Comscore Tracker

Mitos-mitos Seputar Dark Web, Begini Faktanya

Jangan salah, dark web dan deep web itu beda

Sulsel, IDN Times - Apakah kamu termasuk yang penasaran dengan dark web? Dari namanya saja terkesan seram ya.

Tahukah kamu, dark web atau darknet tidak bisa diakses sembarang orang. Perlu software tertentu yang bisa membuatmu anonim dan tidak dapat dilacak saat mengakses bagian dunia maya ini.

Namun, kamu juga perlu tahu bahwa dark web dan deep web beda loh. Dark web terletak lebih dalam dari deep web sehingga biasanya berkaitan dengan aktivitas kriminal dan pasar ilegal. 

Namun, banyak mitos yang beredar mengenai dark web. Apa saja sih yang ada di sana?

1. Hanya orang jahat yang menggunakan dark web

Mitos-mitos Seputar Dark Web, Begini Faktanyaforensicmag.com

Ini mitos pertama. Orang tidak hanya menggunakan dark web untuk mencari barang-barang jahat dan konten yang mengganggu kok.

Tak menutup kemungkinan memang ada kriminal yang berkeliaran di sana, tetapi ada pula orang-orang dari pemerintahan, jurnalis, advokat, hingga pegawai perusahaan internet seperti Facebook, DuckDuckGo, dan ProPublica. 

Namun perlu diketahui bahwa dark web memang banyak disalahgunakan. Studi menunjukkan bahwa 80 persen penggunaannya terkait dengan pedofilia. Ada pula orang yang menggunakannya untuk berjualan barang ilegal, konten pembunuhan, dan lain-lain.

2. Semua kejahatan siber terjadi dari dark web

Mitos-mitos Seputar Dark Web, Begini Faktanyaakamaized.net

Ini mitos kedua. Nyatanya hampir semua kejahatan siber terjadi di web yang biasa kita pakai atau clearnet. Memang dark web banyak digunakan penjahat siber untuk mengumpulkan dan bertukar informasi. Sebab di sana terdapat forum underground hacking, marketplace ilegal, dan layanan lainnya. Namun bukan berarti semua kejahatan internet terjadi di dark web.

3. Dark web itu tersembunyi, rahasia, dan jauh dari keramaian internet

Mitos-mitos Seputar Dark Web, Begini Faktanyabestonlinereviews.com

Banyak yang menganggap bahwa dark web itu tersembunyi, rahasia, dan jauh dari keramaian internet. Namun sebenarnya siapa saja bisa mengakses dark web menggunakan Tor Browser yang gratis.

Browser tersebut dimodifikasi oleh Firefox sehingga mendapatkan extension untuk privasi dan keamanan. 

Baca Juga: 7 Hal Mengerikan yang Bisa Ditemukan dengan Mudah di Deep Web, Seram!

4. Mengakses dark web selalu ilegal

Mitos-mitos Seputar Dark Web, Begini Faktanyathesslstore.com

Dark web sendiri bukanlah hal yang ilegal. Akan tetapi mereka menggunakan enkripsi (sandi) yang kuat untuk menjaga agar situs, layanan, dan penggunanya tetap aman. Di beberapa negara, penggunaan enkripsi yang terlalu kuat itu dilarang. Contohnya adalah di China. Mereka melarang penggunaan Tor Browser dan VPN.

Lain halnya dengan di Amerika Serikat. Mengakses dark web sama legalnya dengan mengakses clearnet. Namun apa yang dilakukan di dalamnya bisa jadi ilegal. Misalnya membeli obat terlarang.

5. Privasimu aman saat berselancar di dark web karena anonim

Mitos-mitos Seputar Dark Web, Begini Faktanyanyt.com

Dark web memang menggunakan enkripsi dan extension yang bisa meningkatkan privasi dan keamanan pengaksesnya. Namun bukan berarti kamu akan terproteksi sepenuhnya.

Ingat bahwa di sana banyak hacker yang berkeliaran, meski kamu menggunakan identitas anonim. Mereka dapat dengan mudah mengetahui siapa saja yang mengunjungi situs-situs tertentu.

Selain itu perlu diketahui bahwa kamu masih bisa mengakses clearnet melalui Tor Browser. Enkripsi tidak akan terbaca saat kamu berada di web biasa. Oleh karena itu, jejakmu masih akan terdeteksi.

6. Ia adalah bagian dari internet yang sangat kecil

Mitos-mitos Seputar Dark Web, Begini Faktanyamakeuseof.com

Pernyataan tersebut salah. Dark web adalah bagian kecil dari internet. Hanya ada sekitar 7 ribu hingga 30 ribu situs yang ada di sana.

Ini sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah situs di web biasa yang mencapai lebih dari satu miliar. Bagian besar dari internet adalah deep web. Sebab ia terdiri dari web yang tidak dapat diakses secara publik. 

7. Sebenarnya apa kegunaan dari dark web?

Mitos-mitos Seputar Dark Web, Begini Faktanyaoxu.az

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tidak semua situs yang ada di dalam dark web itu buruk atau jahat. Di sana intel bisa melacak penjahat-penjahat internet, masyarakat China bisa mendiskusikan apa pun tanpa “proteksi” dari The Great Firewall, dan lain-lain.

Memang tidak salah jika orang mengatakan bahwa pada umumnya dark web digunakan untuk keperluan kriminal. Akan tetapi realitasnya terlalu dilebihkan. 

Dilansir dari Wired, sebenarnya dark web muncul sebagai janji dari World Wide Web. Mereka ingin memastikan bahwa setiap orang bisa melakukan apa pun, berdiskusi tentang apa saja, tanpa takut terkena sensor. Karena semakin banyak negara yang melakukan sensor internet, dark web semakin berkembang dan diminati warganya.

Bagaimana pandanganmu mengenai hal ini? Apakah kamu setuju kalau dark web dianggap sebagai bagian terburuk yang ada di internet? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya!

Baca Juga: Deep Web, Mengenal Lebih Jauh Sisi Lain Dunia Internet

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You