Comscore Tracker

Jadi Alternatif, Ini 10 Fitur Telegram yang Tak Ada di WhatsApp

Kamu bisa menemukan banyak fitur yang menarik dan berbeda

WhatsApp jadi aplikasi chatting terpopuler, setidaknya dalam sepuluh tahun terakhir. Tapi akhir-akhir ini WA disoroti karena kebijakan barunya yang kontroversial.

Banyak orang yang keberatan karena akan menerapkan kebijakan privasi, yang mengharuskan pengguna membagikan datanya ke Facebook per Februari 2021. Kebijakan itu dianggap membahayakan atau menyalahgunakan privasi pengguna.

Kabarnya, semakin banyak orang yang meninggalkan WhatsApp dan pindah ke aplikasi alternatif, seperti Telegram. Aplikasi yang disebutkan terakhir ini punya sejumlah fitur yang tidak bisa kamu jumpai di WhatsApp.

Lebih unggul dan layak dicoba, berikut ini sejumlah fitur unggulan Telegram.

1. Ruang penyimpanan yang tidak terbatas

Jadi Alternatif, Ini 10 Fitur Telegram yang Tak Ada di WhatsAppdroidviews.com

Saat ini penyimpanan berbasis awan atau cloud storage semakin dibutuhkan. Alasannya, berkas yang disimpan cenderung lebih aman dan tidak mudah hilang. Selain itu tak memenuhi perangkat serta mudah diakses.

Kamu bisa memanfaatkan cloud storage pada Telegram. Aplikasi ini menyediakan ruang penyimpanan tak terbatas, yang berarti kamu bisa menyimpan pesan, gambar, dan berbagai file lain di dalamnya secara gratis. Kamu belum tentu menemukan keunggulan ini pada aplikasi chatting lainnya. 

2. Kirim media tanpa takut kualitas menurun

Jadi Alternatif, Ini 10 Fitur Telegram yang Tak Ada di WhatsApppcmag.com

Kamu pasti merasakan foto dan video yang kamu kirim melalui WhatsApp kualitasnya menurun. Aplikasi itu memang melakukan kompresi atau memangkas ukuran file agar lebih mudah dikirimkan. Makanya, foto dan video sering kali terlihat menjadi blur.

Kamu tidak akan menemui masalah serupa di Telegram. Aplikasi itu memberikan pilihan bagi pengguna setiap kali mengirimkan media, apakah ingin melakukan kompresi atau mengirimkan file dengan ukuran asli. Dengan begitu, kamu tak perlu takut foto dan video menjadi blur

3. Dapat menambahkan teman dengan username

Jadi Alternatif, Ini 10 Fitur Telegram yang Tak Ada di WhatsAppwikihow.com

Jika ingin menghubungi teman menggunakan WhatsApp, kamu harus menyimpan nomor teleponnya terlebih dahulu. Namun di Telegram, kamu bisa menambahkan kontak orang lain menggunakan username

Menurut developer aplikasi tersebut, fitur ini ada untuk mengurangi penyalahgunaan nomor telepon. Dengan begitu, privasi pengguna bisa lebih terjaga. 

4. Kamu bisa edit pesan

Jadi Alternatif, Ini 10 Fitur Telegram yang Tak Ada di WhatsAppwinaero.com

Semua orang pasti pernah melakukan typo atau kesalahan dalam mengetik. Melihat permasalahan ini, Telegram menambahkan fitur edit pesan. Pengguna bisa mengatasi kesalahan ketik dengan tombol "Edit". 

Penerima pesan akan mendapatkan informasi bahwa kamu telah mengganti pesan tersebut. Namun mereka tidak akan tahu pesan asli yang kamu kirimkan. 

5. Pesan rahasia

Jadi Alternatif, Ini 10 Fitur Telegram yang Tak Ada di WhatsApptelegram.org

Telegram juga memiliki fitur bernama "Secret Chat" atau pesan rahasia. Fitur ini tidak ada di WhatsApp dan aplikasi chatting lainnya. Kamu bisa menggunakannya untuk mengirimkan pesan yang bersifat konfidensial.

Secret Chat menggunakan enkripsi end-to-end. Artinya, tidak ada pihak lain yang mengetahui pesanmu kecuali orang-orang yang ada di dalam ruang chat tersebut. Pihak Telegram bahkan tidak bisa mengetahuinya. 

Bukan hanya itu, Secret Chat memiliki sifat self-destruct atau bisa menghapus dirinya sendiri dalam periode waktu yang kamu tentukan. Pengirim dan penerima pesan juga tak bisa meneruskannya atau forward ke orang lain. 

Baca Juga: WhatsApp Gak Bisa Download Foto dan Video? Ini Cara Perbaikinya!

6. Grup dalam ukuran yang lebih besar

Jadi Alternatif, Ini 10 Fitur Telegram yang Tak Ada di WhatsAppfreepik.com/rawpixel.com

Banyak orang yang tergabung dalam grup WhatsApp terbatas sampai 256 kontak saja. Ini termasuk jumlah yang besar dan cukup untuk digunakan dalam keperluan pribadi maupun profesional. 

Namun di Telegram, terdapat sebuah fitur bernama "supergroup" yang dapat menampung hingga 5 ribu member. Fitur-fitur di dalamnya pun lebih lengkap daripada grup biasa. Kamu bisa menggunakan hashtag, pin pesan tertentu, dan lain sebagainya.

7. Sembunyikan "Last Seen" dari orang tertentu

Jadi Alternatif, Ini 10 Fitur Telegram yang Tak Ada di WhatsAppmobigyaan.com

Salah satu fitur yang sering menjadi perhatian di WhatsApp adalah "Last Seen" dan tanda centang biru. Pengguna sering kali mematikan fitur ini agar orang lain tak bisa mengetahui aktivitasnya di aplikasi tersebut. 

Fitur "Last Seen" juga bisa dijumpai di Telegram. Yang membedakan adalah kamu bisa mengatur siapa saja orang yang bisa melihat dan tidak melihatnya. Jadi, setelan ini bisa disesuaikan dengan preferensimu. 

8. Dapat log in dari banyak perangkat

Jadi Alternatif, Ini 10 Fitur Telegram yang Tak Ada di WhatsApptribune.com

WhatsApp secara garis besar hanya bisa digunakan di dua perangkat, satu smartphone dan satu desktop. Kamu tak bisa log in ke dua smartphone sekaligus untuk menghindari peretasan. 

Berbeda dengan Telegram, kamu bisa log in ke akunmu di lebih dari satu perangkat secara bersamaan. Ini akan memudahkan orang-orang yang menggunakan beberapa smartphone

9. Bisa mengirim file besar

Jadi Alternatif, Ini 10 Fitur Telegram yang Tak Ada di WhatsApptelegram.org

WhatsApp membatasi ukuran file yang kita kirim hingga 16MB saja. Jika melebihi batas tersebut, mereka akan memberi peringatan "File too large to send" atau "File terlalu besar". Alhasil, kamu harus memangkas kualitasnya. 

Jika kamu mencari aplikasi yang bisa transfer file ukuran besar, kamu bisa coba Telegram. Sebab aplikasi ini dapat mengirimkan file hingga 2GB dalam format apa pun. 

10. Kebijakan privasi yang lebih terjaga

Jadi Alternatif, Ini 10 Fitur Telegram yang Tak Ada di WhatsApp9to5mac.com

Lalu bagaimana dengan kebijakan privasi Telegram? Untuk pesan, aplikasi ini memiliki dua protokol standar yang berbeda.  Berikut penjelasannya:

  • Pesan biasa terenkripsi secara client-server. Artinya Telegram bisa mengakses pesan kita. Namun ini baru bisa dilakukan ketika pengguna menyalahgunakan aplikasi tersebut dan ada tuntutan dari pihak berwajib;
  • Pesan dalam Secret Chat tidak bisa diakses siapa pun kecuali orang yang terlibat dalam percakapan. Pihak Telegram tidak memiliki akses untuk membukanya. 

Kemudian, Telegram sejauh ini hanya mengumpulkan tiga macam data dari pengguna, yaitu informasi kontak, ID atau username, dan nomor telepon. Sementara WhatsApp tercatat lebih banyak mengumpulkan data. Di antaranya lokasi, email, kontak di smartphone kita, data pengiklan, hingga perangkat yang kita gunakan. 

Itulah sejumlah fitur Telegram yang tidak bisa kamu dapatkan di WhatsApp. Dari penjelasan di atas, bisa dilihat bahwa aplikasi ini cenderung lebih sederhana dan tidak banyak mengambil data dari pengguna. Namun kembali lagi, kamulah yang bisa menentukan aplikasi chatting mana yang sesuai dengan kebutuhan. Apakah kamu tertarik mencobanya?

Baca Juga: 7 Tren Smartphone 2021, Semakin Canggih dan Futuristik!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya