Comscore Tracker

7 Game Android Ini Bisa Bantu Meningkatkan Kemampuan Otakmu

Dijamin seru sekaligus menantang

Bukan cuma fisik yang butuh olahraga. Otak sebagai pusat sistem saraf juga butuh latihan agar bisa terus bekerja secara optimal.

Beragam teknologi canggih memungkinkan kita melatih otak. Misalnya lewat aplikasi berbentuk game yang seru dan menantang. Ini jadi cara yang menarik untuk meningkatkan kemampuan kognitif maupun memori.

Untuk kamu yang tertarik, berikut 7 game Android terbaik untuk tingkatkan kemampuan otak kamu.

1. Train Your Brain

7 Game Android Ini Bisa Bantu Meningkatkan Kemampuan Otakmuapkpure.com

Train Your Brain menawarkan metode pelatihan otak secara menyenangkan dan penuh warna. Berisi sejumlah misi untuk meningkatkan daya ingat, penalaran, koordinasi dan kemampuan visuospasial pemain.

Game ini hadir dengan tampilan yang simpel dan intuitif. Penggunanya pun mudah mengerti, termasuk yang sudah lanjut usia.

Ada sejumlah level untuk setiap pelatihan di game ini, yang bisa melatih dan meningkatkan skill otak secara bertahap. Ini cocok untuk kamu yang baru mencoba permainan pelatihan otak, karena sebagian besar permainan yang diusung tergolong mudah.

2. Lumosity: Brain Training

7 Game Android Ini Bisa Bantu Meningkatkan Kemampuan Otakmuapkpure.com

Lumosity: Brain Training termasuk aplikasi atau game terpopuler. Sudah 100 juta lebih pengguna di seluruh dunia yang mengunduhnya. 

Game ini diawali dengan Fit Test singkat untuk menilai skor dasar pemain dalam tiga permainan kognitif.

Lumosity sendiri menyediakan akses ke sejumlah permainan latihan otak setiap harinya, dan pemain bahkan bisa melihat skor LPI (Lumosity Performance Index) mereka.

Sementara untuk mengakses lebih dari 50 permainan latihan otak, informasi lebih detail dan tools khusus untuk melacak pelatihan, dibutuhkan versi premium yang berbayar.

3. Elevate

7 Game Android Ini Bisa Bantu Meningkatkan Kemampuan Otakmutechietech.tech

Sama seperti Lumosity, Elevate merupakan aplikasi atau game pelatihan otak dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Setelah menjalankan “tes perkenalan” untuk mengukur kemampuan menulis, membaca, berbicara dan matematika, Elevate bakal memberi EPQ (Elevate Profieciency Quotient) unik untuk melihat pemain paling mahir di bidang apa.

Versi gratis Elevate memberi akses ke 3 permainan pelatihan per harinya, sementara versi berbayar atau premium, menawarkan akses penuh ke lebih dari 35 permainan pelatihan dan tools tambahan untuk memperdalam skill.

Baca Juga: 9 Game Android Bertema Permainan Tradisional Indonesia, Main yuk!

4. Brain Games

7 Game Android Ini Bisa Bantu Meningkatkan Kemampuan Otakmuplay.google.com

Jadi salah satu aplikasi/game pelatihan otak paling mudah, pemain tidak perlu mendaftar atau membuat akun untuk bermain di aplikasi ini. Di layar utama, Brain Games akan memberi akses ke pelatihan otak harian, dengan tiga misi per harinya selama 30 hari.

Untuk meningkatkan kemampuan kognitif, pemain bisa ke bagian Career untuk pelatihan yang lebih menantang. Yang menarik, Brain Games juga punya fitur di mana pemain dapat berkompetisi melawan pemain lain dan menjadi yang terbaik. Ini gratis dengan pilihan pelatihan cukup lengkap, namun dengan iklan.

5. Peak

7 Game Android Ini Bisa Bantu Meningkatkan Kemampuan Otakmuapkpure.com

Peak dirancang sebagai aplikasi/game gym untuk otak pemain. Sama seperti kebanyakan game di daftar ini, Peak memiliki rencana pelatihan sendiri yang dirancang untuk meningkatkan skor Peak pemain.

Untuk membantu pemain terus termotivasi melakukan latihan setiap harinya, Peak menyediakan fitur pengingat harian untuk memberi notifikasi terkait waktunya melakukan pelatihan. Peak bisa digunakan secara gratis dengan akses ke sejumlah latihan dan informasi data dasar, namun dengan opsi berbayar dengan fitur lebih lengkap.

6. Clockwork Brain Training

7 Game Android Ini Bisa Bantu Meningkatkan Kemampuan Otakmuplay.google.com

Game ini yang paling berbeda dari yang lain di daftar. Gaya visualnya unik, ala Steampunk era Victoria. Saat pertama membuka, pemain disambut dengan Sprocket – robot dengan tujuan untuk memandu pemain melewati petualangan latihan otak mereka.

Karena desainnya yang berbeda dan juga dilengkapi dengan beberapa permainan menyenangkan, Clockwork Brain Training cocok untuk mereka yang ingin melatih otak namun tidak ingin merasa jika sedang melakukannya.

7. Brain Test: Tricky Puzzles

7 Game Android Ini Bisa Bantu Meningkatkan Kemampuan Otakmuapkpure.com

Terakhir adalah Brain Test: Tricky Puzzles. Brain Test sendiri memiliki banyak game yang masing-masing hadir dengan desain unik sendiri-sendiri. Tricky Puzzles dirancang untuk melatih otak pemain dengan beragam permainan teka-teki yang mengasah otak.

Teka-teki yang dihadirkan pada aplikasi tidak hanya menantang dan unik, namun juga pemikiran di luar nalar untuk menyelesaikannya. Sama seperti Clockwork Brain Training, Tricky Puzzles sejatinya merupakan aplikasi/game latihan otak yang tidak terasa seperti itu karena konten menghibur yang diusung.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi aplikasi atau game Android terbaik untuk asah kemampuan otak kamu. Punya rekomendasi lain? Langsung tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga: 7 Game Android Terbaik yang Bisa Dimainkan dengan Gamepad

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya