Comscore Tracker

Waspada, Hacker Incar 9 Data Pribadi Ini untuk Mencuri Identitasmu

Yakinlah, membagikan data ini di media sosial merugikan kamu

Sulsel, IDN Times - Apakah kamu tipe yang rajin membagikan data pribadi di media sosial? Segera hentikan!

Tahukah kamu, media sosial tidak seaman yang kamu kira loh. Banyak risiko yang kamu hadapi ketika data pribadimu masuk media sosial. Salah satunya adalah pencurian identitas. 

Banyak yang masih tidak tahu bahwa sebenarnya mereka sendirilah yang menempatkan dirinya dalam bahaya pencurian identitas. Semakin banyak data diri yang kita bagikan di internet, semakin besar pula risiko tersebut. 

Bahkan sebenarnya para hacker dan scammer profesional hanya membutuhkan sebagian kecil informasimu untuk mencuri identitas. Kira-kira informasi apa saja yang bisa membantu para hacker berbuat kejahatan?  

Baca Juga: Waspada! Begini 7 Cara Hacker Curi Identitas Kamu Lewat Media Sosial

1. Nomor akun finansial

Waspada, Hacker Incar 9 Data Pribadi Ini untuk Mencuri Identitasmumedium.com

Data jenis ini meliputi nomor rekening, kartu debit, kredit, dan lainnya. Berbekal informasi tersebut ditambah dengan prediksi PIN, mereka akan memiliki kendali sepenuhnya terhadap uangmu. Untungnya informasi ini jarang dibagikan kecuali untuk kepentingan tertentu. 

Lalu bagaimana jika kita adalah pemilik online shop yang selalu bertransaksi dengan nomor rekening? Sebaiknya buatlah akun cadangan untuk memindahkan uang ke dalamnya secara rutin. Jangan biarkan akun transaksi dipenuhi oleh uang.

2. Nomor induk kependudukan

Waspada, Hacker Incar 9 Data Pribadi Ini untuk Mencuri Identitasmubca.co.id

Di Indonesia, setiap warga memiliki NIK atau Nomor Induk Kependudukan. Ada banyak kegunaan dari nomor ini. Kamu membutuhkannya saat membuka akun bank, melamar pekerjaan, membayar pajak, dan bahkan untuk registrasi nomor telepon. Karena fungsinya yang beragam, hacker mengincar informasi ini. 

Saat mendapatkannya, oknum tidak bertanggung jawab akan mendapatkan informasi-informasi penting lainnya. Seperti di mana kamu tinggal, nomor wajib pajak, data diri lengkapmu, dan lain-lain.

3. Tempat dan tanggal lahir

Waspada, Hacker Incar 9 Data Pribadi Ini untuk Mencuri Identitasmuthecybersafetylady.com.au

Mungkin kamu mengira, data ini aman dan tidak apa-apa dibagikan di media sosial. Tahukah kamu, informasi tempat dan tanggal lahir bisa digunakan untuk mencuri identitas. Sebenarnya apa yang bisa dilakukan hacker dengannya?

Biasanya ketika kamu ingin mereset kata sandi di email, media sosial, dan lainnya, informasi inilah yang akan ditanyakan. Ketika hacker bisa menjawabnya, mereka akan mengambil alih akunmu dengan mudah. 

4. PIN akun bank

Waspada, Hacker Incar 9 Data Pribadi Ini untuk Mencuri Identitasmuwired.com

PIN atau personal identification number seharusnya dibuat dengan sungguh-sungguh karena itu adalah gerbang utama untuk mengakses uang kita. Namun terkadang orang hanya menggunakan angka yang sederhana, seperti tanggal lahir.

Percaya atau tidak, hacker akan mencoba kombinasi tersebut terlebih dahulu. Maka dari itu, segera ganti dengan nomor yang sulit tertebak.

Baca Juga: 10 Serangan Hacker Paling Kocak yang Pernah Terjadi, Kamu Pernah Tahu?

5. Nomor telepon

Waspada, Hacker Incar 9 Data Pribadi Ini untuk Mencuri Identitasmuwired.com

Ketika mendapatkan informasi nomor telepon, hacker dapat dengan mudah menghubungimu. Mereka akan meneleponmu mengaku dari kepolisian atau lembaga tertentu untuk mendapatkan informasi lebih banyak. Nomor telepon juga berguna untuk promosi-promosi bodong lho. Kamu pasti sering mendapatkannya kan?

6. Alamat email

Waspada, Hacker Incar 9 Data Pribadi Ini untuk Mencuri Identitasmuhuffingtonpost.com

Email berfungsi untuk mendaftar banyak akun di internet. Mulai dari media sosial, e-wallet, akun e-commerce, dan situs-situs lainnya. Berbekal informasi yang benar, hacker bisa mengakses akunmu dan mengatur ulang kata sandimu. Oleh karena itu, jangan sembarangan membagikan email-mu ya.

7. SIM dan nomor paspor

Waspada, Hacker Incar 9 Data Pribadi Ini untuk Mencuri Identitasmuuspsblog.com

SIM dan nomor paspor bisa membantu para penjahat internet untuk mendapatkan informasi lengkap tentangmu. Jelas saja, karena keduanya berisi nama lengkap, tanggal dan tempat lahir, kebangsaan, serta alamatmu. 

Tidak hanya itu, ketika ada orang tak bertanggung jawab mendapatkan SIM atau paspormu, mereka bisa menggantinya dengan foto orang lain. Kemudian menggunakan identitas tersebut untuk melakukan kejahatan. Nantinya kamu yang akan dimintai pertanggungjawaban. Sedangkan paspor bisa digunakan untuk kejahatan yang bertaraf internasional.

8. Identitas orang-orang di sekitarmu

Waspada, Hacker Incar 9 Data Pribadi Ini untuk Mencuri Identitasmuhuffingtonpost.com

Untuk apa hacker dan pencuri identitas menginginkan hal ini? Ternyata untuk melakukan phishing atau menyamar, mereka membutuhkan informasi siapa saja orang-orang yang ada di sekitarmu. Ketika mengaku sebagai teman atau kerabatmu, kamu akan memberikan apa yang diminta dengan lebih mudah. Ya seperti yang terjadi pada telepon bodong.

9. Nama lengkapmu

Waspada, Hacker Incar 9 Data Pribadi Ini untuk Mencuri Identitasmutedideas.com

Bisakah kamu menghitung seberapa banyak orang yang mengetahui nama lengkapmu? Tentu tidak kan? Informasi ini beredar dengan bebas di internet dan siapa yang sangka bahwa ia berguna bagi hacker.

Hanya berbekal informasi tersebut, mereka bisa membuka akun media sosial yang mengatasnamakanmu. Oknum tak bertanggung jawab tersebut akan mengaku sebagai dirimu dan mengelabui orang di sekitarmu.

Baca Juga: 7 Cara Hacker Mencuri Identitas Lewat Media Sosial, Lebih Waspada ya! 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You