Comscore Tracker

Gajian Mau Ganti Handphone? Simak 9 Tips Beli Ponsel Baru Nih

Lebih baik layar kecil atau besar?

Sulsel, IDN Times - Wah, udah mau gajian nih. Saat gajian, ganti handphone bisa nih jadi agenda terdekat. 

NTapi, kamu harus ingat bahwa handphone bakal dipakai dalam waktu lama dan menghabiskan banyak uang. Untuk itu, kamu harus menimbang secara matang, ponsel seperti apa yang kamu inginkan agar tidak kecewa setelah membeli.

Agar tidak kecewa, kamu bisa mencari informasi lebih lanjut tentang smartphone yang kamu inginkan serta menentukan apa yang benar-benar kamu butuhkan, tapi sesuai dengan budget yang kamu siapkan.

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang sebaiknya dipikirkan sebelum membeli.

Baca Juga: 7 Masalah yang Muncul Saat Kamu Pasang SD Card di Handphone Android

1. Perhatikan sistem operasinya

Gajian Mau Ganti Handphone? Simak 9 Tips Beli Ponsel Baru Nihelectronics.howstuffworks.com

Apakah yang kamu cari? Apakah itu iOS ataukah Android? iOS dinilai banyak orang lebih mudah digunakan ketimbang Android, tetapi sangat eksklusif sehingga kamu tidak punya banyak pilihan dan harus bergantung pada ekosistem Apple.

Sebaliknya Android memiliki lebih banyak pilihan smartphone maupun aplikasi, namun di sisi lain akan membuatmu bingung karena kurasi yang tidak sejelas iOS.

2. Pertimbangkan harganya

Gajian Mau Ganti Handphone? Simak 9 Tips Beli Ponsel Baru Nihnewatlas.com

Ini yang paling penting. Jangan sampai kamu merogoh tabungan demi membeli ponsel mahal hanya demi gaya. Jika kebutuhan sehari-harimu bisa disediakan ponsel dengan harga menengah, buat apa beli yang mahal?

Para pakar gadget menyarankan untuk menimbang-nimbang dahulu apa yang kamu butuhkan dari smartphone itu. Jika hanya kebutuhan dasar, disarankan untuk tidak mengambil smartphone dengan harga tinggi. 

Ketimbang itu, lebih baik ambil smartphone di angka Rp5 juta hingga Rp8 juta karena itu sudah sangat bagus. Tapi, lain cerita sih kalau kamu tidak khawatir dengan masalah uang.

3. Carilah ukuran layar smartphone yang cocok untukmu

Gajian Mau Ganti Handphone? Simak 9 Tips Beli Ponsel Baru Nihhttps://newatlas.com

Pertanyaan selanjutnya yang perlu kamu tanyakan pada diri sendiri adalah, apakah kamu menggunakannya untuk menonton video dan bermain game?

Jika iya, maka lebih baik kamu mengambil smartphone dengan ukuran layar yang besar. Tapi jika kebutuhannya lebih ke arah praktis dan tidak masalah dengan tulisan kecil, ambillah smartphone berlayar kecil yang sekiranya muat di kantong.

4. Untuk display, disarankan mengutamakan kualitas warna dan kecerahan ketimbang resolusi

Gajian Mau Ganti Handphone? Simak 9 Tips Beli Ponsel Baru Nihtomsguide.com

Untuk sekarang, layar 4K di smartphone memang sangat menggoda, namun sayangnya belum dibutuhkan. Oleh sebab itu lebih baik kamu memperhatikan seberapa terang layarnya, atau seberapa tajam warna dari layar tersebut, agar ketika berada di luar ruangan, kamu bisa melihat layar tersebut dengan jelas.

Baca Juga: 7 Smartphone Murah yang Tangguh, Cocok untuk Driver Ojek Online

5. Jangan terlalu mempedulikan megapixel kamera

Gajian Mau Ganti Handphone? Simak 9 Tips Beli Ponsel Baru Nihtomsguide.com

Masalah hasil jepretan yang bagus memang dipengaruhi oleh kualitas lensa, tapi sebagian besar akan kembali lagi di tangan sang pengguna. Lebih baik kamu memfokuskan seberapa kuat aperture-nya serta fitur seperti lensa dual atau optical image stabilization.

6. Prosesor perlu dipertimbangkan dengan sangat hati-hati

Gajian Mau Ganti Handphone? Simak 9 Tips Beli Ponsel Baru Nihtomsguide.com

Kembali lagi, kebutuhanmu apa? Apakah itu untuk bermain game atau sekadar berkomunikasi? Jika bermain game atau digunakan untuk menangani aplikasi berat, prosesor macam Snapdragon 835 atau A11 Bionic ke atas adalah pertimbangan utamamu. Tapi jika hanya digunakan untuk WhatsApp dan aplikasi messenger yang lain, maka sebaiknya mengambil smartphone dengan Snapdragon 660 atau setara.

7. Cari smartphone yang bisa menyala sepanjang hari

Gajian Mau Ganti Handphone? Simak 9 Tips Beli Ponsel Baru Nihtomsguide.com

Baterai berkapasitas besar memang meyakinkan, tetapi tidak menjadi kunci utama apakah smartphone-mu akan hidup sepanjang hari atau tidak. Ada fitur serta aplikasi yang cukup banyak menyedot daya baterai. Mendapatkan smartphone 3.000 mAh tak masalah, asalkan tidak banyak pula fiturnya.

8. Ambil memori yang berukuran minimal 32GB

Gajian Mau Ganti Handphone? Simak 9 Tips Beli Ponsel Baru Nihtomsguide.com

Tampak besar memang, namun perlu kamu ketahui bahwa update aplikasi juga besar. Tiap tahunnya aplikasi-aplikasi yang kamu pakai dan mendapat update akan menambah kapasitasnya. Walaupun canggih, tetapi jika hanya berkapasitas 16GB, maka kamu tidak akan bisa meng-update aplikasimu dan menyebabkannya lemot. Bisa diakali jika memiliki fitur memori eksternal.

9. Jangan juga termakan oleh desain

Gajian Mau Ganti Handphone? Simak 9 Tips Beli Ponsel Baru Nihtomsguide.com

Ini juga penting, apalagi kamu yang suka dengan visual. Desain yang futuristis juga merupakan godaan tersendiri.

Sayang sekali jika smartphone bergaya futuristis itu tidak mampu meng-handle aplikasi yang futuristis juga. Lebih baik kamu memilih desain smartphone yang standar tapi memiliki spesifikasi tinggi.

Paling itulah hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli smartphone. Intinya adalah melihat kebutuhanmu: apakah yang sebenarnya mau kamu gunakan dari smartphone baru ini? Berhati-hatilah terhadap harga juga. Terlalu mahal itu tidak baik, tapi terlalu murah juga mencurigakan. 

Baca Juga: 7 Smartphone di Juni 2019 yang Paling Jago Soal Tahan Air 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You