Sananta-Ananda Raih Emas SEA Games, PSM: Semoga Ini Jadi Motivasi

Sukses sandingkan dua medali juara dalam waktu sebulan

Makassar, IDN Times - Manajemen PSM Makassar menyambut gembira keberhasilan Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas cabor sepak bola putra SEA Games 2023 di Kamboja. Dua penggawa Juku Eja pun ikut andil dalam sukses ini, yakni Ramadhan Sananta serta Ananda Raehan Alief.

"Alhamdulillah, selamat untuk Timnas U-22. Bukan hanya untuk Sananta dan Ananda saja. Medali emas ini karena kerja keras semuanya. Mulai federasi, tim pelatih, pemain dan ofisial," ujar Media Officer PSM, Sulaiman Abdul Karim, saat dihubungi pada Rabu sore (17/5/2023).

1. Ramadhan Sananta menyumbang dua gol dalam laga final cabor sepak bola putra

Sananta-Ananda Raih Emas SEA Games, PSM: Semoga Ini Jadi MotivasiPesepak bola Timnas Indonesia U-22 Muhammad Ramadhan Sananta berselebrasi usai menjebol gawang Thailand pada pertandingan Final Sepak Bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.

Dalam laga penuh drama melawan Thailand U-22 di Olympic Stadion Phnom Penh, Selasa malam (16/5/2023), Sananta ikut menyumbang sepasang gol. Sundulannya pada menit ke-20, manfaatkan lemparan jauh Alfeandra Dewangga, membentur salah satu pemain belakang lawan. Bola berbelok ke gawang War Elephants yang dikawal Soponwit Rakyart.

Gol kedua pemuda asal Kepulauan Riau itu lahir di injury time babak pertama. Manfaatkan dropball kiriman Rizky Ridho, ia memanfaatkan kegagalan bek Songchai Thongcham memotong bola. Tanpa pikir panjang, ia melepas tembakan lob dari luar kotak penalti dan bersarang di gawang Thailand.

2. PSM menyebut ini bisa menjadi motivasi keduanya untuk meraih prestasi lain

Sananta-Ananda Raih Emas SEA Games, PSM: Semoga Ini Jadi MotivasiDua pemain PSM Makassar, Ramadhan Sananta (kiri) dan Ananda Raehan (kanan), berpose dengan medali emas cabor sepak bola SEA Games 2023 Kamboja. (Kolase Berbagai Sumber)

Sayang, Sananta ditarik keluar pada menit ke-54 karena mengalami masalah pada punggungnya usai berbenturan dengan pemain lawan. Ananda sendiri baru turun pada babak kedua sebagai pengganti Taufany Muslihuddin, dan bermain selama 75 menit atau hingga extra time. Laga berakhir dengan skor 5-2 untuk kemenangan Garuda Muda.

Manajemen PSM sendiri berharap agar emas yang disabet di Kamboja adalah awal dari banyak capaian ke depannya. "Khusus Sananta dan Ananda, semoga prestasi ini bisa menjadi motivasi untuk meraih prestasi-prestasi lainnya," imbuh Sulaiman.

Baca Juga: Daftar Atlet Sulsel Penyumbang 6 Medali Emas di SEA Games 2023

3. Sananta dan Ananda sandingkan dua medali juara dalam waktu hanya sebulan

Sananta-Ananda Raih Emas SEA Games, PSM: Semoga Ini Jadi MotivasiTimnas Indonesia U-22 menyanyikan lagu Indonesia Raya usai meraih medali emas SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.

Yang menarik, ini jadi emas mereka dalam jarak waktu hanya sebulan. Sananta serta Ananda juga berkalung medali juara Liga 1 2022-23 pada 16 April silam. Meski baru diorbitkan oleh pelatih kepala Bernardo Tavares, keduanya jadi pilar sentral dalam keberhasilan memutus puasa gelar sejak tahun 2000.

Medali emas yang diraih anak asuh Indra Sjafri di Kamboja mengulang capaian ajang yang sama pada SEA Games 1991 Manila, atau 32 tahun silam. Saat itu, Timnas Senior asuhan Anatoli Polosin mendapat medali emas usai menekuk Thailand lewat babak adu penalti.

Baca Juga: Tangis Haru Ibunda Ananda Raehan saat Anaknya Raih Emas SEA Games

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya