Tavares Harap PSM Pakai Jet Pribadi saat Jadwal Pertandingan Padat

Tavares sebut masa recovery fisik pemain sangat mepet

Makassar, IDN Times - Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, yakin anak asuhnya tetap kuat meski jalani jadwal padat di Liga 1 dan AFC Cup. Meski begitu, ia berandai-andai tentang betapa besar dampak penggunaan pesawat pribadi milik klub alih-alih penerbangan komersial.

"Seandainya kita bisa memiliki dan menyewa jet pribadi seperti Liverpool dan Barcelona, tentu kita bisa lebih banyak waktu recovery setengah atau satu hari, sesuatu yang kita tak miliki," ujarnya dalam sesi latihan di Shah Alam Mini Stadium Selangor, Senin sore (22/8/2022).

"Tapi pemain sudah menunjukkan mentalitas yang kuat, meski kadang bisa juga melemah. Semoga mentalitas yang saya sebut pertama bisa muncul pada pertandingan selanjutnya, tapi kita tahu tim lawan juga kuat," imbuh Tavares.

1. Juku Eja bakal jalani tiga pertandingan dalam delapan hari

Tavares Harap PSM Pakai Jet Pribadi saat Jadwal Pertandingan PadatPesepak bola PSM Makassar M Dzaki (kiri) berusaha melewati pesepak bola Arema FC pada laga BRI Liga 1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Sabtu (20/8/2022). ANTARA FOTO/HO/PSM/ABHE/aww.

Selepas menekuk Arema FC 1-0 di laga pekan kelima BRI Liga 1 2022-23 hari Sabtu lalu (20/8/2022), Muhammad Arfan dkk tak punya waktu untuk berleha-leha. Mereka langsung kembali ke Kota Makassar keesokan paginya, untuk bertolak ke Kuala Lumpur via Jakarta.

Mereka baru tiba di ibu kota Malaysia di Minggu malam (21/8/2022) setelah jalani perjalanan udara selama 18 jam. Hanya mendapat waktu istirahat kurang dari 20 jam, skuat Juku Eja langsung memanaskan mesin pada Senin sore (22/8/2022), kendati cuma jalani sesi latihan ringan.

2. Tetap percaya diri meski Yuran Fernandes dan Agung Mannan absen akibat kartu merah

Tavares Harap PSM Pakai Jet Pribadi saat Jadwal Pertandingan PadatSalah satu momen pertandingan Grup H AFC Cup 2022 antara PSM Makassar versus Kuala Lumpur City FC di Kuala Lumpur Stadium pada Jumat 24 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Di sisi lain, lini belakang PSM dipastikan keropos pada final Zona ASEAN AFC Cup 2022 kontra Kuala Lumpur City FC, Rabu besok (24/8/2022). Yuran Fernandes dan Agung Mannan tak bisa tampil lantaran mengantongi kartu merah di duel semifinal versus Kedah Darul Aman FC.

Meski begitu, coach Tavares menganggapnya sebagai kesempatan emas untuk memberi jam terbang pada bek-bek lain. Tren positif selama tujuh pertandingan terakhir, ditambah rotasi yang berhasil saat menekuk Singo Edan, jadi modal untuk percaya diri.

"Kadang, absennya pemain justru menjadi kesempatan bagi pemain lain untuk tampil. Lihat saja yang bisa dilakukan. Kami bermain baik di Liga 1, hanya kebobolan tiga gol dari empat laga. Itu bagus, tapi sekarang kita harus mengubah susunan pemainnya. Kita harus bekerja keras di sesi latihan," papar pelatih asal Portugal itu.

3. Tavares menganggap timnya sebagai "underdog" di hadapan Kuala Lumpur City FC

Tavares Harap PSM Pakai Jet Pribadi saat Jadwal Pertandingan PadatSalah satu momen pertandingan Grup H AFC Cup 2022 antara PSM Makassar versus Kuala Lumpur City FC di Kuala Lumpur Stadium pada Jumat 24 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Lantas bagaimana kondisi Kuala Lumpur City FC di mata Tavares? ia menyebut sang tuan rumah punya banyak keuntungan. Ia bahkan menyematkan "99 persen" kans untuk The City Boys atas beberapa alasan, dan melabelkan "underdog" ke Pasukan Ramang.

"Mentalitas mereka kuat, lebih banyak waktu istirahat, punya striker asing baru, para pemain lokal berkualitas. Dan tentu saja pelatih mereka adalah mantan PSM yang masih mantan pemainnya dengan baik. Mereka juga bermain di kandang sendiri," tuturnya.

"Jangan lupakan pertimbangan besar seperti wasit. Kita hanya satu persen di atas kertas, tapi kita akan bekerja keras. Pemain kita juga bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam situasi terdesak," tutup eks juru latih IFK Helsinki itu.

Baca Juga: FIFA Bekukan Federasi Sepak Bola India, Berefek ke PSM Makassar di AFC

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya