Comscore Tracker

Tak Terganggu Corona, Laga Persita vs PSM Tetap Digelar Sesuai Jadwal

Laga AFC Cup kontra Kaya FC-Iloilo masih menunggu kejelasan

Makassar, IDN Times - Virus Corona, yang saat ini mewabah secara luas, rupanya turut berimbas pada dunia sepak bola. Beberapa laga Serie A Italia ditunda, sementara jadwal pembuka Chinese Super League musim 2020 diundur hingga waktu yang belum ditentukan. Hal serupa juga terjadi di Liga 1.

Seiring dengan terbitnya Surat Nomor 27 Tahun 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (COVID-19) oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi DKI Jakarta, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi menunda pertandingan pekan kedua antara Persija Jakarta versus Persebaya Surabaya pada Sabtu (7/3) mendatang.

Keputusan itu tertuang dalam surat edaran nomor 127/LIB-KOM/III/2020 kepada  manajemen Macan Kemayoran dan Bajul Ijo yang terbit pada hari Rabu (4/3).

1. Meski Kabupaten Tangerang telah meningkatkan kewaspadaan, duel Persita versus PSM tetap berjalan sesuai rencana

Tak Terganggu Corona, Laga Persita vs PSM Tetap Digelar Sesuai JadwalANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Sejak Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan bahwa dua pasien positif Corona adalah warga Depok, beberapa wilayah di sekitarnya kompak meningkatkan kewaspadaan. Salah satunya yakni Kabupaten Tangerang, di mana Dinas Kesehatan setempat telah diinstruksikan melakukan pemantauan dan antisipasi penyebaran virus.

Kendati demikian, laga Persita Tangerang versus PSM Makassar yang sedianya dihelat pada Jumat (6/3) di Stadion Utama Sport Center Kelapa Dua, Tangerang, masih mendapat lampu hijau. Hal tersebut dipastikan oleh Manager Media and Public Relation PT LIB, Hanif Marjuni.

"Yang ditunda cuma Persija versus Persebaya, pertandingan lainnya masih on schedule (tidak mengalami perubahan)," ujarnya saat dihubungi IDN Times pada Rabu (4/3) malam.

2. Laga AFC Cup 2020 di mana Juku Eja bakal bersua Kaya FC-Iloilo pada Selasa (10/3) pekan depan masih menunggu izin

Tak Terganggu Corona, Laga Persita vs PSM Tetap Digelar Sesuai Jadwalthe-afc.com

Sementara itu, status duel matchday ketiga Grup H AFC Cup 2020 yang mempertemukan PSM Makassar dan Kaya FC-Iloilo masih menunggu kejelasan. Wiljan Pluim dkk dijadwalkan menerima lawatan tamu asal Filipina di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, di hari Selasa (10/3) pekan depan.

"Respon PSM setelah ada instruksi dari Pemprov DKI Jakarta adalah segera berkoordinasi dengan PSSI dan pihak kepolisian. Yang paling penting adalah bagaimana masalah perizinan. Apakah Panpel PSM bisa menggelar pertandingan di Jakarta. Semuanya masih dalam tahap wait and see," ungkap Media Officer PSM, Sulaiman Abdul Karim, kepada IDN Times.

Baca Juga: Isu Corona, PSM Makassar Dapat Perlakuan Khusus Jelang Laga AFC Cup

3. Sejauh ini, telah ada beberapa pertandingan AFC Cup 2020 yang ditunda akibat merebaknya virus Corona

Tak Terganggu Corona, Laga Persita vs PSM Tetap Digelar Sesuai JadwalANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Sejauh ini, AFC telah melakukan dua kali perubahan jadwal pada AFC Cup. Grup I (Zona Timur) AFC Cup 2020 yang rencananya dimulai pada bulan Maret terpaksa diundur hingga Mei. Peserta Grup I antara lain Tai Po (Hong Kong), Ta Tung (Taiwan), MUST CPK (Makau) dan satu slot yang masih harus diperebutkan oleh tiga tim yakni Ulanbaatar City FC (Mongolia), Taipower (Taiwan) dan Kitchee FC (Hong Kong).

Yang terbaru pada 25 Februari silam, AFC menunda pertemuan pertemuan dua kontestan Grup C, Qadsia FC (Kuwait) versus Dhofar Club (Oman). Agenda yang semestinya dihelat pada 25 Februari di Kuwait City itu sedang disusun ulang lantaran pemerintah Kuwait menyatakan takkan menggelar satu pun event olahraga internasional, sebagai respons atas wabah virus Corona.

Baca Juga: Jelang Jumpa Persita, Pelatih PSM Siap Rotasi Pemain di Tim Utama

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya