Comscore Tracker

7 Aplikasi Chatting Buatan Lokal Ini Bisa Jadi Alternatif WhatsApp

Fitur-fitur aplikasi buatan Indonesia gak kalah dari WA

Beberapa waktu lalu isu kebijakan privasi WhatsApp menuai kontroversi. Banyak orang yang mulai waswas terhadap penggunaan aplikasi chatting tersebut.

Meski isu itu sudah meredup, orang-orang kini mulai riset dan mencari-cari aplikasi perpesanan instan lain untuk keperluan komunikasi sehari-hari. 

Nah, kalau kamu ingin pindah dari WhatsApp, sejumlah aplikasi chatting buatan lokal berikut ini bisa jadi alternatif. Masing-masing punya fitur yang gak kalah bersaing.

Yuk, simak rekomendasinya berikut ini! 

1. liteBIG

7 Aplikasi Chatting Buatan Lokal Ini Bisa Jadi Alternatif WhatsApplitebig.com

Aplikasi liteBIG merupakan buatan developer asal Jakarta, dengan visi menjadi super app. Mereka bercita-cita menyediakan berbagai jenis layanan dalam satu genggaman.

Saat ini liteBIG mengandalkan platform chatting dengan fitur cukup lengkap. Aplikasi itu memungkinkan kamu mengedit pesan, berkirim file, stiker, bergabung dengan group chat, timeline, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa bertransaksi online melaluinya, lho. Sayangnya untuk saat ini, liteBIG hanya tersedia di Google Play Store saja. 

2. StealthChat

7 Aplikasi Chatting Buatan Lokal Ini Bisa Jadi Alternatif WhatsApptwitter.com/stealth_chat

StealthChat dirancang sebagai aplikasi chatting yang mengedepankan privasi dan keamanan penggunanya. Aplikasi ini terenkripsi, sehingga semua aktivitas dan berbagai jenis pesan yang dikrim pasti aman.

Aplikasi ini juga diklaim antisadap. Penggunanya bisa memenfaatkan berbagai jenis pengunci, salah satunya dengan menebak letak lingkaran yang disembunyikan di dalam sebuah gambar. 

Kamu juga bisa mencoba fitur unggulannya, Burn Message yang bisa menghapus pesan dalam periode waktu tertentu.

StealthChat semakin aman dengan fitur screenshot-proof. Tujuannya adalah menghindari percakapan disebarluaskan melalui tangkapan gambar. Namun untuk saat ini, StealthChat baru tersedia untuk pengguna Android. 

3. Hi App

7 Aplikasi Chatting Buatan Lokal Ini Bisa Jadi Alternatif WhatsAppDok. Hi App

Sama-sama berwarna hijau, Hi App merupakan alternatif WhatsApp lainnya yang punya fitur lengkap. Melaluinya, kamu bisa berkirim pesan dengan teman, grup, berbagi file, dan bahkan tersedia AI penerjemah di dalamnya. 

Diluncurkan pada tahun 2019 oleh PT. Hallo Kreasi Indonesia, Hi App mengatakan bahwa mereka siap untuk menyaingi WhatsApp. Apalagi, Hi App menggunakan enkripsi end-to-end yang menjamin keamanan dan privasi pengguna. Terlebih lagi, Hi App tersedia baik untuk pengguna Android maupun iOS. 

4. Yogrt

7 Aplikasi Chatting Buatan Lokal Ini Bisa Jadi Alternatif WhatsAppyogrt.co

Berikutnya ada Yogrt. Aplikasi buatan developer Yogyakarta ini tak hanya bisa mengakomodasi kebutuhan chatting kamu. Ia juga mampu mencarikan teman baru untukmu, lho. Kamu bisa mendapatkannya di Google Play Store saja untuk saat ini. 

Dengan sistem yang berbasis lokasi pengguna, Yogrt akan memberikan rekomendasi pengguna yang berada di dekatmu. Kalian bisa kenalan dan jadi teman, deh! Di dalam aplikasi ini juga tersedia beberapa game untuk membunuh rasa bosanmu.

Baca Juga: 5 Cara Kirim Chat WhatsApp atau WA Tanpa Perlu Simpan Nomor HP

5. ChatAja

7 Aplikasi Chatting Buatan Lokal Ini Bisa Jadi Alternatif WhatsAppchataja.co.id

Sebelumnya bernama Indonesia Messenger, ChatAja juga ikut meramaikan deretan aplikasi chatting karya anak bangsa. Kini, ChatAja bahkan telah diunduh lebih dari 3.900 kali di Play Store. Namun tenang saja, aplikasi ini juga tersedia di App Store, kok. 

Aplikasi ini memiliki fitur unggulan. Ia tidak disemati dengan iklan, keamanan terjaga karena tak berafiliasi dengan pihak lain, disertai dengan penyimpanan cloud, tak menurunkan kualitas gambar yang dibagikan, serta tersedia pula mini game dan berita di dalamnya. 

6. Catfiz

7 Aplikasi Chatting Buatan Lokal Ini Bisa Jadi Alternatif WhatsAppcatfiz.com

Dibuat oleh developer asal Surabaya, Catfiz juga bisa menjadi pilihan untukmu yang sedang mencari aplikasi chatting. Pencapaian mereka tak main-main, lho. Catfiz kabarnya telah digunakan oleh orang di lebih dari 70 negara. 

  • Ada beberapa fitur unggulan dari Catfiz yang membuatnya layak untuk dicoba, yaitu:
  • Kapasitas group chat bisa mencapai 1999 orang;
  • Tersedia layanan broadcast message;
  • Bisa mengirim file berukuran hingga 500MB;
  • Punya fitur keamanan untuk melindungi pengguna;
  • Tersedia pula stiker, dan lain-lain. 

Untuk mengunduhnya, kamu hanya perlu kunjungi https://www.catfiz.com. Sebab aplikasi ini tidak tersedia di Play Store. 

7. MyBeb

7 Aplikasi Chatting Buatan Lokal Ini Bisa Jadi Alternatif WhatsApptwitter.com/MyBebOfficial

Aplikasi satu ini sebenarnya lebih mengarah ke media sosial. Tapi juga tetap nyaman untuk digunakan chatting dengan teman atau sesama pengguna MyBeb.  

Seperti WhatsApp, kamu bisa memakainya untuk berkirim pesan, gambar, video, dan berbagai file lain, begitu pula dengan video call. Selain itu, kamu juga dapat bergabung ke berbagai club yang tersedia di dalamnya untuk menambah relasi. Kamu bisa mendapatkannya hanya di Google Play Store, ya. 

Itulah rekomendasi aplikasi chatting buatan Indonesia yang bisa jadi alternatif WhatsApp. Semoga para developer Indonesia semakin gigih untuk berinovasi dalam bidang teknologi khususnya aplikasi, ya. Dengan begitu, karyanya akan semakin dilirik dan bisa bersaing di dunia internasional! Bangga!

Baca Juga: Cara Memindahkan Data dan Riwayat Chat WhatsApp ke Telegram

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya