisi daya;
  • Tidak bisa tersambung ke PlayStation Network;
  • Error saat restart PS5; dan
  • Sistem PS5 yang kerap mengalami crash.

Seiring waktu berjalan, PlayStation pasti terus memperbarui sistem PS5-nya sehingga galat-galat yang disebutkan tadi bisa terselesaikan. Namun, hal tersebut memakan waktu.

Baca Juga: 7 Game Ini Akan Hadir Secara Eksklusif di PS4 dan PS5, Bikin Gak Sabar

6. Masih sayang dengan PS4 Pro dan Slim

Jangan Buru-buru, Ini 10 Pertimbangan sebelum Kamu Beli PS5website

Kamu punya PS4 Pro atau PS4 Slim? Kalau iya, maka upgrade ke PS5 masih dapat menunggu. Meskipun baik PS4 Pro dan Slim tidak semutakhir PS5, kedua konsol tersebut masih mendukung fitur 4K, sehingga grafis di game-game baru pun masih memanjakan mata. Meskipun tetap loading, setidaknya masih bisa menabung dulu untuk PS5!

Nah, kalau kamu ingin tukar tambah, harga tukar PS4 Pro mungkin akan lebih menguntungkan dibandingkan PS4 Slim. Akan tetapi, ya... kamu harus bersiap menambah duit lebih untuk PS5, baik menukar PS4 Pro apalagi Slim.

7. Belum banyak yang memakai PS5

Jangan Buru-buru, Ini 10 Pertimbangan sebelum Kamu Beli PS5DualSense PS5. unsplash.com/Harpal Singh

Dapat bermain online bersama teman-teman saat memiliki PS4, faktor yang harus kamu pertimbangkan adalah apakah teman-teman bermainmu akan atau sudah upgrade? Kalau mereka belum mau berpindah, coba pikirkan lagi, apakah kamu harus secepatnya?

Meskipun peladen (server) PS4 dan PS5 akan tersambung, tentu saja akan berbeda feel-nya. Kecuali kamu suka single-player, maka upgrade ke PS5 bukanlah prioritas.

8. PS5 terbagi jadi dua versi

Jangan Buru-buru, Ini 10 Pertimbangan sebelum Kamu Beli PS5PS5 versi kaset dan PS5 versi digital. techradar.com

Hingga saat ini, PS5 hadir dalam dua versi:

  • PS5: Dilengkapi dengan disk drive.
  • PS5 Digital Edition: Tidak dilengkapi dengan disk drive.

Kalau kamu lebih nyaman dengan kaset fisik karena bisa disewakan atau dijual kembali, maka kamu dapat memilih PS5 pertama. Namun, kalau kamu terbiasa beli game digital, tidak bergantung pada kaset, dan memiliki budget terbatas, maka PS5 kedua yang direkomendasikan.

9. Bagaimana jika ada model Slim?

Jangan Buru-buru, Ini 10 Pertimbangan sebelum Kamu Beli PS5blog.us.playstation.com

Selain dua versi yang disebutkan tadi, perlu dipertimbangkan kemungkinan kalau di masa depan, Sony akan merilis versi lanjutan dari PS5, seperti model Slim-nya.

Belajar dari perilisan PS3 (2006) dan PS4 (2013), beberapa tahun setelahnya, Sony kemudian mengeluarkan versi PS3 Slim (2009) dan PS4 Slim (2016) yang lebih murah, tidak makan tempat, dan memiliki kinerja yang sama dengan generasi pertamanya!

Kalau kamu tinggal di kamar dengan ruang terbatas, maka kamu pun bisa menunggu. Jika tidak keluar versi Slim-nya pun, kamu dapat tetap membeli PS5 dengan harga yang lebih murah dibandingkan tahun-tahun pertama rilisnya!

10. Preferensi game saat beli PS5

Jangan Buru-buru, Ini 10 Pertimbangan sebelum Kamu Beli PS5marvels-spider-man.fandom.com

Masih belum bisa menentukan juga? Maka, faktor terakhir yang perlu kamu pertimbangkan apakah harus upgrade ke PS5 adalah game yang kamu mainkan.

Kamu suka dengan game eksklusif PS5 dengan plot yang menarik atau game berbau Jepang? Maka PS5 pilihan utamamu. Bukan rahasia kalau judul first party dari PlayStation tidak mengecewakan dari segi plot dan grafis.

Itulah beberapa pertimbangan yang dapat kamu pikirkan sebelum PO atau beli PS5 nantinya. Kalau ternyata kriteria-kriteria ini tidak menarik hatimu, berarti kamu dapat mempertimbangkan konsol lain atau PC.

Baca Juga: Gamer PS5, Antisipasi 10 Game PS5 Terbaik Ini pada 2021

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya