PSM Makassar Diperkirakan Baru Kembali Berlatih di Bulan Mei

Dibayangi tim-tim lawan yang mesinnya sudah panas

Makassar, IDN Times - Setelah memperkenalkan Bernardo Tavares sebagai pelatih kepala baru pada pekan lalu, PSM Makassar terlihat woles meski AFC Cup 2022 kian dekat. Kini, tim sudah dibubarkan tapi belum ada pengumuman siapa saja pemain yang masih bertahan.

Justru klub-klub Liga 1 sudah mulai rajin melihat kemungkinan membajak pemain PSM musim lalu. Arema FC sudah lebih dulu merekrut Hasim Kipuw dan Ilham Udin Armaiyn. RANS Cilegon FC santer dikabarkan sudah sepakat dengan Hilman Syah.

Lalu rumor bursa transfer juga sudah menghembuskan nama-nama lain seperti Yakob Sayuri, Muhammad Arfan dan Erwin Gutawa.

1. Tim disebut baru berencana latihan pada Mei mendatang

PSM Makassar Diperkirakan Baru Kembali Berlatih di Bulan MeiGelandang PSM Makassar Wiljan Pluim (kiri) dikawal oleh gelandang Persiraja Banda Aceh Alvin Nasution (kanan) dalam lanjutan pekan ke-33 BRI Liga 1 2021/22 di Stadion Kompyang Sujana Denpasar, Jumat 25 Maret 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Berbicara kepada IDN Times perihal situasi yang masih adem ayem, Media Officer PSM Makassar Sulaiman Abdul Karim menyebut tim kemungkinan baru kembali berlatih sekitar pertengahan bulan Mei.

"Untuk persiapan AFC Cup, ideal dan biasanya sebulan sebelum pertandingan bergulir," ungkapnya dalam pesan singkat pada Jumat (15/4/2022).

"Jika merujuk pada jadwal pertandingan (yang dikeluarkan) AFC, PSM akan main pada tanggal 24 Juni dan 30 Juni," imbuh pria yang biasa disapa Sule itu.

2. "Mesin tempur" Kuala Lumpur City FC sudah panas

PSM Makassar Diperkirakan Baru Kembali Berlatih di Bulan MeiSuasana latihan tim Kuala Lumpur City FC di Kuala Lumpur Stadium pada 24 Februari 2022. (Instagram.com/klcityfootball)

Dengan komposisi pemain yang belum pasti, kini Juku Eja harus berpacu dengan waktu untuk menyusun kerangka tim. Tentu dengan catatan mereka bisa menyepakati kontrak baru dengan pemain-pemain penting musim lalu.

Tergabung di Grup H, dua kontestan lain yakni Kuala Lumpur City FC dan Tampines Rovers bisa menjadi momok. Pasalnya, "mesin" milik tim asal Malaysia dan Singapura tersebut sudah lebih dulu panas lantaran kompetisi sepak bolanya masih bergulir.

Ajang Malaysia Super League 2022 sudah diputar sejak awal Maret silam. Sedangkan Singapore Premier League 2022 berjalan dari akhir Februari. 

Baca Juga: PSM Pilih Benardo Tavares Demi Hilangkan "Aroma" Belanda

3. Bernardo Tavares langsung mendapat tugas berat

PSM Makassar Diperkirakan Baru Kembali Berlatih di Bulan MeiPelatih baru PSM Makassar, Bernardo Tavares, berpose di dalam Stadion Kim Il-sung Pyongyang Korea Utara sebelum jalani laga AFC Cup 2018. (Instagram.com/bernardotavares80)

Kini, agenda terdekat PSM Makassar adalah memperkenalkan Bernardo Tavares secara langsung kepada awak media dan suporter. "Kalau untuk perkenalan tatap muka, insyaallah nanti disesuaikan kondisinya," jelas Sule.

Tugas pertama pelatih berpaspor Portugal itu adalah menentukan susunan pemain sesuai kebutuhan, sembari melihat siapa saja yang bertahan.

"Kita akan menyusun daftar pemain yang masih bertahan kepada dia (Tavares) untuk kita sodorkan. Jadi memang ada pemain-pemain yang menurut kita cocok bermain di PSM," kata Direktur Utama PSM Makassar Munafri Arifuddin dalam acara diskusi yang digelar kelompok suporter Macz Man pada Senin lalu (11/4/2022).

Baca Juga: 3 Pemain PSM Makassar Dipanggil ke TC Timnas U-16

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya