Comscore Tracker

Jangan Biasakan 7 Hal Ini Jika Tak Ingin HP Kesayangan Rusak

HP kerap rusak karena kecerobohan kamu loh~

Sulsel, IDN Times - Handphone menjadi salah satu benda yang sepertinya wajib dimiliki semua orang, di era serba digital ini. Harga tak murah, orang pun berusaha agar handphone bisa bertahan dalam hitungan tahun. 

Namun, ada saja kebiasaan-kebiasaan yang memperpendek umur smartphone, termasuk kamu kan? 

Ketika handphone rusak, kamu pun bingung karena harus merogoh kocek lagi, entah itu untuk biaya perbaikan atau membeli ponsel yang baru. Rugi, kan?

Untuk itu, kamu perlu memperhatikan beberapa hal yang membuat handphone kamu menderita dan akhirnya rusak. Apa saja? 

1. Handphone terlalu sering panas dan kedinginan

Jangan Biasakan 7 Hal Ini Jika Tak Ingin HP Kesayangan Rusakthegoldenpan.com

Kebiasaan apa saja yang membuat handphone kamu kepanasan? Salah satunya adalah menaruh hp di dashboard mobil. Kebiasaan lain adalah bermain game secara terus-menerus. 

Sementara bermain game itu bisa membuat handphone kamu overheat. Apalagi, jika dilakukan hingga berjam-jam.

Bukan hanya suhu panas yang mesti dihindari, tetapi juga suhu yang terlalu dingin. Jika suhu pada gadget terlalu rendah, elektron dalam cairan elektrolit baterai tidak bisa menghasilkan arus yang cukup untuk memberi daya. 

Lalu, suhu berapa sih yang bersahabat dengan ponsel?  Rata-rata, suhu internal smartphone berkisar antara 37-43°C, ungkap laman AVG. Sementara, suhu ideal yang dianjurkan adalah 0-35°C, saran laman AL Priority.

So, kamu harus mengusahakan agar ponsel kamu dalam suhu ideal ya.

2. Kamu ceroboh dan suka menjatuhkan HP? Hati-hatilah!

Jangan Biasakan 7 Hal Ini Jika Tak Ingin HP Kesayangan Rusakdigitaltrends.com

Jangan samakan HP zaman sekarang dengan ponsel 20 tahun lalu. Desain smartphone zaman sekarang memang atraktif, tapi tipis. Hal ini membawa konsekuensi tersendiri, yakni layar smartphone lebih cepat retak  bahkan pecah.

Meski layar dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass, semua itu percuma saja kalau kamu ceroboh dan sering menjatuhkan gadget.

Akibat terlalu sering dijatuhkan, bukan hanya layar yang akan pecah. Tetapi, lensa kamera (depan atau belakang), soket earphone dan soket pengisian daya juga rentan rusak, tutur laman A New Cellphone.

Jika lensa kamera yang terkena, bisa membuat hasil gambar blur dan tidak fokus. Bukan hanya bagian luar, bagian dalamnya pun rentan rusak! Jagalah smartphone kamu ya

3. Tak sengaja tercebur atau terciprat air

Jangan Biasakan 7 Hal Ini Jika Tak Ingin HP Kesayangan Rusakmraberthon.com

Beberapa orang membawa hp-nya saat sedang mandi. Ada pula yang suka membawanya saat hendak berenang. Walau kita sudah berhati-hati, tetap ada risiko gadget kita tercebur ke air! Sebagian smartphone sudah dilengkapi dengan fitur waterproof dan water resistant, tetapi lebih banyak yang tidak memiliki fitur tersebut.

Apa yang harus dilakukan ketika hp kita tercebur air? Pertama, kamu harus mengeluarkan air dengan segera. Lalu, matikan hp dan lepas casing beserta kartu SIM, microSD dan baterai. Jika baterainya ditanam di bodi smartphone, baterai memang tidak bisa dilepas and that's fine. Untuk mengeringkannya, gunakan silica gel, saran laman Asurion.

4. Mengoperasikan smartphone setiap saat

Jangan Biasakan 7 Hal Ini Jika Tak Ingin HP Kesayangan Rusakhealthy-magazine.co.uk

Coba jawab dengan jujur ya, berapa jam dalam sehari kamu memakai smartphone, dari pagi hingga saatnya tidur?

Tahukah kamu, memakai hp terus-menerus bukan hanya menimbulkan kecanduan, tapi juga meningkatkan risiko kerusakan akibat suhu panas, jelas laman Tech Republic. Ruginya dua kali tuh.

Sesekali, kamu perlu mematikan hp untuk sesaat, misalnya 30 menit sampai 1 jam. Lalu, bersihkan cache untuk membebaskan memori. Fungsinya adalah untuk memperpanjang usia smartphone dan membuat performa hp meningkat. Mematikan hp secara berkala juga berguna supaya kita tidak merasa bergantung pada gadget terus-menerus.

 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Charger HP Kamu Cepat Rusak, Jangan Dibiasakan!

5. Memori HP penuh dibiarkan terlalu lama

Jangan Biasakan 7 Hal Ini Jika Tak Ingin HP Kesayangan Rusakdigitogy.com

Di zaman sekarang, memori internal berukuran 32 GB bisa penuh dalam waktu yang singkat. Apalagi jika kamu doyan banget motret dan selfie. 

Apa yang harus dilakukan ketika memori penuh? Semestinya, kamu harus segera melakukan back-up, seperti memindahkannya ke laptop atau harddisk. Bisa juga mengunggah file di layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox.

Ada banyak kendala ketika kamu membiarkan memori hp penuh. Seperti, tidak bisa mengunduh atau memperbarui aplikasi hingga membuat hp melambat dan kinerjanya menurun, ungkap laman PSafe, perusahaan software yang didirikan pada tahun 2010. Selain itu, kamu bisa mengatasinya dengan membeli memori microSD baru!

6. Mengabaikan malware

Jangan Biasakan 7 Hal Ini Jika Tak Ingin HP Kesayangan Rusakkomando.com

Apakah kamu sering mengunduh aplikasi yang tidak jelas? Apalagi, jika dilakukan di luar toko aplikasi resmi, seperti Google Playstore atau AppStore. Para peretas sering memasukkan virus dan malware ke dalam aplikasi. Selain itu, malware bisa diperoleh dari link mencurigakan yang dikirim secara acak ke email kita, jelas laman Security Metrics.

Bukan hanya itu, malware juga bisa diperoleh ketika kita tersambung ke WiFi publik yang tidak aman. Apabila hp sudah terjangkit oleh malware, peretas akan mudah mengambil data pribadi kita, seperti nomor rekening dan PIN! Selain itu, malware juga bisa membuat device melambat dan performa menurun.

7. Melakukan root secara sembarangan

Jangan Biasakan 7 Hal Ini Jika Tak Ingin HP Kesayangan Rusakyoutube.com

Rooting memang salah satu kelebihan yang dimiliki ponsel Android dibanding iOS. Apa sih rooting itu?

Simpelnya, rooting dilakukan untuk menghapus batasan dan mendapat akses penuh ke sistem operasi. Android yang sudah di-root memiliki kontrol lebih besar atas pengaturan, fitur, dan kinerja ponsel, terang laman Life Wire.

Keuntungan lainnya ialah bisa membebaskan memori, menghapus aplikasi bawaan smartphone, bisa menjalankan aplikasi khusus dan bisa mengkustom ROM. Di sisi lain, ada banyak efek buruk melakukan rooting. Yakni membatalkan garansi, rentan terserang virus, performa menurun dan berisiko merusak device. 

Baca Juga: 5 Cara Memanfaatkan Smartphone Kamu Jauh Lebih Maksimal, Sudah Tahu?

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya