PSM Tanpa Kandang, Wali Kota Parepare Tawarkan Stadion Gelora Habibie

Berkapasitas 20 ribu penonton, baru saja direnovasi

Makassar, IDN Times - Polemik dalam proses renovasi Stadion Andi Mattalatta Mattoanging mendapat perhatian dari politikus Taufan Pawe. Berbicara dalam kapasitas sebagai Wali Kota Parepare, ia secara terang-terangan mempersilakan PSM Makassar memakai Stadion Gelora Habibie sebagai kandang sementara.

"Saya dengan senang hati, silahkan PSM menggunakan Stadion Gelora Habibie sebagai homebase untuk Liga 1 nantinya. Tentu masyarakat Parepare akan antusias menyambut kedatangan PSM Makassar di sana," ujarnya seperti dikutip dari ANTARA, Jumat (19/3/2021).

1. Stadion Gelora Habibie dibenahi secara besar-besaran pada tahun 2020

PSM Tanpa Kandang, Wali Kota Parepare Tawarkan Stadion Gelora HabibieKondisi Stadion Gelora BJ Habibie Parepare usai proses renovasi. (Instagram.com/taufanpawe)

Sejak proyek renovasi Mattoanging sudah mendapat lampu hijau dari Pemprov Sulsel, praktis Pasukan Ramang tidak memiliki kandang definitif hingga paling tidak tahun 2022. Manajemen PSM sendiri sedang menjajaki kemungkinan berkandang di luar Makassar. Salah satunya kandidatnya yakni Parepare.

Taufan yakin bisa merayu PSM agar bermarkas di Kota Bandar Madani. Pasalnya, Stadion Gelora Habibie sudah berbenah besar-besaran.

Menggunakan anggaran Rp1,5 miliar dari APBD, rehabilitasi sepanjang tahun 2020 menyasar fitur-fitur penting stadion. Mulai dari rumput, lapangan, ruang ganti pemain, toilet, ruang wasit, ruang media serta tribun tertutup.

2. Pemugaran menyasar fitur-fitur penting stadion, salah satunya ruang ganti pemain

PSM Tanpa Kandang, Wali Kota Parepare Tawarkan Stadion Gelora HabibieKondisi Stadion Gelora BJ Habibie Parepare usai proses renovasi. (Instagram.com/taufanpawe)

"(Dari) perhitungan dan penilaian terakhir, stadion ini sudah mampu menampung 20 ribu penonton. Begitu pun lampu stadion yang sudah berstandar untuk (menggelar) pertandingan di malam hari," tulis Taufan di unggahan akun Instagram pribadinya, @taufanpawe, 11 Februari 2021.

Seiring turunnya izin Polri untuk melanjutkan agenda sepak bola nasional, proses pembenahan venue Habibie Cup 2015 tersebut masih berlangsung. Taufan menyebut masih ada bagian lain yang segera diperbaiki agar sesuai standar. Seperti sirkulasi air untuk lapangan dan drainase.

Baca Juga: Rekrut Juru Gedor, PSM Makassar Datangkan Patrich Wanggai

3. Meski gayung bersambut, masyarakat Parepare tetap tak bisa datang menonton langsung

PSM Tanpa Kandang, Wali Kota Parepare Tawarkan Stadion Gelora HabibieKondisi Stadion Gelora BJ Habibie Parepare usai proses renovasi. (Instagram.com/taufanpawe)

PSM sudah pernah merasakan langsung suasana arena yang dulu bernama Stadion Gelora Mandiri tersebut. Terjun ke ajang Piala Habibie 2015, Juku Eja yang saat itu menurunkan tim muda berhasil melaju hingga semifinal.

Jika wacana terwujud, Taufan menyebut masyarakat Parepare akan merasa terhormat. Namun kalau menyoal keinginan datang langsung ke stadion mendukung Zulkifli Syukur dkk, agaknya sulit kesampaian.

Ini tentu tak lepas dari kesepakatan PSSI dan Polri menghelat pertandingan secara tertutup, alias tanpa penonton. Hal tersebut juga berlaku untuk ajang olahraga lain seperti bulutangkis dan basket.

Baca Juga: Piala Menpora 2021: PSM Makassar Bakal Boyong 23 Pemain ke Malang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya