Comscore Tracker

PSM Vs Persikabo, Saling Puji Sebelum Duel Sengit

Kedua tim menikmati tren positif sebelum liga terhenti

Makassar, IDN Times - Kompetisi Liga 1 akhirnya kembali dilanjutkan. PSM Makassar dijadwalkan menghadapi Persikabo 1973 di Stadion Sultan Agung Bantul, Yogyakarta, Senin sore (5/12/2022).

Pertandingan ini mempertemukan dua tim dengan tren positif sebelum kompetisi dihentikan. Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, sudah mewanti-wanti anak asuhnya untuk waspada. Ini tak lepas dari fakta bahwa sang lawan sudah menekuk beberapa tim kuat, termasuk si pemuncak klasemen sementara.

"Mereka menang atas tim tangguh seperti Bali United dan Borneo FC. Sedangkan PSM imbang di laga terakhir (versus Persis Solo, red.). Mereka juga mengalahkan kita di turnamen pramusim," ujarnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Minggu kemarin (4/12/2022).

Baca Juga: Freesmile Membakar Semangat Suporter Makassar Lewat "PSM Till I Die"

1. Pelatih PSM, Bernardo Tavares, memuji catatan positif tim lawan

PSM Vs Persikabo, Saling Puji Sebelum Duel SengitPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam sesi latihan di Lapangan Syekh Yusuf Sungguminasa Gowa pada Senin 1 Agustus 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Meski begitu, Juku Eja dipastikan takkan turun dengan tim terbaik. Total ada empat pemain mereka yang absen di laga ini. Ramadhan Sananta, Yakob Sayuri serta Dzaky Asraf sedang jalani pemusatan latihan Timnas Indonesia di Bali. Lalu Wiljan Pluim masih jalani sanksi dari Komdis PSSI.

Beberapa nama berpotensi kembali dipercaya menjadi starter. Seperti striker Everton Nascimento yang sempat dibekap cedera, gelandang Rasyid Bakri dan bek Yuran Fernandes. Kenzo Nambu bisa dipasang sebagai pelengkap skema trisula racikan coach Tavares.

Dari kubu lawan, Djadjang Nurdjaman selaku juru taktik Persikabo tak memandang absennya empat pilar PSM sebagai keuntungan. Justru ini disebut membuat Pasukan Ramang sedang menyiapkan kejutan lain untuk anak asuhnya.

2. Persikabo diminta tak terlena dengan hasil positif

PSM Vs Persikabo, Saling Puji Sebelum Duel SengitPersikabo vs Persija di Liga 1 2022/23. (Dok. Persikabo)

Pelatih kelahiran Majalengka itu juga tak ambil pusing dengan pujian yang dilontarkan Tavares. Ia masih ingin menjejak bumi, dan menganggapnya sebagai psywar belaka. Ia bahkan balik menyebut PSM sebagai tim yang menakutkan.

"PSM selama ditangani Tavares jadi tim sulit dikalahkan. Apalagi kalau mereka main di kandang. Dari posisi klasemen, PSM di peringkat tiga. Mereka jauh lebih baik ketimbang kami (posisi tujuh, red.). Itu yang harus diwaspadai," kata coach Djanur di kesempatan terpisah.

Menilik kondisi tim, Laskar Padjajaran bertolak ke Yogyakarta tanpa Dimas Drajad, Andy Setyo serta Syahrul Trisna Fadil. Tapi seluruh legiun asing mereka dipastikan dalam kondisi prima, termasuk striker Gustavo Tocantins yang sudah mengemas 5 gol. 

3. Juku Eja belum pernah menang atas Laskar Padjajaran sejak 2020

PSM Vs Persikabo, Saling Puji Sebelum Duel SengitPesepak bola PSM Makassar Yakob Sayuri (kanan) berusaha merebut bola dari pesepak bola Persikabo 1973 Roni Sugeng Arianto (kiri) dalam pertandingan Piala Presiden 2022 Grup D di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Rabu (15/6/2022). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/rwa.

Perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Agung Mannan; Rizky Eka Pratama, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Ananda Raehan Alif, Kenzo Nambu; Everton Nascimento, Yance Sayuri

Persikabo 1973 (3-4-3)

Dicky Indrayana (GK); Gilang Ginarsa, Lucas Gama Moreira, Didik Wahyu; Paulo Dybal, Syahrul Lasinari, Tegar Infantrie, Tomoki Wada; Ryan Kurnia, Yandi Sofyan, Gustavo Tocantins

Catatan lima pertemuan terakhir :

15/06/2022 PSM 0-1 Persikabo (Piala Presiden)

15/02/2022 Persikabo 3-0 PSM (Liga 1)

26/10/2021 PSM 0-0 Persikabo (Liga 1)

16/02/2020 Persikabo 1-0 PSM (Uji Coba)

19/09/2019 PSM 2-0 PS Tira-Kabo (Liga 1)

Siapa yang berhasil teruskan tren positif? Saksikan laga PSM Makassar versus Persikabo 1973 pada Senin sore ini (5/12/2022) pukul 16.30 WITA.

Baca Juga: Jelang Jumpa Persikabo, Pelatih PSM Enggan Merasa Jemawa

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya