PSM Makassar Vs Bhayangkara FC, Juku Eja Selangkah Menuju Juara

Kedua tim sama-sama punya tren hasil positif

Makassar, IDN Times - PSM Makassar berambisi perpanjang catatan tak terkalahkan saat menjamu Bhayangkara FC pada laga pekan ke-31 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung pada Jumat sore ini (17/3/2023). Kemenangan akan membawa Pasukan Ramang selangkah menuju gelar juara, sembari berharap Persib Bandung terpeleset.

Namun, sang lawan bertandang ke Stadion Gelora BJ Habibie Parepare dengan modal mumpuni. Mereka bisa menyapu bersih enam pertandingan terakhir, dan bisa pelan-pelan merangkak keluar dari papan tengah.

Alhasil, duel ini dipastikan akan berlangsung seru. Dua tim dengan performa yang belum menunjukkan tanda-tanda melandai bakal saling sikut untuk berebut poin penuh. Tapi, tuan rumah punya modal tambahan yakni dukungan ribuan suporter.

Baca Juga: Empat Pemain PSM Dipanggil ke Timnas, Ada Sayuri Bersaudara

1. Sektor belakang PSM Makassar kembali timpang di laga ini

PSM Makassar Vs Bhayangkara FC, Juku Eja Selangkah Menuju JuaraPesepak bola PSM Makassar Everton Nascimento melakukan selebrasi di depan suporter usai mencetak gol ke gawang Persis Solo pada laga BRI Liga 1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Minggu 5 Maret 2023. ANTARA FOTO/Erick Didu/ABHE/YU

Persiapan PSM sendiri sedikit terganggu oleh absennya Yuran Fernandes. Di laga sebelumnya kontra Persita Tangerang, Senin lalu (13/3/2023), ia diganjar kartu merah padahal baru saja kembali dari sanksi akumulasi. Meski begitu, sang pelatih kepala yakni Bernardo Tavares sudah mengantongi siasat.

Menyoal Bhayangkara FC, Tavares menyebut mereka sebagai lawan yang sulit. Muhammad Hargianto dkk banyak berbenah di putaran kedua. Hasilnya tak main-main. Anak asuh caretaker Agus Sugeng Riyanto tersebut bahkan bisa mempercundangi tim-tim kuat seperti Persija Jakarta dan Bali United.

“Untuk pertandingan ini, saya pikir kita akan melawan tim yang kuat. Hasil 10 pertandingan mereka juga cukup bagus. Mempunyai pemain-pemain yang bagus, baik itu lokal maupun asing," ujarnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Kamis sore (16/3/2023).

2. Bhayangkara FC siap tempur meski bertamu ke kandang lawan

PSM Makassar Vs Bhayangkara FC, Juku Eja Selangkah Menuju JuaraPara pemain Bhayangkara FC merayakan gol yang dicetak ke gawang Bali United dalam laga pekan ke-30 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Sabtu 11 Maret 2023. (Instagram.com/bhayangkarafc)

Di sisi lain, asisten pelatih Bhayangkara FC yakni Gendut Doni Christiawan bertekad melanjutkan tren positif. Meski harus melakukan perjalanan jauh ke Parepare, The Guardians ingin tetap memetik hasil maksimal. Anak asuhnya pun disebut sudah siap tempur.

Lebih jauh, ia memuji PSM sebagai salah satu tim yang konsisten di putaran kedua sejauh ini. Gendut Doni menyebut ini buah dari kombinasi pemain muda dan senior, ditambah strategi racikan sang pelatih kepala. Alhasil, perlu kerja keras untuk bisa membawa pulang poin dari kandang Juku Eja.

"Selama masa persiapan sebelum melawan PSM Makassar, kita sudah tekankan bahwa kita akan kerja keras. Kita semua juga tahu bahwa PSM belum pernah kalah di kandang. Ini jadi tantangan untuk kami juga, jadi kita akan berusaha menjaga tren positif," jelas pemain Timnas dekade 2000-an itu.

3. Tiga dari lima pertemuan terakhir berakhir tanpa pemenang

PSM Makassar Vs Bhayangkara FC, Juku Eja Selangkah Menuju JuaraSalah satu momen pertandingan pekan ke-14 BRI Liga 1 2022-23 antara Bhayangkara FC versus PSM Makassar yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo Kab. Sleman, 12 Desember 2022. (Instagram.com/bhayangkarafc)

Berikut perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Safrudin Tahar, Agung Mannan; Yakob Sayuri, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yance Sayuri; Wiljan Pluim, Everton Nascimento

Bhayangkara FC (4-3-3)

Awan Setho Raharjo (GK); I Putu Gede Juni Antara, Anderson Salles, Aji Joko Sutopo, Ruben Sanadi; Adam Najem, Muhammad Hargianto, Matias Mier; Sani Rizki Fauzi, Alex Martins Ferreira, Dendy Sulistyawan

Catatan lima pertemuan terakhir :

12/12/2022 Bhayangkara FC 0-0 PSM (Liga 1)

25/02/2022 PSM 0-0 Bhayangkara FC (Liga 1)

06/11/2021 Bhayangkara FC 2-0 PSM (Liga 1)

27/03 2021 PSM 1-1 Bhayangkara FC (Piala Presiden)

05/02/2020 Bhayangkara FC 0-1 PSM (Uji Coba)

Siapa yang akan melanjutkan tren positif di Parepare? Saksikan duel PSM Makassar versus Bhayangkara FC pada Jumat sore ini (17/3/2023), pukul 16.00 WITA.

Baca Juga: Unggul 13 Poin, PSM Kini Favorit Juara Liga 1

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya