Yuran Fernandes Masuk "Best XI" Pekan ke-26 Liga 1, Ini Statistiknya

Spartan saat mengawal lini belakang PSM di markas Persebaya

Makassar, IDN Times - Bek tengah andalan PSM Makassar, Yuran Fernandes, masuk dalam Best XI pekan ke-26 BRI Liga 1 2022-23. Ini berkat performa moncernya dalam laga tandang melawan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jumat lalu (24/2/2023).

Ini adalah kali keempat Yuran ditahbiskan sebagai salah satu dari sebelas terbaik. Sebelumnya yakni pada pekan ke-9, ke-26 dan ke-24 atau saat PSM membekuk Persib Bandung dengan skor tipis 1-2.

Baca Juga: Statistik Ramadhan Sananta, Pemuda Pemburu Gol Milik PSM

1. Yuran tampil tak kenal lelah sepanjang 90 menit

Yuran Fernandes Masuk Best XI Pekan ke-26 Liga 1, Ini StatistiknyaSalah satu momen pertandingan pekan ke-26 BRI Liga 1 2022-23 antara Persebaya Surabaya versus PSM Makassar di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, Jumat 24 Februari 2023. (Dok. Persebaya.id)

Yuran tampil dalam kemenangan 0-1 atas Bajul Ijo. Dalam statistik PT LIB, ia tercatat melakukan 8 kali intersep dan 8 clerances. Pemilik nomor punggung 4 tersebut bahu membahu bersama Erwin Gutawa untuk mengawal pergerakan dua juru gedor lawan, Januar Eka Ramadhan serta Paulo Victor.

Sejumlah penyelamatan krusial juga dilakukan pemain berpaspor Cape Verde tersebut. Salah satunya ketika ia menghalau bola tembakan hasil tembakan Paulo Victor pada menit ke-84 dengan kepalanya. Kerja ciamik Yuran dan para pemain PSM yang mempraktikkan compact defense membuat Persebaya cuma punya dua shots on target.

2. Menyebut motivasi sang pelatih kepala jadi pembakar semangatnya

Yuran Fernandes Masuk Best XI Pekan ke-26 Liga 1, Ini StatistiknyaSalah satu momen pertandingan pekan ke-26 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, 24 Februari 2023. (Instagram.com/officialpersebaya)

Selain itu, Yuran juga aktif membangun serangan dari bawah dengan melepas 28 operan sukses. Meski bekerja keras, ia cuma melakukan 3 kali pelanggaran tanpa kartu kuning.

Berbicara selepas laga rampung, Yuran menyebut penampilan moncernya di Gresik juga berkat taktik dan strategi racikan pelatih kepala, Bernardo Tavares. Sang juru latih juga disebutnya memberi motivasi lebih jelang duel klasik.

"Motivasinya selalu sama, yaitu berusaha memberi yang terbaik. Laga ini keras, dan kita datang untuk poin penuh. Saya pikir kita semua sudah melakukan apa yang diminta oleh pelatih saat di kamar ganti, yang memberikan segalanya di lapangan," kata bek 28 tahun tersebut dalam unggahan akun Instagram @liga1match.

3. Bernardo Tavares menjadi "Best Coach of the Week" untuk kali kelima

Yuran Fernandes Masuk Best XI Pekan ke-26 Liga 1, Ini StatistiknyaPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam laga pekan ke-26 kontra Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, Jumat 24 Februari 2023. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Di sisi lain, Bernardo Tavares juga didapuk sebagai Best Coach pekan ke-26. Ini adalah gelar mingguan kelima juru latih asal Portugal tersebut. Sebelumnya ia sudah mengantongi predikat serupa pada pekan ke-24, ke-9, ke-7 serta kelima.

Saat ini, Wiljan Pluim dkk sedang melakukan persiapan intensif jelang menjamu tim promosi Dewa United di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Rabu ini (1/3/2023).

Baca Juga: Statistik Kenzo Nambu, Mesin Gol Andalan PSM Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya