PSM Respons Positif Keputusan Jadwal Liga 1 Digeser

Dimanfaatkan untuk libur, langsung berburu pemain baru

Makassar, IDN Times - Dua laga terakhir seri ketiga BRI Liga 1 2021/22, yakni pekan ke-18 dan 19, diundur pelaksanaannya ke awal Januari 2022 atau masuk ke seri empat. Keputusan tersebut diambil oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI atas sejumlah pertimbangan.

Dalam rilis persnya, Direktur Operasional PT LIB Sudjarno menjelaskan ini adalah penyesuaian dengan agenda Piala AFF dari 5 Desember hingga 1 Januari 2022. Selain itu, ada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No. 62 tahun 2021.

1. PT LIB mematuhi larangan kegiatan olahraga dan seni budaya saat pergantian tahun

PSM Respons Positif Keputusan Jadwal Liga 1 DigeserPemain PSM Makassar, Azka Fauzi, dalam sesi latihan di Karawang Jawa Barat pada 30 September 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Berbicara kepada IDN Times, manajemen PSM mendukung penuh keputusan PT LIB terkait pemindahan jadwal sisa seri tiga.

"Saya rasa penggeseran ini juga bentuk ketaatan PT LIB dan PSSI beserta seluruh klub terkait kebijakan PPKM akhir tahun," kata Asisten Manajer PSM Makassar Syahrir Nawir Nur, Senin malam (29/11/2021).

Menurut poin pertama Inmendagri No. 62 tahun 2021, segala bentuk kegiatan seni budaya dan olahraga ditiadakan mulai tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022 (sembilan hari).

2. Libur tiga pekan setelah lakoni jadwal padat sejak seri kedua

PSM Respons Positif Keputusan Jadwal Liga 1 DigeserPemain PSM Makassar Anco Jansen (kiri) saat merayakan golnya ke gawang Persipura Jayapura dalam laga pekan ke-14 BRI Liga 1 2021/22 yang berlangsung di Stadion Sultan Agung Bantul, 27 November 2021. (LigaIndonesiaBaru.com)

Selain itu, masa rehat selama tiga pekan sangat berharga bagi para pemain PSM Makassar dan kontestan Liga 1 lainnya yang sejak seri kedua memang melakoni jadwal padat antar pertandingan.

"Selain itu, ini juga memberi kita banyak waktu untuk fokus ke pendaftaran pemain putaran kedua, serta waktu untuk pemain dan ofisial yang merayakan Natal," lanjut pria yang biasa disapa Riri tersebut.

Baca Juga: Antarlini PSM Vs Persipura, Saatnya Para Pemain Muda Unjuk Gigi

3. PSM juga berburu pemain baru di masa rehat kompetisi

PSM Respons Positif Keputusan Jadwal Liga 1 DigeserPemain PSM Makasar Zulkifli Syukur (kiri) berebut bola dengan pemain Persebaya Surabaya Marukawa (kanan) saat berlaga pada lanjutan BRI Liga 1 antara PSM Makasar melawan Persebaya Surabaya di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/9/2021). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Dua laga yang digeser ke yakni duel kontra Madura United (pekan ke-18) serta laga versus seteru dari era Perserikatan yakni Persebaya (pekan ke-19). Selain itu, ada rencana bahwa seri keempat dan kelima BRI Liga 1 2021/22 bakal berlangsung di Bali.

Menyoal transfer pemain, PSM dirumorkan bakal merekrut sejumlah tenaga baru untuk sektor belakang dan tengah. Persiapan untuk putaran kedua langsung dikebut, mengingat mereka juga sedang mencari kandidat pelatih kepala baru pengganti Milomir Seslija.

Baca Juga: Termasuk Mario Gomez, 4 Pelath Asing Ini Layak Menukangi PSM Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya