Tak Gabung Latihan, Rizky Pellu Pamit dari PSM Makassar

Pellu melalui 135 pertandingan bersama PSM

Makassar, IDN Times - Kabar mengejutkan datang dari PSM Makassar. Rizky Pellu, salah satu pemain kunci mereka selama beberapa musim terakhir, mengumumkan kepergiannya dari klub.

Rizky mengumumkan sendiri kepergiannya lewat unggahan di akun Instagram pribadinya, @rizkypellu19, Rabu pagi (17/3/2021). Sebelumnya Pellu tidak terlihat dalam sejumlah sesi latihan PSM jelang Piala Menpora 2021.

"Terima kasih banyak @psm_makassar. Saya selalu punya cerita di sini, tidak hanya berkarier tetapi saya menemukan keluarga sekaligus rumah baru. Makassar telah menjadi kampung halaman kedua saya," tulis gelandang 28 tahun itu.

Baca Juga: Jelang Piala Menpora 2021, PSM Datangkan Lagi Tiga Pemain Seleksi

1. Rizky Pellu menyebut Makassar sudah menjadi kampung halaman keduanya

Tak Gabung Latihan, Rizky Pellu Pamit dari PSM MakassarPemain PSM Makassar Rizky Pellu (kiri) berebut bola dengan pemain PSS Sleman Arthur Irawan (kanan) pada pertandingan Liga 1 2020 di Stadion Andi Matalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (1/3/2020). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Pellu juga mengucapkan terima kasih pada CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin, yang telah memberinya kesempatan membela panji klub terbesar di Sulawesi. Rasa hormat turut ditujukan untuk suporter. Dukungan yang diberikan semua pihak membuatnya betah berlama-lama di Kota Daeng.

"Perjalanan yang sangat luar biasa, PSM Makassar tetap di hati saya. Dengan itu, saya harus mengucapkan selamat tinggal untuk memulai petualangan saya berikutnya," kata sosok jebolan program Sociedad Anónima Deportiva (SAD) Indonesia itu.

2. Direkrut pada Maret 2016, Pellu tampil di 135 pertandingan PSM Makassar

Tak Gabung Latihan, Rizky Pellu Pamit dari PSM MakassarPemain PSM Makassar Rizky Pellu (kiri) berebut bola dengan pesepakbola Madura United Jaime Xavier (kanan) dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (24/10/2019). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Manajemen Juku Eja mengamankan tanda tangan Rizky Pellu pada Maret 2016, jelang Indonesia Soccer Championship (ISC) musim itu. Pria asal Tulehu, Maluku itu, kemudian menjelma sebagai sosok sentral di lapangan tengah. Pos gelandang bertahan rutin ditempati pria asal Ambon tersebut, meski pelatih berganti sebanyak empat kali.

Lima musim berseragam PSM, Pellu tampil sebanyak 135 kali di semua ajang serta mencetak 19 gol. Bersama tandem setianya yakni Wiljan Pluim dan Marc Klok, Pellu ikut andil membawa Pasukan Ramang finis di peringkat dua Liga 1 2018, plus menyabet gelar juara Piala Indonesia 2018/19.

3. Bali United santer diisukan jadi tujuan Pellu berikutnya

Tak Gabung Latihan, Rizky Pellu Pamit dari PSM MakassarRizky Pellu (paling kiri) merayakan gol bersama Ferdinand Sinaga dan Giancarlo Lopes. (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Hengkangnya Pellu tak lepas dari fakta bahwa kontraknya, yang kedaluwarsa Maret ini, ternyata tak mendapat perpanjangan dari pihak manajemen. Padahal pelatih PSM, Syamsuddin Batola, sempat berharap ia segera bergabung dalam sesi latihan pasca memperkuat Timnas Indonesia.

Ada sejumlah klub mencuat sebagai tujuan Pellu berikutnya, seperti Persib Bandung dan Bali United. Namun manajemen Serdadu Tridatu diisukan jadi yang paling gencar merayu.

Baca Juga: PSM Makassar Pakai Jasa Zulham-Nurhidayat di Piala Menpora 2021

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya