PSM Vs Persib: Juku Eja Lupakan Kelelahan

PSM waspadai efek Luis Milla di kubu Maung Bandung

Makassar, IDN Times - PSM Makassar melanjutkan perjuangan bertahan di papan atas Liga 1, dengan menjamu Persib Bandung di Stadion BJ Habibie Parepare, malam ini, Senin (29/8/2022). 

Laga ini tetap layak disebut "big match", meski posisi kedua tim kontras di papan klasemen. PSM yang baru lima kali bertanding menempati peringkat 5 dengan 13 poin dan belum terkalahkan. Sedangkan Persib tertatih di peringkat 12 dengan tujuh poin, hasil dua kali menang, sekali seri, dan tiga kali kalah.

Bagi tuan rumah, cara terbaik melampiaskan rasa sakit setelah terhenti di AFC Cup adalah dengan menundukkan Maung Bandung. Sedang sang tamu ingin menebus poin penuh yang terbuang di kandang sendiri. Pelatih baru Luis Milla juga bisa menjadi kartu truf sekaligus pemicu kebangkitan Persib.

Baca Juga: PSM Vs Persib, Tavares Waspadai Kebangkitan Maung Bandung

1. Bernardo Tavares mewaspadai "efek Luis Milla" di kubu Persib

PSM Vs Persib: Juku Eja Lupakan KelelahanPelatih kepala PSM Makassar Bernardo Tavares (kanan) dan penerjemah Roy Wanson dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan Piala Presiden 2022 antara PSM Makassar versus Persik Kediri, Sabtu 18 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Minggu kemarin (28/8/2022), pelatih kepala PSM Bernardo Tavares sangat mewaspadai "efek Luis Milla." Para pemain lawan disebutnya sangat berambisi untuk membuktikan diri sangat layak berada di tim utama.

"Motivasi pemain-pemain mereka akan tinggi karena mereka memiliki alasan yang kuat untuk menunjukkan performa yang bagus kepada pelatih baru," paparnya. Kian istimewa sebab ini akan menjadi debut Luis Milla sebagai juru latih Persib.

Di sisi lain, ia mengakui anak asuhnya dibayangi masalah kelelahan akibat jadwal padat. Dengan persiapan yang mepet, ia kini hanya berfokus pada membangun psikis alih-alih menempa fisik.

"Kita ingin menjadi tim yang bagus, kita harus memiliki mental yang kuat, kita harus melupakan kelelahan-kelelahan dan mengerahkan segalanya untuk pertandingan selanjutnya. Kita akan bertanding dengan motivasi tinggi," sambung pelatih berpaspor Portugal tersebut.

2. PSM kemungkinan besar kembali turunkan para pemain andalan

PSM Vs Persib: Juku Eja Lupakan KelelahanSalah satu momen pertandingan BRI Liga 1 2022-23 antara RANS Nusantara FC melawan PSM Makassar di Stadion Pakansari Cibinong, Senin 15 Agustus 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Setelah absen dalam lawatan ke Kuala Lumpur, PSM kemungkinan besar akan menurunkan Yuran Fernandes dan Agung Mannan sejak menit pertama. Tanpa keduanya, lini belakang Juku Eja terlihat benar-benar keropos. Kembalinya dua pilar penting memang melegakan coach Tavares.

Meski demikian, ia bisa saja melakukan rotasi di sektor lain. Lini tengah berpotensi akan mengalaminya. Pemain muda seperti Ananda Raehan Alif, Muhammad Dzaky Asraf, Victor Dethan serta M. Rafli Asrul bisa diberi kesempatan unjuk gigi sebagai starter.

Rotasi mungkin tidak akan mencapai separuh dari tim utama, mengingat makna krusial laga ini. Meski begitu, segala kemungkinan masih bisa terjadi. Apalagi Tavares ingin tetap melanjutkan tren positif, sembari melihat kondisi para pemain.

3. Persib ingin menebus kekalahan yang mereka alami baru-baru ini

PSM Vs Persib: Juku Eja Lupakan KelelahanPara pemain Persib Bandung saat jalani sesi latihan resmi di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Minggu 28 Agustus 2022. (Persib.co.id/Barly Isham)

Dari kubu lawan, Persib datang ke Parepare dengan misi memetik poin penuh. Ini penting lantaran mereka ingin mendongkrak posisi di papan klasemen. Maung Bandung sedang berada di peringkat 13, lantaran baru mengumpulkan 7 poin dari enam pertandingan.

"Kami datang ke sini dengan membawa 20 pemain, kami ingin mengambil sesuatu di sini. Kami siap memberikan yang terbaik," ujar asisten pelatih Budiman dalam kesempatan terpisah.

Mereka juga tak takut dengan status PSM yang belum terkalahkan di Liga 1. Kendari demikian, bukan berarti mereka menganggap remeh tuan rumah. Tim pelatih disebut menganalisis permainan tuan rumah yang disebutnya solid.

"Kami tahu PSM yang cukup solid, individu dan kerja samanya bagus. Kami ke sini ingin mematahkan rekor PSM yang tak terkalahkan," tutur Budiman.

4. Luis Milla diyakini bisa membawa perubahan signifikan di Maung Bandung

PSM Vs Persib: Juku Eja Lupakan KelelahanPelatih kepada Persib Bandung. Luis Milla, mengawasi sesi latihan resmi di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Minggu 28 Agustus 2022. (Persib.co.id/Barly Isham)

Persib datang ke Parepare tanpa Nick Kuipers dan Ezra Walian yang mengalami cedera dan sakit. Kendati demikan, Beckham Putra dan Henhen Herdiana sudah pulih dari cedera. Luis Milla bisa lebih banyak opsi dalam memilih pemain di tim utama.

Di sisi lain, masuknya pelatih asal Spanyol itu diyakini bisa memberi tambahan energi bagi Persib. Perubahan bisa langsung terasa dalam partai tandang, kendati mungkin tak langsung signifikan.

Luis Milla dikenal bisa memaksimalkan talenta anak asuhnya lewat permainan bola cepat dari kaki ke kaki. Dengan winger cepat dan gelandang tangguh, bisa jadi Persib yang melawat ke Kota Cinta akan sangat berbeda ketimbang saat masih diasuh oleh Robert Rene Alberts.

5. Catatan pertemuan kedua tim sejak 2018 berimbang

PSM Vs Persib: Juku Eja Lupakan KelelahanPesepak bola Persib Bandung Ezra Walian (kiri) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Aditya Putra Dewa (kanan) pada pertandingan Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (22/2/2022) malam. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Berikut perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Dallen Doke, Yuran Fernandes, Agung Mannan; Rizky Eka Pratama, Akbar Tanjung, Muhammad Arfan, Kenzo Nambu, Yakob Sayuri; Wiljan Pluim, Everton Nascimento

Persib Bandung (4-3-3)

I Made Wirawan (GK); Rachmat Irianto, Victor Igbonefo, Achmad Jufriyanto, Daisuke Sato; Ricky Kambuaya, Marc Klok, Dedi Kusnandar; Febri Hariyadi, David da Silva, Ciro Alves

Catatan lima pertemuan terakhir :

22/02/2022 PSM 0-2 Persib (Liga 1)

02/10/2021 Persib 1-1 PSM (Liga 1)

22/12/2019 Persib 5-2 PSM (Liga 1)

18/08/2019 PSM 3-1 Persib (Liga 1)

24/10/2018 PSM 1-0 Persib (Liga 1)

Jangan lewatkan pertandingan PSM Makassar versus Persib Bandung pada Senin malam ini (29/8/2022) pukul 21.00 WITA.

Baca Juga: Donald Bissa Masih Tunggu Lampu Hijau untuk Debut di PSM Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya