PSM Makassar: Wiljan Pluim Tak Dijual, Bertahan hingga 2024

Pluim sudah terikat kontrak hingga tahun 2024

Makassar, IDN Times - Meski diterpa eksodus pemain besar-besaran, PSM Makassar masih berupaya mempertahankan sejumlah pilar utama. Salah satunya adalah gelandang Wiljan Pluim.

Sikap tegas bisa dilihat dari unggahan akun Instagram resmi Juku Eja, @psm_makassar, pada Selasa dinihari (19/4/2022).

"Sudah biasa Pluim dikaitkan dengan klub lain di setiap transfer window, but Pluim is and still red," demikian keterangan foto berisi kolase aksi pemilik nomor punggung 80 tersebut, bersanding dengan kata "EXTENDED" yang berarti diperpanjang 

1. Wiljan Pluim tetap bersama PSM hingga tahun 2024

PSM Makassar: Wiljan Pluim Tak Dijual, Bertahan hingga 2024Gelandang PSM Makassar Wiljan Pluim (kiri) dikawal oleh gelandang Persiraja Banda Aceh Alvin Nasution (kanan) dalam lanjutan pekan ke-33 BRI Liga 1 2021/22 di Stadion Kompyang Sujana Denpasar, Jumat 25 Maret 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Saat dikonfirmasi oleh IDN Times, Media Officer PSM Makassar Sulaiman Abdul Karim menjelaskan bahwa postingan yang diunggah pada waktu sahur itu bertujuan memberi suporter rasa lega.

"Ya betul, (postingan tersebut) hanya penegasan (komitmen atas kontraknya)," kata pria yang biasa disapa Sule tersebut lewat pesan singkat, Selasa pagi (19/4/2022).

Pluim sebelumnya meneken perpanjangan kontrak pada Januari 2021 silam, dengan durasi hingga tahun 2024. Artinya, jebolan tim muda Vitesse Arnhem itu takkan berganti warna jersey selama dua musim ke depan.

2. Isu bahwa Pluim didekati tim lain santer terdengar

PSM Makassar: Wiljan Pluim Tak Dijual, Bertahan hingga 2024Gelandang PSM Makassar Wiljan Pluim (tengah) hendak menendang bola di tengah kepungan pemain Persita Tangerang dalam laga pekan ke-26 BRI Liga 1 2021/22 di Stadion Kompyang Sujana Denpasar, Sabtu 19 Februari 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Selama bursa transfer jelang musim 2022/23, nama Wiljan Pluim memang selalu dikaitkan dengan sejumlah klub Liga 1. Dari gosip yang beredar, beberapa tim besar melakukan pembicaraan dengannya. Terakhir, PSS Sleman dirumorkan sedang mendekati ayah dari dua putra tersebut.

Namun, PSM tetap "memagari" salah satu aset terbaiknya. Munafri Arifuddin selaku Direktur Utama bahkan baru-baru ini menegaskan Pluim akan gantung sepatu sebagai anggota Pasukan Ramang.

"Sebelum (pulang berlibur) ke Belanda, Pluim bilang ke saya bahwa dia akan bermain di PSM Makassar sampai pensiun," ujar Appi dalam acara diskusi suporter yang digelar kelompok Macz Man pada 11 April silam.

Baca Juga: Ogah Pindah Klub Lain, Wiljan Pluim Perpanjang Kontrak di PSM Makassar

3. Jadi satu-satunya pemain Juku Eja yang dipastikan bertahan

PSM Makassar: Wiljan Pluim Tak Dijual, Bertahan hingga 2024Gelandang PSM Makassar Wiljan Pluim (dua dari kanan)saat mengoper bola ke rekannya Ferdinand Sinaga (kanan) saat dikawal beberapa pemain Borneo FC dalam laga pekan ke-9 Liga 1 2018 di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, 20 Mei 2018. (Liga-Indonesia.id)

Meski PSM Makassar terseok-seok pada Liga 1 2021/22, Wiljan Pluim masih bisa tampil moncer. Turun di 30 pertandingan, ia bisa mencetak 7 gol dan menyumbang 5 asis. Catatan tersebut sedikit lebih baik dari dua musim terakhir. Rinciannya masing-masing yakni 5 gol dan 7 asis dari 19 laga Liga 1 2019, lalu 5 gol plus 6 gol dari 29 pertandingan Liga 1 2018.

Sejauh ini, gelandang 33 tahun tersebut jadi satu-satunya pemain yang dipastikan masih bertahan. Dengan pentas AFC Cup yang kian dekat, pelatih Bernardo Tavares baru mengantongi nama Wiljan Pluim.

Baca Juga: Catatan Serba Pertama Wiljan Pluim, Sang Kapten PSM Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya