PSM Makassar Vs Borneo FC, Duel Penuh Kepentingan di Klasemen Liga

Juku Eja dan Pesut Etam sama-sama mengejar poin penuh

Makassar, IDN Times - Pekan ke-24 BRI Liga 1 2021/22 akan sajikan dua tim dari wilayah Timur, yakni PSM Makassar Vs Borneo FC. Berlangsung di Stadion Kompyang Sujana Denpasar pada Jumat malam (11/2/2022), juru taktik PSM yakni Joop Gall menyebut timnya sedang dihadapkan pada jadwal padat. Tapi itu bukan alasan untuk mengendurkan gas.

"Kita cuma punya waktu tiga hari untuk beberapa laga ke depan. Dan hal-hal yang kita analisa sebelumnya, akan kita terapkan dalam tim. Saya harap kita terus berkembang," ujarnya dalam sesi jumpa pers virtual pada Kamis sore (10/2/2022).

Selain itu, ia menyebut bahwa hasil tes PCR yang dilakukan memberi banyak pengaruh dalam menyusun strategi. Alhasil, daftar tim utama bisa dikocok ulang hanya beberapa jam sebelum turun ke lapangan.

1. Pelatih PSM Joop Gall ingin menang demi mendaki klasemen

PSM Makassar Vs Borneo FC, Duel Penuh Kepentingan di Klasemen LigaPelatih kepala PSM Makassar Joop Gall berbicara dalam sesi jumpa pers virtual jelang laga pekan ke-24 BRI Liga 1 2021/22, Kamis 10 Februari 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

"Tentu saja hasilnya bisa memberi kita kejutan terkait siapa yang bisa turun dan siapa yang tidak. Padahal mungkin kita sudah mempersiapkannya. Jadi, saya menganggap yang negatif sebagai orang-orang yang beruntung," katanya.

Juru taktik asal Belanda itu juga berpendapat bahwa Wiljan Pluim dkk punya kans menang. Meski terpisah empat anak tangga di klasemen, bukan berarti mereka langsung takluk dengan mudah.

"Kita tidak akan meremehkan Borneo FC dan saya yakin mereka juga tidak meremehkan kita. Dan tentu saja demi mendaki klasemen, kita perlu memenangkan pertandingan," jelas coach Gall.

Wiljan Pluim dkk sendiri masih dibayangi kekalahan 2-1 saat menantang Pesut Etam pada putaran pertama. Sedang anak-anak Samarinda berambisi merangsek ke lima besar klasemen sementara. Karenanya, duel di Denpasar kali ini sarat kepentingan.

2. Kans Golgol Mebrahtu lakoni debut masih menunggu lampu hijau

PSM Makassar Vs Borneo FC, Duel Penuh Kepentingan di Klasemen LigaPemain PSM Makassar Golgol Mebrahtu dalam sesi pemanasan jelang laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2021/22 kontra Persik Kediri di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar, 18 Januari 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Di sisi lain, ia masih meraba peluang Golgol Mebrahtu untuk lakoni debut. Striker berpaspor Australia tersebut terlihat sudah mengikuti sesi mini game bersama rekan setimnya di Lapangan Karya Manunggal Sidakarya Denpasar, Rabu kemarin (9/2/2022). Tapi, diskusi masih harus dilakukan dengan tim pelatih.

"Saya rasa kita bisa menurunkan dia (Golgol, red). Tapi kita harus lebih pintar dalam melihat kondisi, apakah kita akan mengambil resiko untuk bermain atau menunggu laga selanjutnya. Kita tak bisa memperburuk cederanya," papar pria asal Belanda itu.

Sementara itu, Gall mengaku sudah menyiapkan taktik meredam agresivitas tim lawan. Telah tangani PSM di lima laga, komposisi pemain disebut kian padu dari hari ke hari.

"Seiring waktu, semuanya semakin baik dan pemain makin disiplin. Saya tak takut dengan tantangan apapun ke depannya," pungkas Gall.

Baca Juga: Antarlini Borneo FC Vs PSM, Pembuktian Para Legiun Asing

3. Abdul Rachman sudah siap tempur melawan mantan tim

PSM Makassar Vs Borneo FC, Duel Penuh Kepentingan di Klasemen LigaPemain PSM Makassar Abdul Rachman berbicara dalam sesi jumpa pers virtual jelang laga pekan ke-24 BRI Liga 1 2021/22, Kamis 10 Februari 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Berbicara di kesempatan yang sama, bek kiri Abdul Rachman enggan ambil pusing dengan masalah masa recovery yang pendek.

"Meski jadwal padat dan mepet seperti ini, kami sudah siap bertanding besok dan tentunya semoga semua bisa full team agar pertandingan besok bisa menarik," papar pemilik nomor punggung 7 tersebut.

"Pemain semua siap, tak terkecuali Borneo FC. Kita respek ke mereka, mereka tim yang bagus. Dan kami siap fight di lapangan besok. Insyaallah," lanjutnya.

Abdul Rachman sendiri pernah berseragam Pesut Etam, dari ISC 2017 hingga awal 2021.

Apakah Abdul Rachman bisa memberi ujian bagi mantan timnya? Saksikan pertandingan PSM Makassar vs Borneo FC pada Jumat besok (11/2/2022) pukul 21.30 WITA.

Baca Juga: 5 Duel Terakhir PSM Vs Borneo FC, Pesut Etam Kerap Kerepotan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya