Roda Nasib PSM Makassar yang Berputar Kencang Setahun Terakhir

Dari kandidat degradasi menjadi calon terkuat juara Liga 1

Makassar, IDN Times - Sebuah pepatah mengatakan bahwa roda nasib selalu berputar. Dan hal tersebut benar-benar dirasakan oleh PSM Makassar. Musim 2021-22 lalu jadi yang paling buruk sepanjang sejarah mereka selama satu abad lebih. Pasukan Ramang harus berjibaku untuk lepas dari ancaman degradasi hingga pekan-pekan terakhir.

Perjalanan PSM musim lalu dengan sandungan tunggakan gaji 19 pemain yang mencapai lebih dari Rp5,5 miliar. Perjalanan dalam turnamen pramusim Piala Menpora bahkan dibayangi sanksi larangan pendaftaran pemain dari FIFA yang dijatuhkan sejak Maret 2021. Beruntung hukuman tersebut sudah diputihkan pada 26 Agustus 2021, tepat sehari sebelum kick off kompetisi, karena manajemen PSM sudah menyelesaikan kewajibannya.

1. PSM harus berjuang hingga pekan ke-33 untuk terhindar dari degradasi

Roda Nasib PSM Makassar yang Berputar Kencang Setahun TerakhirGelandang PSM Makassar Wiljan Pluim (kiri) dikawal oleh gelandang Persiraja Banda Aceh Alvin Nasution (kanan) dalam lanjutan pekan ke-33 BRI Liga 1 2021/22 di Stadion Kompyang Sujana Denpasar, Jumat 25 Maret 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Awal perjalanan di musim 2021-22 sendiri diawali oleh pergantian pelatih. Milomir Seslija menjadi juru taktik sejak 8 Juli, dan harus berjuang dengan kualitas mayoritas rekrutan lokal baru yang lebih sering bermain di level Liga 2. PSM sempat berada dalam zona lima besar, sebelun terjun bebas ke papan tengah. Imbasnya, Milo dipecat pada 25 November 2021.

Datangnya Joop Gall di putaran kedua tak membawa dampak signifikan. PSM hanya bisa menang empat kali saat ditangani pelatih berpaspor Belanda tersebut. Sisanya adalah enam kali seri dan tujuh kekalahan.

Untuk finis di peringkat 14 dengan perolehan poin 38, mereka harus bersusah payah menekuk Persiraja Banda Aceh dengan skor 1-0, pada laga pekan ke-33 pada 25 Maret 2022. Gol tunggal Ferdinand Sinaga jadi penyelamat PSM dari mimpi buruk degradasi. Tak heran, nyaris seluruh pemain dan staf pelatih menyambut tiga poin tersebut dengan isak tangis kebahagiaan.

2. Persiapan tak optimal lantaran sanksi FIFA yang menjerat sebelum musim 2021-22 dimulai

Roda Nasib PSM Makassar yang Berputar Kencang Setahun TerakhirPara pemain PSM Makassar saat berlatih jelang laga pekan kedua BRI Liga 1 2021/22 di Stadion Pajajaran, Kota Bogor, Jumat 10 September 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Ada banyak faktor yang membuat PSM tak bisa tampil maksimal musim itu. Hasil PCR positif sejumlah pemain, sebagai syarat mutlak untuk berlaga, membuat anak asuh Joop Gall kerap tak bisa turun dengan susunan tim terbaik. Selain itu, jadwal padat di mana mereka bermain dengan jeda waktu 3-4 hari sangat menguras kebugaran Wiljan Pluim dkk.

Di sisi lain, sanksi FIFA diakui menjadi faktor terbesar yang membuat persiapan PSM di 2021-23 tak optimal.

"Persiapan yang kita lakukan sebelum kompetisi bergulir dalam beberapa hal memang tidak cukup untuk berkompetisi secara ideal," tulis Direktur Utama PSM saat itu, Munafri Arifuddin, melalui akun Twitter pribadinya @appi_mika pada 15 Maret 2022.

"Dengan adanya pembatasan dan keterbatasan yang hampir saja mengubur keinginan kita bersama waktu itu," lanjut Appi'.

3. Tepat setahun kemudian, Juku Eja duduk dengan nyaman di puncak klasemen sementara

Roda Nasib PSM Makassar yang Berputar Kencang Setahun TerakhirPemain PSM Makassar melakukan selebrasi gol ke gawang PSIS Semarang pada pertandingan Liga 1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, DI Yogyakarta, Senin (19/12/2022). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/tom.

Tepat setahun sejak kemenangan krusial atas Persiraja, roda nasib PSM berputar. Mereka duduk nyaman di puncak klasemen sementara dengan poin 69, berjarak 10 angka dari Persib Bandung sang pesaing terdekat, dan tak terkalahkan dalam 11 pertandingan terakhir.

Sempat ada kekhawatiran hasil 2021-22 akan terulang musim ini, terlebih para rekrutan adalah pemain dengan jam terbang minim plus anak muda jebolan akademi. Beruntung sang pelatih kepala, Bernardo Tavares, bisa mengeluarkan potensi terbaik anak asuhnya. Tak lupa, pemilihan strategi direct football ternyata sangat cocok dengan PSM.

Tepat setahun setelah nyaris degradasi, Pasukan Ramang kini selangkah lagi bisa mengakhiri puasa gelar liga yang terakhir mereka rengkuh di tahun 2000. Hanya satu kemenangan lagi untuk memboyong trofi supremasi kasta tertinggi sepak bola Indonesia kembali ke Makassar. PSM bisa berpesta lebih cepat jika Persib dan Persija tak mampu menyapu bersih seluruh laga tunda.

Baca Juga: Indonesia Vs Burundi, Siapa Pemain PSM Bakal Jadi Starter?

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya