Tim Sepak Bola Sulsel Pede Tanpa Pemain Pro di PON Papua 

Pemain hasil seleksi dari 24 daerah di Sulsel

Makassar, IDN Times - Tim sepak bola Sulawesi Selatan memasang target medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, meski tidak diperkuat pemain profesional.

Pelatih tim Sulsel Usman Halik mengatakan, pihaknya percaya diri, dengan melihat komposisi pemain yang ada di ttim saat ini.

"Jadi kita sudah patenkan, komposisinya ada 18 total pemain yang ada di dalam tim, dan tidak ada pemain dari Liga 1 maupun Liga 2. Semua hasil seleksi per kabupaten di Sulsel," kata Usman saat dihubungi IDN Times, Kamis (2/9/2021).

Pada PON XIX di Jawa Barat tahun 2016, tim sepak bola Sulsel melenggang hingga partai final. Saat itu mereka diperkuat sejumlah pemain profesional, antara lain dua pemain PSM Makassar Wasyiat dan Syaiful. PON 2016 juga jadi panggung Asnawi Mangkualam, yang kini bermain di Korea Selatan.

Baca Juga: Target Medali Emas di PON Papua, Intip Persiapan Tim Sepak Bola Sulsel

1. Tim dibentuk dari hasil seleksi 240 pemain

Tim Sepak Bola Sulsel Pede Tanpa Pemain Pro di PON Papua Latihan fisik, tim Sepak Bola Sulsel untuk PON Papua/Tim Sepak Bola Sulsel

Usman menyatakan 18 pemain yang ada merupakan hasil seleksi ketat perwakilan putra daerah dari 24 kabupaten/kota di Sulsel. Sejak awal tim dibentuk, pemain disodorkan dari Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI di setiap daerah.

""Jadi memang hasil seleksi, 10 pemain dari masing-masing Askab, jadi ada 240 pemain yang disodorkan. Sehingga terseleksi 18 dan inilah yang kita ambil," ucap Usman.

2. Sulsel bersaing dengan tiga tim kuat di babak grup

Tim Sepak Bola Sulsel Pede Tanpa Pemain Pro di PON Papua Kondisi Stadion Mandala Jayapura yang akan digunakan sebagai venue cabang olahraga (cabor) sepakbola PON XX, Kota Jayapura, Papua, Jumat (2/7/2021). ANTARA FOTO/Indrayadi TH

Usman mengatakan anak asuhnya juga sudah menggelar serangkaian uji coba untuk mengetahui perkembangan tim. Karena targetan meraih medali emas, maka pemain dipacu untuk terus menunjukkan performa terbaik dalam pertandingan.

Tim Sepak Bola Sulsel akan menghadapi tiga pesaing berat dalam grupnya. Yakni, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera Utara.

"Saya rasa ini yang menjadi tantangan kita untuk bagaimana membuktikan hasil terbaik selama proses persiapan sebelumnya," ujarnya.

3. Tim Sepak Bola Sulsel butuh doa seluruh masyarakat

Tim Sepak Bola Sulsel Pede Tanpa Pemain Pro di PON Papua @ponxx2020papua

Lebih lanjut kata Usman, tim rencananya akan diberangkatkan ke Papua pada 24, September 2021. Usman juga berterima kasih karena pemerintah melalui Dispora, Asprov dan KONI sangat membantu dan mendukung kesiapan timnya.

Pesta olahraga di Bumi Cenderawasih dipastikan tetap sesuai jadwal, dari 2 sampai 15 Oktober 2021. Usman meminta doa masyarakat.

"Insyaallah kami berharap semua doa yang terbaik dari semua masyarakat di Sulsel agar target kita tercapai untuk persembahkan yang terbaik bagi daerah kita," katanya.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya