Comscore Tracker

Awas! 7 Jenis Foto yang Gak Boleh Dibagikan di Internet

Jangan sampai kamu menyesal deh

Sulsel, IDN Times - Media sosial menjadi sarana bagi banyak orang saat ini untuk  berbagi keseharian mereka dengan orang lain. Ada baiknya, namun tetap ada dampak buruk yang mengintai.

Apakah kamu tipe yang impulsif memasukkan semua foto yang kamu jepret ke internet, termasuk media sosial? Sebaiknya, jangan!

Ada hal-hal tertentu yang sebenarnya tidak bisa kita bagikan di media sosial. Alasan utamanya adalah agar privasi kita tidak terancam karena perbuatan diri sendiri. Pada ujungnya, tindakan itu malah merugikan diri sendiri.

 Lantas apa saja yang tidak bisa kita bagikan? Simak daftar dan penjelasannya berikut ini.

1. Boarding pass

Awas! 7 Jenis Foto yang Gak Boleh Dibagikan di Internetkkomando.com

Mau jalan-jalan, kamu berpikir untuk pamerboarding pass ke teman-teman di dunia maya? STOP!

Jangan pernah sekali-kali menjepret boarding pass yang kamu miliki dan mengunggahnya ke media sosial. Bukan karena nama lengkapmu tertera di sana, tetapi detail identitas lainnya. 

Misalnya nomor kartu identitas, lokasi tujuan, tempat dan tanggal lahir, pesawat apa yang kamu naiki, dan lain-lain. Dilansir dari Krebson Security, data-data tersebut bisa menjadi bekal bagi hacker untuk mencuri identitasmu. 

2. Kartu identitas

Awas! 7 Jenis Foto yang Gak Boleh Dibagikan di Internetmoneysmart.id

Dokumen penting lainnya yang "haram" kamu unggah ke media sosial adalah KTP. Kartu identitas mengandung informasi pribadi yang sangat vital. Terdapat nama lengkap, alamat, tempat dan tanggal lahir, nomor identitas, hingga golongan darah.

Semua informasi tersebut cukup untuk menjadi bekal pencurian identitas. Informasi tersebut berpotensi untuk disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Setelah kamu membagikannya di internet, akan sulit untuk mencegah terjadinya kejahatan.

3. Kamu orang kaya yang doyan pamer uang, kartu kredit, hingga slip gaji? Stop sekarang juga ya

Awas! 7 Jenis Foto yang Gak Boleh Dibagikan di InternetIlustrasi dolar (Pixabay)

Baca Juga: 7 Smartphone Flagship, Tapi Ramah di Dompet. Mau?

Sebenarnya, jarang orang mau mengunggah ketiga benda ini. Kalaupun ada, biasanya dia tipe orang yang memang suka pamer. 

Bukannya apa-apa, namun membagikan foto ketiga benda ini sama saja dengan mencari masalah. Orang lain akan mengetahui bahwa kamu sedang membawa banyak cash jika kamu membagikan foto uang.

Kemungkinan untuk terjadinya kejahatan pun meningkat. Tidak hanya itu, sebaiknya hindari juga foto atau caption yang mengisyaratkan informasi keuanganmu. Di antaranya nama bank, nomor kartu kredit, slip gaji, dan lain-lain. 

Masih yakin mau mengunggah foto ketiga benda ini? Jangan ya, sekaya apapun kamu...

Baca Juga: 7 Prediksi Ahli tentang Media Sosial di 2019, Akankah Benar Terjadi?

4. Wajah anak di bawah umur

Awas! 7 Jenis Foto yang Gak Boleh Dibagikan di Internetunsplash/@yasya

Duh, siapa sih yang gak gemes melihat tingkah lucu dan wajah imut anak-anak? Tapi, membagikan gambar anak-anak yang di bawah umur ke internet, ternyata bukan tindakan yang bijak, guys. 

Kamu harus memikirkannya lagi dan lagi dan lagi. Apalagi jika mereka bukanlah anakmu atau saudaramu sendiri. 

Walaupun anak kecil belum mengerti, tetapi hal ini bisa melanggar privasi mereka. Tidak hanya itu, tindakan tersebut juga bisa menempatkan mereka dalam bahaya. Mulai dari risiko bullying, penculikan, hingga "pemangsa" anak-anak alias paedofil. Hiii.... ngeri deh. 

5. Dokumen yang mengandung rahasia perusahaan

Awas! 7 Jenis Foto yang Gak Boleh Dibagikan di Internettechhive.com

Sebelum kamu bekerja di sebuah perusahaan, ada praktik umum yang harus kamu penuhi, yakni menjaga rahasia perusahaan. Kalau melanggar, serentetan sanksi sudah disiapkan, termasuk pemecatan.

Ya, menjaga rahasia perusahaan--termasuk dokumen-dokumen penting--sudah menjadi kewajiban karyawan.  

Apa sebabnya? Pertama, informasi tersebut bukan milikmu jadi bukan hakmu untuk membagikannya. Kedua, ini bisa menjadi kesempatan bagi kompetitor untuk menyerang perusahaanmu.

6. Pekerjaan yang belum dipublikasikan

Awas! 7 Jenis Foto yang Gak Boleh Dibagikan di Internetpixabay.com/rawpixel

Kamu mungkin bangga akan pekerjaan yang baru saja kamu selesaikan. Misalnya tulisan, puisi, cerpen, atau mungkin baru sekadar ide kasar. Namun sebaiknya jangan membagikannya ke media sosial sebelum kamu mempublikasikannya secara resmi ke blog atau platform lainnya.

Ini karena orang lain bisa saja mencuri pekerjaan yang telah susah payah kamu buat tersebut. Kamu juga tidak akan bisa menuntut mereka karena kamu belum mempublikasikannya.

7. Foto yang dijepret orang lain

Awas! 7 Jenis Foto yang Gak Boleh Dibagikan di Internetpexels.com

Membagikan foto hasil karya orang lain adalah bentuk dari pelanggaran copyright atau hak cipta. Apalagi jika hal ini dilakukan tanpa izin dari pemilik dan tanpa memberikan kredit dengan baik. Selanjutnya, kamu akan dimintai tanggung jawab atas pelanggaran tersebut. Bisa berupa ganti rugi uang, gugatan, dan lain-lain. 

Nah, kamu sudah menjadi netizen yang cerdas sekarang setelah membaca artikel di atas. Bijaklah dalam menggunakan tombol "share"!

Baca Juga: Waspada Ya! Begini Cara Hacker Mencuri Identitasmu Lewat Media Sosial

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You