Comscore Tracker

10 Keunggulan HP Android yang Tidak Dimiliki oleh iPhone

Bisa jadi pertimbangan kamu saat galau

Sulsel, IDN Times - Saat hendak membeli ponsel baru, orang biasanya galau. Apakah hendak membeli smartphone biasa yang berbasis Android, atau iPhone. 

Salah satu alasan mengapa orang cenderung memilih smartphone Android adalah harga iPhone yang relatif lebih mahal. Tapi, ada beberapa alasan lain, mengapa orang lebih memilih Android.

Google mengatakan terdapat 2,5 miliar pengguna hingga tahun 2019. Sedangkan jumlah pengguna iPhone hanya mencapai 700 juta, menurut data dari Fortune.com.

Selain dari segi kuantitas, sebenarnya ada keunggulan lain dari perangkat Android yang tidak dapat dilakukan oleh iPhone. Penasaran?

1. Salah satu alasan terkuat pengguna membeli HP Android adalah mereka bisa memasang aplikasi dari luar Google Play Store

10 Keunggulan HP Android yang Tidak Dimiliki oleh iPhonemobileapplications.online

Ya, harus diakui, Android memiliki sistemnya yang lebih fleksibel untuk dimodifikasi. Salah satunya adalah melalui kemampuannya untuk dipasangi aplikasi dari luar Play Store. Sedangkan jika menggunakan iPhone, kamu tidak akan bisa melakukannya.

2. Android menawarkan pilihan aplikasi yang luas dan beragam di Play Store

10 Keunggulan HP Android yang Tidak Dimiliki oleh iPhonegstatic.com

Apple terkenal lebih ketat dalam menyeleksi aplikasi. Dilansir dari Statista, jumlah aplikasi di App Store mencapai 1,96 juta. Sedangkan di Play Store jumlahnya hampir dua kali lipat, yaitu 3,5 juta.

Ini membuat Android menempati peringkat pertama dalam metrik tersebut.

3. Kamu bisa melakukan multitasking dengan mudah di Android

10 Keunggulan HP Android yang Tidak Dimiliki oleh iPhone9to5google.com

Untuk kamu yang super sibuk, kamu pasti menginginkan fitur multitasking. Dengannya, beberapa aktivitas pun bisa dilakukan. Misalnya mengetikkan catatan sambil browsing. Sistem operasi yang cocok untuk melakukannya adalah Android.

4. Kamu bisa mengekspansi storage space di Android

10 Keunggulan HP Android yang Tidak Dimiliki oleh iPhoneimgur.com

Ini menjadi alasan kuat selanjutnya mengapa orang berbondong-bondong memeli HP Android. Kamu bisa menambahkan micro SD sebagai space tambahan di perangkat keluaran Google tersebut.

Sedangkan di iPhone, jika kamu kehabisan memori, tidak ada pilihan lain selain menghapus semua file di dalamnya. Ini merupakan kelemahan dari iPhone. 

5. Kamu bisa memodifikasi aplikasi default sehingga lebih sesuai dengan preferensimu

10 Keunggulan HP Android yang Tidak Dimiliki oleh iPhonecbsistatic.com

Kamu tidak menyukai browser bawaan dari handphone-mu? Gampang, tinggal ganti saja sistem default-nya dengan browser lain yang kamu suka. Penggantian aplikasi ini mudah dilakukan di Android. Sedangkan pada iPhone, kamu hanya bisa menggunakan aplikasi built-in untuk melakukan beberapa aktivitas.

Baca Juga: Harga Gak Bohong, 10 Kelebihan iPhone Dibanding HP Android

6. Kamu dapat menggunakan headphone favoritmu di perangkat Android

10 Keunggulan HP Android yang Tidak Dimiliki oleh iPhonemashable.com

Terdengar simpel memang, tapi sejumlah orang lebih memilih Android karena mereka bisa menggunakan berbagai macam headphone dengannya. Berbeda dengan iPhone yang hanya mendukung perangkat bawaan dari Apple. 

7. Opsi untuk personalisasi tampilan lebih beragam

10 Keunggulan HP Android yang Tidak Dimiliki oleh iPhonepopsci.com

Masih membicarakan fleksibilitas, Android mengizinkan penggunanya untuk memodifikasi tampilan dengan lebih leluasa. Kamu dapat mengganti wallpaper, lock screen, font, tema, dan lain-lain.

8. Kamu bisa mengaktifkan guest mode untuk memproteksi perangkat

10 Keunggulan HP Android yang Tidak Dimiliki oleh iPhonefactschronicle.com

Jika kamu tidak ingin ada orang lain yang mengotak-atik handphone-mu, kamu bisa mengaktifkan fitur guest mode. Dengannya kamu bisa mengatur aplikasi apa saja yang bisa dilihat orang lain dan mana yang tidak. 

9. Kamu dapat memodifikasi pengaturan keamanan di Android

10 Keunggulan HP Android yang Tidak Dimiliki oleh iPhonefossbytes.com

Sebenarnya baik iPhone maupun Android memiliki pengaturan keamanannya sendiri. Namun kamu bisa mengaturnya dengan lebih leluasa di Android. Misalnya memilih antara PIN atau pola untuk lock screen, dan lainnya.

10. Android bekerja lebih cepat untuk memperbaiki masalah-masalahnya

10 Keunggulan HP Android yang Tidak Dimiliki oleh iPhonep3-ds.com

Android berkomitmen untuk selalu mengatasi bug secepat mungkin. Ini diwujudkan dengan rilisnya sistem operasi versi baru dengan cepat. Baru saja Agustus lalu meluncurkan Android Pie, di awal bulan September ini mereka merilis Android 10.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu agar tidak galau lagi. Silakan berbelanja!

Baca Juga: 10 Fitur Terbaru Android 10 yang Membuatnya Ditunggu

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You