PSM Selalu Kalah dalam Dua Partai Uji Coba, Bojan Hodak Tetap Puas

Juku Eja kembali compang-camping jelang menjamu Shan United

Makassar, IDN Times - PSM Makassar resmi menuntaskan pemusatan latihan di Kabupaten Bogor pada Kamis (20/2) pekan silam. Selama satu pekan, usai jalani lawatan ke kandang Tampines Rovers (Singapura) dalam partai pembuka Grup H AFC Cup 2020. Seperti yang diutarakan sang pelatih, Bojan Hodak, Wiljan Pluim dkk masih butuh serangkaian latihan untuk mantapkan kerja sama antar pemain.

Sepasang laga uji coba sempat PSM helat di Stadion Mini Cibinong. Pertama, mereka berjumpa Persikabo 1973 pada Minggu (16/2) yang berkesudahan 1-0 untuk kemenangan Laskar Pajajaran. Dua hari berselang, giliran tim Liga 2 yakni Persiba Balikpapan yang dijajal. Laskar Beruang Madu berhasil menahan Juku Eja dengan skor imbang 2-2.

1. PSM memetik sekali imbang dan satu kekalahan dalam dua uji coba yang mereka lakoni selama satu pekan di Kabupaten Bogor

PSM Selalu Kalah dalam Dua Partai Uji Coba, Bojan Hodak Tetap PuasANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Kendati tak memetik sebiji kemenangan pun dalam sepasang laga uji coba, coach Bojan mengaku tak mempersoalkan hasil akhir. Ia hanya menitik beratkan pada evaluasi sekaligus perbaikan pada seluruh lini jelang matchday kedua AFC Cup dan pekan pertama Liga 1 2020.

"Ini hanya uji coba. Target kami adalah melihat di mana kekurangan dan kelebihan kita. Melawan Persikabo, saya senang melihat agresifitas lini depan. Banyak peluang, tapi kiper mereka (Dwi Kuswanto) tampil sangat bagus," papar pelatih berpaspor Kroasia itu. 

"Sedangkan melawan Persiba, kami unggul dua kali. Tapi lawan bisa menyamakan skor selalu di menit-menit akhir," lanjut Bojan.

2. Sektor depan Juku Eja mulai padu, namun lini belakang masih diliputi rasa kekhawatiran

PSM Selalu Kalah dalam Dua Partai Uji Coba, Bojan Hodak Tetap PuasANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Di dua pertandingan tersebut, Juku Eja menurunkan susunan pemain yang berbeda. Tim utama kebagian giliran menantang Persikabo 1973, sementara beberapa pemain pelapis didapuk sebagai starter kala berjumpa Persiba.

Untuk sektor depan, Giancarlo Lopes dan Osas Saha aktif memberi ujian untuk jantung pertahanan lawan. Meski begitu, sepasang gol PSM datang dari Bayu Gatra dan Yakob Sayuri. Pekerjaan rumah agaknya masih berfokus pada lini pertahanan lantaran kebobolan tiga gol. Formula masih diracik, namun jawaban siapa tandem tetap untuk palang pintu Hussein El-Dor masih mengawang-awang.

Di sisi lain, training camp Bogor tak diikuti sejumlah pemain. Trio Asnawi Mangkualam Bahar, Firza Andika dan Rizky Eka Pratama absen lantaran dipanggil mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia. Adapun Abdul Rahman Sulaeman, Irsyad Maulana serta Hilmansyah sibuk memulihkan cedera. 

Baca Juga: Catat Tanggalnya! Draf Jadwal Lengkap PSM Makassar di Liga 1 2020

3. Selanjutnya, Pasukan Ramang bakal menjamu Shan United dalam lanjutan Grup H AFC Cup 2020 pada Rabu (26/2) mendatang

PSM Selalu Kalah dalam Dua Partai Uji Coba, Bojan Hodak Tetap PuasANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Agenda Pasukan Ramang terdekat adalah matchday kedua AFC Cup 2020. Mereka akan menjamu tim juru kunci klasemen sementara, Shan United (Myanmar), di Stadion Madya Gelora Bung Karno pada Rabu (26/2) sore. Di laga pembuka, tamu harus menelan kekalahan 0-2 saat menjamu wakil Filipina yakni Kaya FC-Iloilo.

Jelang menerima lawatan Shan, lini tengah PSM dipastikan compang-camping. Wiljan Pluim dan Rasyid Bakri dibekap cedera, sementara Muhammad Arfan masih absen akibat hukuman kartu merah. Selain itu, Serif Hasic juga mendapat sanksi satu partai lantaran dua kartu kuning yang dikantonginya dalam laga versus Tampines Rovers.

Krisis pemain lagi, saatnya bongkar pasang susunan tim utama?

Baca Juga: Profil Klub Liga 1 2020: Melihat Hasil "Cuci Gudang" PSM Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya