Si Kembar Sayuri Beber Alasan Bertahan di PSM Makassar

Keduanya dipastikan tetap berkostum merah marun musim depan

Makassar, IDN Times - Satu persatu pemain kunci di skuad juara PSM Makassar dipastikan bertahan pada bursa transfer jeda antar musim. Kali ini, Juku Eja mengumumkan tetap menggunakan jasa Yakob dan Yance Sayuri, setidaknya hingga setahun ke depan.

"Kemana Yakob Sayuri dan Yance Sayuri di musim 2023/2024 terjawab! Duo kembar itu memastikan diri tetap bertahan di PSM Makassar. Sekaligus membantah rumor-rumor yang mengaitkannya dengan beberapa klub di Liga 1," demikian petikan pernyataan manajemen di laman resmi klub pada Selasa malam (16/5/2023).

Baca Juga: Erwin Gutawa dan Safrudin Tahar Tetap di PSM Musim Depan

1. Faktor kedekatan emosional jadi alasan keduanya tetap bersama PSM

Si Kembar Sayuri Beber Alasan Bertahan di PSM MakassarPemain PSM Makassar, Yance Sayuri (kiri) dan Yakob Sayuri (kanan), berpose dengan trofi juara Liga 1 2022-23. (Instagram.com/psm_makassar)

Dalam video wawancara singkat yang diunggah ke akun Instagram @psm_makassar pada Selasa malam (16/5/2023), faktor kedekatan emosional jadi alasan keduanya tetap bertahan. Mereka pun mengakui banyak tawaran datang di bursa transfer ini.

"Jujur, ini semua bersangkutan dengan hati. Dengan PSM itu sudah kayak dekat sekali," ujar Yakob, yang musim lalu menyumbang 5 gol dan 6 asis.

"Saya pribadi sudah cinta Makassar. Kalau dibilang bertahan, saya tetap bertahan. Karena inilah tim profesional pertama saya di Liga 1," ungkap Yance. Sebelum digaet pada Maret 2021, ia bermain di Liga 3 Regional Papua bersama Persemi Mimika.

2. Keduanya menjadi buruan klub-klub Liga 1 pada bursa transfer awal musim

Si Kembar Sayuri Beber Alasan Bertahan di PSM MakassarPara pemain PSM Makassar merayakan gol Yakob Sayuri (paling kanan) dalam laga kontra Persebaya Surabaya di Stadion Gelroa B.J. Habibie Parepare, 10 September 2022. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Manajemen PSM mengaku sudah menyepakati perpanjangan kontrak dengan keduanya. Tapi, mereka memilih merahasiakan rapat-rapat tambahan durasi masa bakti si kembar dari publik dan awak media.

Yakob-Yance memang jadi komoditas panas di bursa transfer ini. Performa moncer kakak-adik kelahiran Serui tersebut di musim 2022-23 memang menarik minat sesama peserta Liga 1 untuk menggaetnya. Sejumlah tim yang sempat dirumorkan tertarik membajak mereka adalah Persija Jakarta, Persis Solo hingga Dewa United.

3. Yance (kiri) dan Yakob (kanan) menjadi pilihan utama dalam skuat Juku Eja musim lalu

Si Kembar Sayuri Beber Alasan Bertahan di PSM MakassarYance Sayuri (kiri) dan Yakob Sayuri (kanan) berpose dengan pelatih kepala Timnas Indonesia yakni Shin Tae-yong selepas pertandingan melawan Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, 28 Maret 2023. (Instagram.com/yansayuri11)

Keduanya menjadi pilihan utama pelatih Bernardo Tavares untuk mengisi kedua pos wing back. Yakob dan Yance kompak mencatatkan 35 penampilan di semua ajang resmi, yakni Liga 1 2022-23 dan AFC Cup 2022.

Yance sendiri turut menyumbang 5 gol serta 5 asis untuk Pasukan Ramang. Musim 2022-23 juga kian spesial bagi pemilik nomor punggung 11 tersebut. Tak cuma karena merasakan gelar juga Liga 1, ia juga melakoni debut bersama Timnas Senior dalam laga uji coba lawan Burundi pada Maret lalu.

Baca Juga: Akbar Tanjung Perpanjang Kontrak Satu Tahun dengan PSM Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya