Comscore Tracker

Ternyata Ini 7 Biang Kerok yang Bikin Smartphone Kamu Sering Panas

Sudah tahu kan, cegah deh biar gak menyesal~

Sulsel, IDN Times - Kamu pasti pernah merasa kesal, ketika menelepon atau bermain game, smartphone yang kamu pegang makin panas. Satu hal yang perlu kamu tahu, smartphone  memang beda dengan komputer karena tidak punya pendingin built in.

Sebetulnya, overheating pada gadget wajar saja. Tapi bikin kesal kan, karena setelah ponsel panas, biasanya diikuti dengan kinerja yang yang melambat.

Meski merupakan fenomena normal, waspadai ketika panas di ponsel kamu terus meningkat. Lebih baik matikan lebih dahulu. 

Selain itu, kamu juga bisa mencegah panas  pada smartphone dengan mengetahui sejumlah penyebabnya. Simak nih

1. Terlalu banyak multitasking

Ternyata Ini 7 Biang Kerok yang Bikin Smartphone Kamu Sering Panasunsplash/ @christianw

Kamu pasti pernah membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu. Apalagi untuk pengguna Android yang sudah bisa menerapkan split screen. Karena keasyikan, kamu kerap tidak sadar sudah membuka banyak aplikasi secara bersamaan. 

Multitasking di smartphone akan membuat banyak aplikasi yang dibiarkan terbuka. Tentunya ini akan membuatnya bekerja dengan ekstra sehingga suhu yang dihasilkan smartphone semakin tinggi.

Nah, ada baiknya kamu rajin menutup aplikasi yang sudah tidak kamu butuhkan lagi. Dengan demikian, ponselmu bisa lebih "santai."

2. Gaming dalam waktu yang sangat lama

Ternyata Ini 7 Biang Kerok yang Bikin Smartphone Kamu Sering Panastechradar.com

Saat sedang asyik bermain game, orang bisa sampai lupa waktu. Apalagi kalau sedang main bareng. Rasanya kalau belum menyelesaikan satu level, belum puas. Setelah bermain game, bisa dipastikan smartphone kamu akan jadi panas.

Ini karena game ternyata banyak menggunakan RAM dan inti pemrosesan smartphone. Ditambah lagi, di dalamnya banyak grafis yang harus diproses.

3. Pengaturan smartphone kamu kurang optimal

Ternyata Ini 7 Biang Kerok yang Bikin Smartphone Kamu Sering Panasafd-techtalk.com

Pengaturan smartphone juga bisa mempengaruhi seberapa banyak energi yang digunakan. Misalnya brightness yang terlalu tinggi, menggunakan animated wallpaper, hingga terlalu banyak widgets yang kamu pasang.

Baca Juga: 7 Trik Rahasia Nge-charge Smartphone Biar Lebih Cepat dari Biasanya

4. Terlalu banyak terpapar sinar matahari atau udara panas

Ternyata Ini 7 Biang Kerok yang Bikin Smartphone Kamu Sering Panasandroidcentral.com

Tidak hanya faktor dari dalam, faktor luar juga bisa mempengaruhi overheating. Contohnya, saat kamu meninggalkan smartphone di dalam mobil yang mati dan terpapar sinar matahari.

Setelahnya smartphone kamu akan menjadi sangat panas seakan mau meledak. Ini karena komponennya banyak terbuat dari logam yang menyerap panas.

5. Menggunakan smartphone saat di-charge

Ternyata Ini 7 Biang Kerok yang Bikin Smartphone Kamu Sering Panasfeedytv.com

Ini kesalahan yang sering banget dilakukan pengguna smartphone. Seolah hidupnya tidak bisa lancar jika tidak berselancar di ponsel, pengguna kerap memakai smartphone ketika daya baterai sedang diisi. Sebaiknya, jangan lakukan itu.

Tenang saja, baterai tidak akan rusak kok kalau kamu pakai ketika ponsel sedang di-charge. Tapi ini akan membuat smartphone semakin panas. Selain itu, proses pengisian akan memakan waktu yang lebih lama.

6. Setelah upgrade OS

Ternyata Ini 7 Biang Kerok yang Bikin Smartphone Kamu Sering PanasPexels/freestock.org

Kinerja background processing smartphone akan meningkat setelah kamu upgrade OS. Ini karena OS baru menambahkan fitur-fitur yang bisa membuat smartphone bekerja lebih keras.

Namun ini menjadi tidak wajar ketika panas tidak kunjung menurun dalam beberapa minggu. Jika ini terjadi, kamu harus segera membawanya ke service centre.

7. Smartphone diserang virus atau malware

Ternyata Ini 7 Biang Kerok yang Bikin Smartphone Kamu Sering Panaskomando.com

Virus dan malware bisa berasal dari aplikasi, iklan, dan berbagai file yang diunduh dari internet. Mereka akan menggunakan bermacam software lain untuk menyebarkan diri. Kinerja smartphone kamu pun akan melambat, lagging, dan tentunya overheating.

Tenang, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi hal ini. Kamu bisa install aplikasi cooling down untuk mendeteksi dan “menurunkan panas” smartphone kamu. Selain itu, coba hindari menggunakan smartphone terlalu lama tanpa jeda waktu.

Baca Juga: 6 Aturan Ngecharge Smartphone yang Sering Dipercaya Padahal Cuma Mitos

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You