Comscore Tracker

Sambut Liga 1 Musim Baru, PSM Makassar Gelar Latihan Awal Juni 2021

Masa persiapan memakan waktu sebulan lebih

Makassar, IDN Times - Kepolisian RI resmi menerbitkan izin penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2. Bertempat di Mabes Polri, Jakarta, pada Senin malam (31/5/2021), surat rekomendasi keramaian diserahkan langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Wibowo kepada Menpora Zainuddin Amali.

"Kami memutuskan memberikan izin keramaian dengan catatan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Walau pemberian izin keramaian telah diberikan, namun pelaksanaan evaluasi akan tetap dilakukan," ujar Listyo seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

1. Setelah izin Liga 1 diterbitkan oleh Polri, PSM berencana gelar latihan pada awal Juni

Sambut Liga 1 Musim Baru, PSM Makassar Gelar Latihan Awal Juni 2021Pemain Persija Jakarta Osvaldo Haay (kanan) berebut bola dengan pemain PSM Makassar Erwin Gutawa (kiri) pada Pertandingan Semifinal Leg ke-2 Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (18/4/2021). (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Sama seperti ke-18 klub lain, manajemen PSM Makassar menyambut gembira terbitnya izin dari Polri. Terlebih ini adalah lampu hijau bagi sepak bola nasional yang setahun lebih mati suri. Suksesnya turnamen pramusim Piala Menpora kemarin menjadi batu loncatan untuk helatan sesungguhnya.

"Alhamdulillah, kami mengapresiasi Polri yang berkomitmen memberikan izin usai Piala Menpora. Kami juga mengapresiasi seluruh pihak yang bekerja keras (untuk) terbitnya izin ini," ujar Media Officer PSM Makassar Sulaiman Abdul Karim melalui pesan singkat yang diterima IDN Times, Selasa malam (1/6/2021).

Dengan terbitnya izin dari pihak keamanan, Zulkifli Syukur dkk dikonfirmasi akan kembali berkumpul dalam waktu dekat. "Insyaallah latihan di pekan awal-awal Juni," lanjut Sule, sapaan akrabnya.

2. Format seri dan bubble-to-bubble diterapkan pada Liga 1 2021/22

Sambut Liga 1 Musim Baru, PSM Makassar Gelar Latihan Awal Juni 2021Pemain Bhayangkara Solo FC Renan Da Silva (kiri) melewati hadangan pemain PSM Makassar Yakob Sayuri (kanan) dalam pertandingan Piala Menpora Grup B di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (27/3/2021). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Untuk Liga 1 2021/22, terdapat beberapa penyesuaian seperti yang diterapkan di Piala Menpora. Format bubble-to-bubble dipertahankan, dengan penerapan sistem series. Seluruh pertandingan juga dihelat tanpa penonton.

Tiga klaster wilayah dipilih oleh PSSI. Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat (klaster satu) menghelat seri pertama dan keenam. Jawa Tengah serta DI Yogyakarta (klaster dua) jadi tuan rumah seri kedua dan kelima. Sedangkan Jawa Timur (klaster tiga) kebagian jadwal seri ketiga dan keempat.

Dengan proyeksi kick-off pada 10 Juli mendatang, Liga 1 diproyeksikan rampung pada Maret 2022. Masing-masing seri berlangsung selama satu setengah bulan, dengan masa jeda selama beberapa pekan. Belum ada pengumuman perihal kota mana saja yang ditunjuk sebagai kota penyelenggara.

Baca Juga: Menanti PSM Lunasi Kewajiban kepada Para Pemainnya

3. Pasukan Ramang langsung disibukkan dengan berbagai agenda jelang kick-off

Sambut Liga 1 Musim Baru, PSM Makassar Gelar Latihan Awal Juni 2021Sejumlah pesepak bola PSM Makassar menjalani latihan perdana di Lapangan Bosowa Sport Centre, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (7/3/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Sedang masa persiapan sekitar satu bulan lebih, Pasukan Ramang akan disibukkan dengan banyak agenda. Mulai dari mencari pemain baru, pelatih anyar hingga melunasi tunggakan gaji secara bertahap.

Syamsuddin Batolla, juru taktik PSM di Piala Menpora, dipastikan tak bisa jadi pelatih kepala. Ini lantaran ia hanya baru mengantongi lisensi B AFC. Sedangkan regulasi Liga 1 mensyaratkan lisensi A AFC atau sederajat.

Untuk rekrutan anyar, manajemen disebut telah bergerak. Legiun asing pun dibidik untuk mengisi pos bek tengah dan ujung tombak.

Baca Juga: PSM Makassar Tidak Kaget Liga 1 Pakai Format Series

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya