Comscore Tracker

Cara Menyembunyikan Foto Profilmu di WhatsApp

Orang tertentu tidak bakal melihat kamu gonta-ganti foto

Kamu mungkin pernah merasa terganggu dengan orang asing atau kontak tertentu yang suka menghubungimu lewat WhatsApp. Atau, kamu merasa diintai oleh orang di aplikasi chatting itu.

Jika merasa tak nyaman, ini waktunya kamu mengatur ulang privasimu di WhatsApp. Salah satu yang bisa kamu tempuh adalah menyembunyikan foto profil. Langkah sederhana ini bisa melindungimu dari pencurian identitas, chat dan telepon yang mengganggu, dan bisa membuat orang lain berpikir bahwa mereka salah sambung. 

Simak cara menyembunyikan foto profil WhatsApp secara mudah dari orang-orang tertentu berikut ini. Kamu bisa mengaturnya sehingga cuma orang tertentu yang melihatnya.

1. Pertama, hapus kontak orang-orang yang ingin kamu hindari

Cara Menyembunyikan Foto Profilmu di WhatsAppilustrasi daftar kontak (justinmind.com)

Jika ingin menyembunyikan foto profil dari orang tertentu, tentukan dulu daftarnya. Susun daftar kontak yang ingin kamu hindari.

Setelah itu, kamu sebaiknya hapus mereka dari daftar kontak di smartphone. Langkah ini cukup penting sebelum lanjut ke tahap berikutnya.

2. Cara menyembunyikan foto profil dari orang tertentu di Android

Cara Menyembunyikan Foto Profilmu di WhatsAppilustrasi foto profil WhatsApp (webeenow.com)

Untuk kamu yang pakai smartphone Android, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka WhatsApp, klik ikon titik tiga di bagian kanan atas;
  2. Masuklah ke Settings > Account > Privacy;
  3. Di sana, bukalah opsi Profile Photo;
  4. Kamu akan diberikan tiga pilihan, yaitu Everyone, My Contacts, dan Nobody. Pilihlah My Contacts.

Setelan itu memungkinkan foto profilmu cuma bisa dilihat orang yang kamu simpan sebagai kontak. Itu sebabnya kamu disarankan menghapus kontak lebih dulu.

Baca Juga: Cara Bikin Pesan Hilang Otomatis di WhatsApp, Privasi Terjaga

3. Cara menyembunyikan foto profil dari orang tertentu di iOS

Cara Menyembunyikan Foto Profilmu di WhatsAppmenu Settings di WhatsApp iOS (wikihow.com)

Pengaturan foto profil di Android dan iOS sebenarnya tidak jauh berbeda. Jika kamu pengguna iPhone dan perangkat Apple lainnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka WhatsApp, masuk ke tab Settings;
  2. Klik Account > Privacy;
  3. Bukalah menu Profile Photo;
  4. Seperti di Android, kamu akan diberi tiga pilihan, yaitu Everyone, My Contacts, dan Nobody. Kamu disarankan untuk memilih My Contacts. 

4. Cara menyembunyikan foto profil dari semua orang

Cara Menyembunyikan Foto Profilmu di WhatsAppprofil kosong di WhatsApp (pixabay.com/WandererCreative)

Jika kamu tidak ingin memperlihatkan foto profil kepada semua orang, tentu bisa. Di antara ketiga pilihan yang tersedia di menu Profile Photo, pilihlah opsi "Nobody". 

Dengan menggunakan setelan tersebut, tidak akan ada satu pun orang yang bisa melihat foto profil kamu. Kamu bisa mencobanya ketika tak mau diganggu atau saat kamu ingin tampak offline

5. Cara lain untuk menyembunyikan foto profil di WhatsApp

Cara Menyembunyikan Foto Profilmu di WhatsAppilustrasi blokir kontak WhatsApp (Dok. WhatsApp)

Selain yang disebutkan di atas, ada cara lain yang juga efektif untuk menyembunyikan foto profil. Pertama, dengan tidak menggunakan foto apa pun sehingga orang lain hanya akan melihat gambar kosong khas WhatsApp. 

Cara kedua mungkin terdengar esktrem, yaitu dengan memblokir orang-orang yang membuatmu merasa terganggu. Dengan begitu, mereka tak bisa lagi melihat foto profil walaupun kamu sering menggantinya. 

Menyembunyikan foto profil merupakan salah satu cara melindungi privasi di WhatsApp. Hal ini tidak sulit untuk dilakukan kok. Kamu bisa mencoba langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Semoga berhasil, ya!

Baca Juga: Cara Hilangkan Status 'Typing' saat Chat di WhatsApp

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya