Resmi, Pemain PSM Rafly Asrul Jalani Masa Percobaan di Klub Yunani

Atromitos FC sudah lama menyatakan minat ke Rafly

Makassar, IDN Times - Gelandang muda PSM Makassar, M. Rafly Asrul, sedikit lagi mewujudkan mimpi berkarier di Eropa. Dalam pernyataan resmi pada Selasa malam (8/2/2022), manajemen Juku Eja mengonfirmasi bahwa Rafly resmi jalani trial dengan klub Yunani, Atromitos FC.

"PSM Makassar sudah mendapatkan surat resmi dari salah satu klub di Yunani terkait ketertarikannya dengan salah satu pemain kami, Rafly Asrul," kata Asisten Manajer PSM, Syahrir Nawir Nur.

"Komitmen kami dengan pemain adalah, kami mendukung penuh pengembangan kariernya di luar negeri," lanjutnya.

1. Rumor Rafly ke Yunani sudah santer berembus sejak Desember 2021

Resmi, Pemain PSM Rafly Asrul Jalani Masa Percobaan di Klub YunaniPemain PSM Makassar M. Rafli Asrul (kiri) berebut bola dengan pemain Persik Kediri Risna Prahalabenta (kanan) saat pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Selasa (18/1/2022). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Sebelumnya, rumor bahwa pemuda 18 tahun asal Enrekang itu akan ke luar negeri santer berembus sejak akhir tahun 2021. Sayang, gelombang COVID-19 varian Omicron yang melanda Eropa membuat keberangkatannya tertunda untuk sementara waktu.

Rafly sempat "naik kelas" dari level U-18 ke tim utama jelang putaran kedua liga. Meski begitu, Direktur Utama PSM Munafri Arifuddin menyebut peluangnya merumput di luar negeri belum tertutup.

"Rafly kemarin lagi berusaha dikontrak klub luar negeri. Namun karena situasi terkini, jadi kami harus hold. Tapi kapanpun dia dibutuhkan oleh klub luar, kami akan lepas dia dengan senang hati," ungkapnya dalam sesi konferensi pers pada 4 Januari 2022.

2. Manajemen PSM berharap Rafly bisa tampi maksimal

Resmi, Pemain PSM Rafly Asrul Jalani Masa Percobaan di Klub YunaniPemain PSM Makassar M. Rafly Asrul dalam laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2021/22 kontra Persik Kediri di Stadion Kompyang Sujana Denpasar, 18 Januari 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Senada dengan apa yang dikatakan sang direktur utama, Syahrir Nawir Nur menegaskan bahwa Juku Eja tetap teguh pada komitmen membantu para Ramang Muda berkembang. Tapi jika belum menarik hati petinggi Atromitos, pintu PSM untuk Rafly tetap terbuka lebar.

"Komitmen PSM Makassar tidak akan melewatkan peluang untuk pemain muda yang mendapat kesempatan mewujudkan mimpinya berkarir di luar negeri," papar pria yang biasa disapa Riri tersebut.

"Dia akan selalu diterima untuk kembali jika belum berhasil mewujudkan mimpinya di Yunani," tutup Riri.

Baca Juga: Rafli Asrul, Pemain Garuda Select dengan Daya Jelajah Tertinggi

3. Rafly berangkat ke Yunani pada hari Selasa ini (8/2/2022)

Resmi, Pemain PSM Rafly Asrul Jalani Masa Percobaan di Klub YunaniGelandang muda PSM Makassar, M. Rafly Asrul, dalam sesi latihan di Lapangam Karya Manunggal Sidakarya Denpasar, 13 Januari 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Menimba ilmu bal-balan dari PSM U-16, Rafly Asrul mencuri perhatian saat mengikuti program Garuda Select tahun 2019 dan 2020. Pesan duo Des Walker - Dennis Wise mengubah anak muda kelahiran 19 Februari 2003 tersebut jadi motor serangan yang berbahaya.

Berbicara dengan IDN Times pada Oktober 2020, sebelum berangkat ke Inggris untuk season tiga, Rafly mengakui program godokan PSSI tersebut membuatnya mantap dengan pilihan berkarier ke Eropa.

"Semoga ilmu yang saya peroleh tambah banyak. Dan semoga lewat Garuda Select saya bisa mencapai cita-cita bermain di luar negeri," katanya.

Sebelum promosi ke tim utama pada Januari lalu, Rafly sempat memperkuat PSM U-18 di ajang Elite Pro Academy (EPA) 2021.

Atromitos FC, tempatnya trial, adalah klub yang bermarkas di Kota Athena. Saat ini, mereka menghuni papan bawah Liga Super Yunani. Rafly sendiri sudah bertolak menuju Negeri Para Dewa pada hari Selasa ini (8/2/2022).

Baca Juga: Dua Pemain PSM U-18 Terpilih Masuk Garuda Select Jilid Empat, Ewako!

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya