Comscore Tracker

Akun Facebook, Twitter, YouTube Diblokir? Jangan Panik

Cara gampang memulihkan akun yang kena masalah

Sulsel, IDN Times - Peredaran kabar hoaks, konten berbau porno atau SARA serta unggahan negatifnya membuat pengelola media sosial mengeluarkan kebijakan ketat terhadap unggahan pengguna akun. Akibatnya, penguraian unggahan menjadi lebih rumit ketika konten yang mengalir melalui media sosial melibatkan berita.

House Judiciary Committee Amerika sempat mendatangkan perwakilan dari Twitter, YouTube, dan Facebook untuk membahas kebijakan dan praktik perusahaan untuk mengevaluasi dan memoderasi konten (yang kebanyakan bersifat politis) dan penipuan internet yang merupakan kabar palsu alias hoaks.

Akun Facebook, Twitter, YouTube Diblokir? Jangan Paniknaturalnews.com

Selama persidangan, perwakilan dari Facebook, Monika Bickert menyebutkan bahwa perusahaan memperbarui proses bagi pengguna dalam mengajukan banding ketika unggahan mereka dihapus dari situs. Perusahaan ini sedang di tengah jalan dalam rencana tiga tahun untuk mengatasi penyebaran informasi palsu dan mencari tahu taktiknya dalam mengidentifikasi konten kebencian dan propaganda.

Tidak ada pengguna yang suka konten mereka dimoderasi atau dihapus, jadi mereka menyampaikan apa yang harus dilakukan oleh pengguna dalam kasus penghapusan unggahan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan selengkapnya!

1. Jika posting-an Facebook kamu di-take down atau disuspend, tak usah panik

Akun Facebook, Twitter, YouTube Diblokir? Jangan Panikmacdownload.informer.com

Awal tahun 2018 ini, Facebook mempublikasikan panduan komunitasnya pada link berikut: https://www.facebook.com/communitystandards/ yang digunakan secara internal untuk memutuskan kapan dan bagaimana memoderasi konten. Untuk menindaklanjuti penyingkapan ini, perusahaan juga mengubah metode agar pengguna dapat mengajukan banding ketika unggahan mereka dihapus dari layanan.

Sekarang, Facebook akan memberi tahu cara yang bisa kamu lakukan ketika konten kamu dihapus dan kamu akan memiliki kesempatan untuk mengajukan banding jika konten tersebut dihapus karena ketelanjangan, aktivitas seksual, kekerasan grafis, atau perkataan yang mendorong kebencian — semuanya dideteksi oleh perusahaan, sementara sebagiannya menggunakan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Informasinya datang dalam bentuk tombol di notifikasi tentang penghapusan awal. Saat kamu mengeklik banding, permintaan kamu ditujukan kepada seseorang di tim komunitas Facebook. Menurut perusahaan, setiap banding akan diproses oleh manusia, yang sejalan dengan persyaratan yang ditetapkan awal tahun ini, sebagai bagian dari General Data Protection Regulation (GDPR) atau Peraturan Perlindungan Data Umum, yang sekarang berlaku di Uni Eropa.

Sebagai bagian dari GDPR, konsumen memiliki hak penjelasan tentang bagaimana dan mengapa suatu algoritma membuat keputusan. Meskipun proses banding — dengan manusia nyata — adalah langkah positif dalam hal pengaturan konten, kamu tidak bisa mengharapkan sidang penuh atau kesempatan untuk memperdebatkan kasus kamu dalam beberapa metode hukum pada umumnya. Sebaliknya, seseorang akan memeriksa permintaan kamu dan memberi tahu kamu apakah konten kamu sesuai dengan pedoman komunitas yang ada.

2. Video unggahanmu di Youtube tiba-tiba diblokir atau dihapus? Jangan khawatir!

Akun Facebook, Twitter, YouTube Diblokir? Jangan Panikunsplash.com/christianw

Kamu dapat melihat pedoman komunitas YouTube untuk melihat jenis konten video seperti apa yang akan maupun tidak akan dihapus dari layanan. YouTube juga memiliki video yang menjelaskan konsep penyebab videomu dihapus. Ketika YouTube yakin kamu telah melanggar pedoman, kamu akan menerima teguran di akun kamu.

Teguran tersebut akan muncul di pesan dengan penjelasan mengapa tindakan itu dilakukan. Jika kamu ingin mengajukan banding atas penghapusan, kamu harus secara aktif memintanya dengan mencari ke dalam menu. Seperti halnya Facebook, setelah kamu mengajukan banding, anggota komunitas tim berisikan manusia akan meninjau video untuk melihat apakah pelanggaran akan tetap terjadi.

Setelah anggota tim YouTube membuat keputusan mereka, ada empat kemungkinan hasil: Jika mereka menemukan bahwa video kamu tidak melanggar Pedoman Komunitas mereka, mereka akan memulihkannya dan menghapus teguran dari akun kamu. Dalam beberapa kasus, mungkin mereka dapat menghapus teguran dari akun kamu, tetapi tetap menahan videonya.

Dalam beberapa kasus, mungkin mereka dapat mengembalikan video kamu dengan diberi batasan usia penonton. Ini akan terjadi jika pelanggaran tidak ditemukan, tetapi kontennya tidak sesuai untuk semua penonton. Jika mereka menemukan bahwa video kamu melanggar Pedoman Komunitas mereka, mereka akan menahan keputusan mereka dan video akan tetap disingkirkan dari situs.

Baca Juga: Ternyata Ini 7 Biang Kerok yang Bikin Smartphone Kamu Sering Panas

Namun, sebelum kamu mengajukan banding atas penghapusan, kamu harus meluangkan waktu untuk membaca Panduan Komunitasnya dengan cermat di link berikut: https://www.youtube.com/yt/about/policies/#community-guidelines , serta halaman Kebijakan di link berikut: https://support.google.com/youtube/topic/2803176 karena jika YouTube menolak pengajuan banding kamu, kamu tidak akan dapat mengajukan banding lagi selama 60 hari ke depan.

3. Jika unggahanmu di Twitter dihapus paksa atau bahkan sampai akunmu di-banned

Akun Facebook, Twitter, YouTube Diblokir? Jangan Panikpuddledigital.co.uk

Proses YouTube dan Facebook untuk entri yang dihapus cukup sederhana, tetapi Twitter sedikit lebih rumit. Layanan ini biasanya menindaklanjuti pelecehan atau perilaku buruk lainnya, dengan di-banned sementara atau permanen akunmu secara keseluruhan, bukannya menghapus atau menghilangkan satu Tweet saja. Halaman aturan Twitter menguraikan apa yang dilakukan oleh layanan dan tidak dapat diterima sesuai pedoman, tetapi contoh dan pedomannya tidak sespesifik seperti yang dimiliki Facebook atau Youtube.

Twitter menggunakan sistem AI untuk segera mendeteksi beberapa tweet yang mengandung bahasa melecehkan atau yang dianggap sebagai ujaran kebencian. Tweet tersebut dapat mengakibatkan akun pengguna kehilangan beberapa fungsi, seperti tidak mampu me-reply dan membuat visibilitas tweet hanya ke followers mereka.

Ada proses banding untuk memulihkan akun yang ditangguhkan, tetapi tautannya cukup sulit ditemukan. kamu dapat menemukannya pada link berikut: https://help.twitter.com/forms/general?subtopic=suspended

Akun Facebook, Twitter, YouTube Diblokir? Jangan Panikmashable.com

Kamu tetap diberi kesempatan untuk menjelaskan tindakanmu dan mengajukan kasus ke peninjau manusia, yang dapat memutuskan apakah kamu mengembalikan akun yang berfungsi penuh atau tidak. Ini berlaku untuk semua media sosial.

Lagi pula memang kita tidak akan bisa sepenuhnya bergantung pada AI jika berbicara soal pelanggaran aturan. Sekarang walaupun kamu sudah tahu cara pemulihan akun dan postinganmu, jangan coba-coba untuk berbuat aneh-aneh di akun media sosialmu ya, apalagi menyebarkan hoaks.

Baca Juga: Lebaran Punya HP Baru, Harga 7 Smartphone Premium Ini Hanya Rp2 Jutaan

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You