Comscore Tracker

 11 Masalah di Smartphone yang Bikin Bete dan Begini Solusinya

Dari storage penuh, handphone basah, hingga sinyal putus

Sulsel, IDN Times - Karena sejumlah faktor, smartphone kamu bisa saja bermasalah. Meski kerap terjadi, namun masalah-masalah tersebut kadang mengganggu aktivitas sehingga membuat kamu kesal. 

Sebut saja, mulai dari handphone lemot, sinyal putus-putus, hingga layar retak. Mana yang sudah kamu rasakan? 

Nah, IDN Times mengumpulkan masalah-masalah yang biasa menimpa smartphone. Eits, tenang, IDN Times juga menyediakan cara mengatasinya kok.  

1. Smartphone kamu lemot

 11 Masalah di Smartphone yang Bikin Bete dan Begini Solusinyablog.chinavasion.com

Ugh! Ini adalah salah satu masalah paling bikin kesal, terutama ketika kamu sedang membuka aplikasi yang penting. Tarik nafas dulu...

Setelah itu, coba kamu bersihkan cache-nya dan hapus app atau data yang memakan banyak tempat di smartphone. Itu dikarenakan memakan RAM-mu dalam porsi banyak. Umumnya ini adalah foto serta aplikasi game.

2. Baterai boros dan gampang habis

 11 Masalah di Smartphone yang Bikin Bete dan Begini Solusinyatechrepublic.com

Yang pertama pastikan charger-mu cocok dengan baterai smartphone-mu. Lalu coba buat screen timeout-mu lebih cepat muncul agar smartphone-mu lebih cepat masuk mode tidur.

Jika ada mode battery saving, gunakan. Pastikan pula tidak ada aplikasi yang berjalan di belakang background.

Jika semua cara di atas sudah kamu lakukan namun baterai smartphone kamu tetap saja gampang habis, itu berarti sudah waktunya kamu mengganti dengan yang baru. Baterai ponsel kamu sudah ngedrop.

3. Layar retak

 11 Masalah di Smartphone yang Bikin Bete dan Begini Solusinyarbsmn.com

Ini masalah umum, tapi serius. Tak ada jalan lain, kecuali membawanya untuk diperbaiki dan diganti.

Namun untuk selanjutnya, kamu bisa berjaga-jaga dengan menggunakan pelindung layar atau case yang bagus. Sehingga, ketika ponsel jatuh, ada perlindungan.

4. Smartphone-mu basah

 11 Masalah di Smartphone yang Bikin Bete dan Begini Solusinyaconsumer.techpoint.ng

Ini masalah umum, serius yang kedua. Tapi, kamu tidak perlu panik.

Pertama, matikan dulu smartphone-mu. Jika di dekatmu ada beras, gunakan untuk menyerap kelembapannya. Lalu bawa ke tukang servis. Peringatan jangan pernah mencoba menyalakannya atau menancapkkannya ke listrik ketika basah ya.

Kenapa? Hal itu bisa menimbulkan korsleting pada smartphone kamu. Korsleting ini bisa merusak handphone kamu. 

5. Smartphone kamu kepanasan

 11 Masalah di Smartphone yang Bikin Bete dan Begini Solusinyatatacliq.com

Untuk pertama, jauhkan dari cahaya matahari atau tempat panas dan bawa ke tempat kering. Setelah menjauhkannya dari sumber panas, santaikan smartphone-mu dengan menurunkan brightness, menutup aplikasi atau apapun yang membuatnya bekerja keras.

Atau kamu bisa menempuh cara "ekstrem," yakni dengan mematikan sejenak ponsel kamu. Setelah handphone mulai dingin, kamu bisa menyalakannya kembali. Dijamin, semua fungsi ponsel kembali normal.

Baca Juga: Ternyata Ini 7 Biang Kerok yang Bikin Smartphone Kamu Sering Panas

6. Storage penuh

 11 Masalah di Smartphone yang Bikin Bete dan Begini Solusinyaclark.com

Coba untuk menggunakan sistem cloud seperti iCloud atau Google Drive agar datamu tidak menumpuk. Jika tidak begitu, gunakan microSD untuk menambah ruang data. Cara terakhir adalah terus mem-backup datamu dan menghapus data tersebut jika sudah ada kopiannya.

Baca Juga: 7 Masalah yang Muncul Saat Kamu Pasang SD Card di Handphone Android

7. Layarmu terus membeku

 11 Masalah di Smartphone yang Bikin Bete dan Begini Solusinyaandroidrules.com

Bersihkan smartphone-mu. Itu bisa dimulai dengan menutup aplikasi yang berjalan, membersihkan cache, memindahkan data yang sudah penuh hingga membuang program yang tidak diinginkan. Seharusnya melakukan cara ini akan membuat smartphone-mu berjalan lebih mulus.

8. Beberapa app terus menerus crash

 11 Masalah di Smartphone yang Bikin Bete dan Begini Solusinya101android.com

Atasi dengan cara keluar dari aplikasi yang crash tersebut. Jika perlu hapus dan install ulang aplikasi itu. Jika masih saja tidak bisa, coba cek review aplikasi tersebut dan lihat apakah ada orang yang mengalami hal serupa.

9. Keseluruhan smartphone-mu mengalami crash atau mati sendiri

 11 Masalah di Smartphone yang Bikin Bete dan Begini Solusinyayoutube.com InfoHoop

Mulailah dengan menyalakan ulang smartphone-mu. Jika tidak bisa, lakukan dengan cara force reset dan coba untuk menghapus datamu yang menghabiskan tempat. Jika masih tidak bisa, cobalah melakukan factory reset dan jika itu berhubungan dengan hardware-mu, maka cobalah datang ke tukang servis.

10. Sinyalmu putus-putus

 11 Masalah di Smartphone yang Bikin Bete dan Begini Solusinyawilsonamplifiers.com

Cek dulu apakah lokasimu memang tidak terjangkau sinyal atau tidak dan bandingkan dengan sinyal milik orang lain. Jika sinyal orang lain juga bermasalah, berarti permasalahannya ada pada provider-mu.

Jika kamu saja yang bermasalah, coba menyalakannya ulang dan pastikan sistem operasi termutakhir sudah kamu install. Jika masih tetap saja tidak bisa, hubungi pihak provider.

11. Bermasalah dengan bluetooth

 11 Masalah di Smartphone yang Bikin Bete dan Begini Solusinyatechadvisor.co.uk

Cek dahulu apakah alat bluetooth-mu itu memang cocok dengan smartphone-mu? Karena tidak semua alat bluetooth cocok untuk semua barang. Jika sudah, coba dekatkan kedua barangmu tersebut karena bisa jadi masalahnya adalah jarak. Pastikan alat bluetooth-mu menyala.

Itulah permasalahan yang biasa kamu hadapi dan cara menyelesaikannya. Kalau kamu gak mau susah, ya mending beli smartphone termutakhir aja daripada harus memperbaiki kayak gini. Tapi itu pun kalau kamu punya uang.

Baca Juga: 7 Smartphone Flagship dengan Bezel Super Tipis Terbaik Tahun 2019

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You