Comscore Tracker

Tambah Canggih, 7 Tren Terbaru Smartphone di 2021

Mungkinkah akan semakin banyak kamera di HP?

Sepanjang tahun 2020, berlaku tren smartphone dengan lebih satu kamera. Beberapa produk teranyar hadir dengan fitur itu, mulai dari  iPhone 12, Samsung Galaxy series, OPPO Reno4, hingga semua HP keluaran Xiaomi. Cukup sulit menemukan HP baru yang cuma punya satu kamera.

Lalu, kira-kira bagaimana tren yang bakal berlaku pada HP baru keluaran 2021? Apakah kamera smartphone semakin bertambah, atau adakah inovasi lain yang bisa kita ekspektasikan?

Dilansir berbagai sumber, simak prediksinya berikut ini, yuk!

1. Kamera depan yang berada di dalam layar

Tambah Canggih, 7 Tren Terbaru Smartphone di 2021vox.com

Beberapa tahun terakhir, produsen smartphone memaksimalkan screen-to-body ratio. Ada yang memperkecil bezel, menyembunyikan kamera depan secara pop-up, atau menggunakan notch

Dikutip dari Phone's Wiki, kemungkinan pada tahun 2021, ada brand yang memulai tren kamera tersembunyi di dalam layar. Dengan begitu, tak ada lagi bezel dan notch tebal yang mengganggu tampilan. Sejumlah brand konon tengah berupaya mewujudkannya, seperti OPPO, Vivo, dan Xiaomi. 

2. Bodi smartphone yang lebih ringan

Tambah Canggih, 7 Tren Terbaru Smartphone di 2021samsung.com

Saat ini pasar smartphone didominasi produk dengan layar berukuran 6 inci ke atas. Ukuran itu disukai konsumen, sebab pengalaman gaming, streaming film, fotografi, dan videografi jadi lebih maksimal. 

Yang jadi kekurangan smartphone berlayar besar adalah bobotnya yang semakin berat. Konsumen jadi lebih mudah lelah saat memakainya. Kabarnya, berbagai brand akan berusaha menyelesaikan masalah ini dengan membuat smartphone berlayar lebar namun dengan bobot yang lebih ringan dan ramping. 

3. Mendukung fast-charging

Tambah Canggih, 7 Tren Terbaru Smartphone di 2021wccftech.com

Orang-orang berharap pengisian daya baterai HP semakin praktis dan tidak merepotkan, serta tidak perlu lagi menunggu lama. Sebenarnya mayoritas smartphone keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur fast-charging dan charger dengan kekuatan yang lebih besar dari sebelumnya. Sebagian di antaranya bahkan mampu charge baterai hingga penuh hanya dalam waktu 30 menit. 

Baca Juga: Brand HP Tertua, 11 Keunggulan Samsung dibanding Lainnya

4. Mulai beralih ke wireless charging

Tambah Canggih, 7 Tren Terbaru Smartphone di 2021mobilefun.co.uk

Teknologi semakin beralih ke perangkat tanpa kabel. Dimulai dari earphone sejak setahun belakangan, diperkirakan pada tahun 2021, akan semakin banyak perusahaan yang mendorong pemakaian wireless charging

Hal ini sudah diterapkan oleh Apple. Saat merilis iPhone 12 pada September lalu, mereka sudah tidak melengkapinya dengan kepala charger. Sebagai ganti, mereka mempromosikan MagSafe yang merupakan wireless charger terbarunya.

5. Smartphone dengan layar hampir tanpa bezel

Tambah Canggih, 7 Tren Terbaru Smartphone di 2021vox.com

Seperti disebutkan sebelumya, semua brand berlomba-lomba memaksimalkan screen-to-body ratio perangkat yang dibuatnya. Itulah kenapa smartphone yang dirilis pada tahun 2021 kemungkinan besar memiliki bezel yang semakin tipis hingga hampir tak terlihat. 

Ini adalah sebuah tantangan besar bagi seluruh perusahaan smartphone. Sebab meniadakan bezel bukanlah hal yang mudah karena ada banyak komponen yang dilindungi oleh area "pinggiran hitam" tersebut, termasuk kamera depan. 

6. Multi-camera dengan AI yang inovatif

Tambah Canggih, 7 Tren Terbaru Smartphone di 2021gizbot.com

Hampir sama seperti tren di tahun ini, smartphone keluaran 2021 pasti masih menganut sistem multi-camera. Sebab inovasi ini dianggap memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk memilih lensa kamera.

Tak hanya sampai di situ, kamera juga harus dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) yang mumpuni. Mulai dari Night Mode, Portrait Mode, facial recognition, dan lain sebagainya. Dengan begitu, aktivitas pengguna akan semakin terbantu. 

7. Tahan jatuh dan guncangan

Tambah Canggih, 7 Tren Terbaru Smartphone di 2021cnet.com

Pada tahun 2021, kemungkinan bodi ringan dan ramping bukan satu-satunya nilai jual utama. Smartphone juga dituntut punya kemampuan tahan jatuh dan guncangan (drop resistant). 

Itulah kenapa mayoritas smartphone keluaran 2021 diperkirakan memakai Gorilla Glass sebagai pelapis bodinya. Dengan begitu, perangkat tidak akan pecah ataupun rusak walaupun jatuh dari ketinggian hingga 2 meter. 

Seperti itulah prediksi tren smartphone pada tahun depan. Tentunya semakin inovatif, canggih, dan futuristik. Bikin gak sabar menyambut 2021, ya!

Baca Juga: 10 HP Paling Laris Tahun 2020, Didominasi iPhone dan Xiaomi

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya