Pelatih Bali United Puji Penampilan Gemilang Kiper PSM Makassar

Kecolongan menit awal sempat surutkan semangat

Makassar, IDN Times - Bali United dipaksa pulang dengan tangan hampa setelah takluk atas PSM Makassar dengan skor tipis 1-0. Pasukan Serdadu Tridatu sebelumnya berharap banyak agar mampu membawa pulang poin, dalam laga lanjutan Liga 1 2019  pekan ke-28 di Stadion Mattoanging, Makassar, Sulawesi Selatan pada Sabtu (23/11).

Sayangnya, harapan itu pupus ketika mereka harus ketinggalan satu gol pada menit ke-11. Gol tunggal Rasyid Bakri sekaligus menjadi penutup pertandingan. Pelatih Bali United Stefano Cugurra Teco mengakui keberhasilan tuan rumah yang tampil ngotot sejak awal laga.

Terlebih penampilan penjaga gawang PSM Hilmansyah yang dianggap sangat apik mengawal dan mematahkan semua peluang yang dibangun anak asuhnya. "Kiper PSM bisa tampil sangat baik hari ini. Saya pikir dia adalah pemain terbaik untuk pertandingan kali ini," ungkapnya usai pertandingan.

1 . Mental pemain sempat turun setelah kebobolan di menit-menit awal

Pelatih Bali United Puji Penampilan Gemilang Kiper PSM MakassarANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Keunggulan skuat Juku Eja pada menit-menit awal pertandingan diakui Teco sempat menyurutkan mental pemainnya. Akibatnya, sepanjang babak pertama rencana yang diterapkan tidak sepenuhnya berjalan dengan baik.

Sektor kanan pertahanan Bali dianggap lengah hingga kecolongan karena kurangnya pengawalan pemain belakang. Gol Rasyid tercipta melalui umpan lambung Taufik Hidayat dari sisi kanan pertahanan tim tamu. Situasi itulah yang dianggap Teco sangat fatal.

"Kita hari ini kebobolan melalui crossing PSM mereka bisa cetak gol. Saya pikir semua masih mesti kerja keras setelah kita kebobolan. Tapi kita juga punya beberapa peluang tapi belum bisa dimanfaatkan dengan baik," terangnya.

2. Situasi semakin memburuk ketika pemain pilar Malvin Platje ditarik keluar

Pelatih Bali United Puji Penampilan Gemilang Kiper PSM MakassarBaliUtd.com/Ewib Setyo

Ketinggalan satu gol di babak pertama membuat Fadil Sausu dan kawan-kawan mesti bekerja lebih ekstra. Perlahan, mereka mencoba membangun serangan dan memperbaiki keadaan.

Nahasnya kata Teco, pada saat tim perlahan bangkit, dia terpaksa menarik satu orang pemain pilarnya karena cedera. Penyerang Malvin Platje ditarik karena tak sanggup melanjutkan pertandingan. Platje digantikan Irfan Bachdim yang diplot mengatur sektor penyerangan dari tengah.

Situasi sulit itu menurut Teco belum mampu memperbaiki keadaan. "Tapi kita sudah berusaha keras supaya kita bisa kembali bermain bagus. Dan kita baru bisa rubah permainan semuanya di babak kedua. Kita bangkit di situ," terangnya.

Memasuki babak kedua, Bali United mulai tampil ngotot. Serangan demi serangan dibangun untuk menyamakan keadaan. Penampilan Hilmansyah dianggap begitu perkasa oleh Teco. Hampir semua peluang emas yang didapatkan anak asuhnya di penghujung babak kedua kerap digagalkan. Alhasil, keunggulan PSM bertahan hingga pluit tanda berakhirnya pertandingan berbunyi.

Baca Juga: Jelang Bersua, Pelatih PSM Puji Agresivitas Lini Serang Bali United

3. Kekalahan dijadikan evaluasi terakhir sebelum menghadapi Persib Bandung

Pelatih Bali United Puji Penampilan Gemilang Kiper PSM MakassarDok.Persib.co.id

Kekalahan ini menurut Teco menjadi bahan evaluasi untuk timnya. Mengingat dalam pertandingan selanjutnya, mereka akan menghadapi Persib Bandung pada (28/11) mendatang. Gelar juara yang telah di depan mata menurutnya tak akan disia-siakan hanya dengan sekali kekalahan dalam laga tandang.

Di putaran kedua ini, Bali United merupakan salah satu tim yang sukses menorehkan rekor baik dalam pertandingan berstatus sebagai tim tamu. Mereka hanya mengantongi empat kali kekalahan. Selebihnya menang dan seri. Kondisi itulah yang menurut Teco mesti dipertahankan.

Saat ini mereka tetap memimpin klasemen sementara dengan koleksi 57 poin. "Kita masih punya waktu untuk perbaiki semuanya. Dalam latihan dan dalam kesempatan lainnya. Saya pikir kami tidak akan membuang waktu untuk terlalu memikirkan kekalahan ini. Karena pertandingan selanjutnya kami akan bangkit," ucapnya optimis. 

Baca Juga: Gol Tunggal Rasyid Bakri Antar PSM Makassar Menang Atas Bali United

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya