Comscore Tracker

Tavares Kecewa PSM Imbang dengan Persija, Kenzo Bahagia

Juku Eja saat ini berada di puncak klasemen sementara

Makassar, IDN Times - PSM Makassar berbagi poin dengan Persija Jakarta, pada lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion BJ Habibie, Jumat petang (5/8/2022). Pelatih PSM Bernardo Tavares kecewa dengan hasil itu.

Pada konferensi pers usai pertandingan, Tavares secara khusus menyoroti kepemimpinan wasit Iwan Sukoco. Dia menganggap wasit berulang kali mengeluarkan keputusan kontroversial.

"Kalian bisa lihat berapa banyak pelanggaran yang dilakukan tim lawan. (Hitung saja) berapa kartu yang diberikan wasit ke mereka dan berapa kartu kuning diberikan kepada kita," kata Tavares kepada wartawan.

"Saya kecewa sekaligus kesal bukan main dengan kinerja wasit. Wasit memberi lelucon kepada pemain PSM," dia melanjutkan.

Baca Juga: Senyum Thomas Doll Usai Persija Imbangi PSM

1. Tavares kesal pemainnya sering dilanggar keras

Tavares Kecewa PSM Imbang dengan Persija, Kenzo BahagiaPelatih PSM Makassar Bernardo Tavares dalam laga Grup H AFC Cup 2022 kontra Tampines Rovers di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (the-afc.com)

Tavares menyebut beberapa pemainnya mendapat pelanggaran keras dari lawan. Namun itu tidak diikuti tindakan tegas wasit. Malah sebaliknya, kata dia, pemain PSM sering dapat kartu kuning tanpa didahului peringatan. Di pertandingan itu, PSM dapat empat kartu kuning, dan satu untuk Persija.

"Ini tidak bisa dibiarkan. Wasit tidak punya rasa respek pada kita, pada PSM, pada para pemain. Kalau ini bisa terjadi di kandang kita sendiri, bayangkan apa yang terjadi kalau kita bertandang," katanya.

Selama pertandingan, Tavares terlihat beberapa kali melayangkan protes ke asisten wasit yang berdiri di pinggir lapangan. Terutama saat pemainnya dilanggar.

"Jujur saya takut karena ini semua bisa berakibat fatal dan mencederai pemain," dia melanjutkan.

2. Persija unggul penguasaan bola, tapi PSM lebih agresif

Tavares Kecewa PSM Imbang dengan Persija, Kenzo BahagiaPemain PSM Makassar Rizky Eka Pratama (kanan) berebut bola dengan pemain Persija Jakarta Ondrej Kudela (kiri) pada laga BRI Liga 1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Jumat (5/8/2022). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Bicara statistik, Persija kembali melanjutkan tradisi mendominasi aliran bola. Possession ball mereka mencapai 56 persen. Angka umpan sukses anak asuh Thomas Doll mencapai 274, berbanding dengan PSM yang cuma 223.

Namun, Pasukan Ramang jauh lebih agresif. Berat serangan cepat dari sisi sayap, mereka catatkan 6 shots on target dari 15 percobaan. Sedang tim tamu cuma bukukan 3 peluang tepat sasaran dari 6 tenbakan. Padatnya lini tengah dn belakang memang menyulitkan duo Abdulla Yusuf dan Taufik Hidayat mencari ruang tembak.

Hasil ini perpanjang catatan PSM yang tak pernah menang atas Persija di ajang Liga 1 sejak Agustus 2017. Macan Kemayoran juga melanjutkan tren positif aelalu memetik poin saat melawat ke markas Pasukan Ramang sejak musim 2018.

3. Kenzo Nambu semringah setelah cetak gol perdana

Tavares Kecewa PSM Imbang dengan Persija, Kenzo BahagiaKenzo Nambu saat diperkenalkan sebagai pemain baru PSM Makassar di tengah laga uji coba kontra Sulut United di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Senin 6 Juni 2022. (Instagram.com/kenzo.nambu39)

Meski Tavares murka, Kenzo Nambu semringah sebab akhirnya bisa membuka rekening gol. Penyerang asal Jepang tersebut memang belum pernah jadi starter dan selalu turun sebagai pengganti. Ini lantaran ia baru sembuh dari cedera dan sempat positif COVID-19.

"Saya bahagia akhirnya bisa membukukan satu gol untuk PSM. Tapi dengan hasil yang kita dapat sekarang, sudah sangat besar bagi saya pribadi," katanya dalam kesempatan yang sama.

"Saya selalu siap tampil kembali, serta membantu tim ini di laga-laga mendatang," ucap Kenzo.

Hasil imbang sudah cukup bagi PSM untuk memuncaki klasemen sementara dengan koleksi 7 poin. Tapi mereka rentan dilengserkan Madura United dan Persikabo 1973 yang baru bertanding belakangan.

Pekan selanjutnya, PSM akan melawat ke markas tim promosi RANS Nusantara FC. Tapi sebelumnya, mereka lebih dulu main di semifinal Zona ASEAN AFC Cup melawan Kedah Darul Aman FC.

Baca Juga: Menilik Langkah PSM Makassar di Fase Gugur AFC Cup 2022

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya